Kode Remote TV Bomba Beserta Cara Settingnya

Kode Remote TV Bomba Beserta Cara Settingnya

Kode Remote TV Bomba Beserta Cara SettingnyaTV menjadi salah satu sumber hiburan yang paling digemari. Selain sumber hiburan, TV juga merupakan sumber informasi tentang dunia luar. Meskipun sudah mulai tergeser karena adanya Smartphone, tetapi sampai saat ini TV masih eksis. Hal tersebut ditandai dengan semakin berkembangnya TV dari TV tabung ke Smart TV.

Saat menggunakan TV, biasanya akan terjadi suatu masalah atau kendala. Salah satu contoh masalah yang pernah dialami hampir oleh hampir semua pemilik TV, yakni remote TV tidak berfungsi. Penyebabnya juga ada berbagai macam yang pastinya nanti akan dibahas pada artikel ini supaya kalian bisa memperbaikinya.

Biasanya jika remote rusak, kebanyakan orang akan lebih memilih untuk membeli nya yang baru ketimbang harus memperbaikinya. Saat memutuskan untuk mengganti remote TV, maka pilihan paling praktis nya yaitu dengan membeli remote TV universal yang bisa digunakan untuk semua merk TV. Adapun juga merk remote TV universal yang masih banyak juga digunakan seperti Joker, Chunghop dan lain-lainnya.

Tetapi sebelum remote TV universal bisa digunakan, kita harus meng-settingnya terlebih dahulu agar remote bisa tersambung dengan TV. Saat meng-setting remote TV universal, kita membutuhkan sebuah kode remote. Pada postingan kali ini Teknowarta akan memberikan kode remote TV Bomba dan juga cara untuk settingnya.

Tapi sebelum itu alangkah baiknya kalian ketahui dulu apa itu kode remote TV. Simak selengkapnya.

 

Apa Itu Kode Remot TV?

Kode remote TV merupakan kata sandi atau kode angka yang telah diberikan oleh pabrik pembuat remote universal. Jika remote TV bawaan hilang atau rusak tetapi TV yang kalian gunakan tidak memproduksi remotenya, maka kode ini sangatlah penting.

Trending :  Inilah Bagian Bagian Penting Pada TV

Meskipun saat ini sudah semakin populer tren menonton di situs streaming film, tetapi masih ada sebagian kalangan yang setia dengan tontonan di TV. Bahkan mereka sampai rela menatap layar kaca dalam jangka waktu lama supaya bisa mengikuti acara yang disukainya.

Tapi sayangnya, jika pemakaiannya terlalu sering, maka bisa menyebabkan komponen TV mengalami kerusakan, salah satunya yaitu remote TV. Hal bisa juga disebabkan karena pemakaian yang kurang hati-hati, contohnya remote jatuh lalu terbentur benda keras.

Jika kalian mengalami hal tersebut dan kalian sudah membeli remote TV universal, maka kalian bisa memasukan kode remote TV yang sesuai dengan merk TV kalian agar kalian bisa menggunakan remote TV tersebut.

 

Fungsi Kode Remote

Kode remote TV umumnya adalah password atau kode sandi yang terdiri dari 3 digit angka yang telah diberikan oleh pabrik pembuat remote universal yang fungsinya untuk menggantikan remote bawaan yang rusak atau hilang.

Dengan memasukan kode remote inilah nanti remote akan bisa digunakan dengan sepenuhnya, seperti yang kita tahu atau menurut pengalaman kalian jika remote yang baru nantinya tidak akan bisa di gunakan sepenuhnya jika belum memasukan kode remote.

 

Kode Remote TV Bomba

Teruntuk kalian yang mempunyai TV merk Bomba, maka kalian harus tahu kode remote TV Bomba agar nantinya kalian bisa melakukan pairing perangkat antara kedua belah pihak. Tanpa adanya kode remote, maka remote multi tidak akan bisa berfungsi untuk menonton TV.

Berikut adalah kumpulan kode remot TV Bomba untuk setting remot TV universal:

  • 060
  • 073
  • 088
  • 102
  • 103
  • 104
  • 181
  • 187
  • 224

Kode remote TV Bomba adalah nomor unik yang terdiri dari tiga digit angka yang gunanya untuk melakukan pairing perangkat. Dengan demikian, maka remote multi akan bisa digunakan dengan normal seperti remote original bawaan TV.

Trending :  Kode Remot TV Asatron Luminos Beserta Cara Setinggnya

 

Cara setting Kode Remot tv Bomba

Jika kalian sudah mengetahui kode remote TV Bomba, maka selanjutnya kalian tinggal mengetahui cara settingnya. Berikut ini adalah cara setting remote TV joker atau universalnya:

  • Pertama-tama silahkan kalian tekan tombol ”SET”  atau setting dan tahan, kemudian kalian pencet tombol ”POWER” hingga lampu indikator pada remote TV joker nya menyala.
  • Setelah lampu menyala, maka lepaskan tombol ”SET” dan “POWER” yang kalian pencet tadi.
  • Selanjutnya kalian masukan Kode Remot TV Bomba nya dengan cara menekan tombol sesuai dengan angkannya yang ada sebanyak 3 digit.
  • Jika sudah selesai menekan atau memasukan Kode Remot TV nya, maka indikator atau led pada remot akan padam dan secara otomatis remot TV Joker sudah bisa kalian gunakan. Jika kode yang pertama gagal, maka kalian bisa coba ulangi langkah-langkah tadi dengan mengganti kode angka yang lain.

 

Penyebab Remote TV yang Tidak Berfungsi

Saat setting kode remote TV, biasanya ada masalah atau kendala salah satunya yakni remote TV tidak berfungsi. Ada beberapa penyebab remote TV tidak berfungsi, jadi kalian tidak usah terburu-buru untuk mengganti remote dengan yang baru. Silahkan kalian cek terlebih dahulu penyebab remote tidak berfungsi, apakah remote nya masih bisa diperbaiki atau tidak.

Berikut ini adalah penyebab-penyebab remote TV yang tidak berfungsi:

 

  1. Baterai Remote TV Sudah Habis

Ketika remote TV tidak berfungsi, maka yang pertama kali harus kalian cek adalah baterai remotnya. Meskipun lampu indikator nya masih bisa menyalam tetapi itu bukanlah jaminan bahwa dayanya masih kuat untuk mengirim gelombang. Oleh karena itu, sebaiknya kalian ganti baterai remote nya dengan baterai baru.

Trending :  Kode Remot TV Konka Beserta Cara Settingnya

 

  1. Kerusakan Pada Tempat Baterai Remote

Selanjutnya masih pada baterai remote, yakni pada tempat baterai remote. Pastikan bahwa besi penghubung yang ada di tempat baterai masih dalam keadaan bagus, tidak patah atau berkarat. Tapi hal sebenarnya tidak perlu kalian lakukan jika lampu indikator remote nya masih menyala.

 

  1. Tombol Pada Remote Rusak

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan sebagian tombolnya tidak berfungsi. Itulah mengapa kalian harus mengecek semua tombol pada remote apakah semuanya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksalah, jangan sampai yang berfungsi hanya sebagian saja.

 

  1. Periksa Sensor Remote dan Receiver Digital/TV

Cara kerja remote TV yaitu dengan mengirimkan inframerah ke receiver TV atau digital. Remote TV berperan sebagai pemancar gelombang atau transmitter sementara TV atau digital sebagai receiver yang akan menerima gelombang dari remote.

Jika remote TV tidak berfungsi maka bisa disebabkan juga oleh sensor remote yang rusak. Karena itulah, kalian pastikan bahwa sensor remote TV kalian tidak rusak dengan cara menekan tombol remote lalu lihat kilatan cahayanya dengan kamera Smartphone. Jika masih ada cahaya, maka bisa jadi sensor receiver digital atau TV yang rusak ataupun bisa saja terdapat benda yang menghalangi hubungan antara remote TV dan TV.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi kode remote TV Bomba beserta cara settingnya yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga dengan informasi yang telah disampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.