Kode Remote TV Crystal Beserta Cara Settingnya

Kode Remote TV Crystal Beserta Cara Settingnya

Kode remote TV Crystal – TV menjadi salah satu alat elektronik yang menjadi sumber hiburan. Meskipun sekarang TV tidak sepopuler dulu, tetapi sampai sekarang ini keberadaan TV masih eksis. Keberadaan TV juga hampir ada di setiap rumah orang dan bahkan dalam satu rumah bisa ada lebih dari 1 unit TV. Selain itu, dilihat juga dari kemajuan teknologi yang berkembang dari TV tabung sampai ke Smart TV.

Tetapi, ada satu permasalahan yang hampir pernah dialami oleh semua pemilik TV, yakni remote TV rusak atau hilang. Ketika remote TV sudah rusak, jangankan untuk meng-setting TV, untuk mengatur volume dan untuk mengganti channel TV saja tentu nya akan sangat merepotkan.

Karena itulah, hal utama yang harus dilakukan adalah mencari solusi untuk remote TV yang rusak. Salah satunya yaitu dengan membeli remote TV universal yang bisa untuk semua merk TV mulai dari TV tabung, LCD dan LED.

Maka dari itu, pada artikel kali ini Teknowarta akan memberikan informasi kode remote TV Crystal beserta cara setting remote TV universal nya dengan memasukan kode maupun kode. Panduan ini akan berlaku untuk semua merk TV dan yang harus disesuaikan hanya kode TV nya saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung kalian simak saja selengkapnya berikut ini.

 

Fungsi Kode Remote TV Crystal

Sebelum kita berlanjut ke kode remote TV Crystal, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu fungsi dari kode remote TV Crystal agar nantinya kalian tahu dan tidak bingung.

Trending :  Kode Remot TV Konka Beserta Cara Settingnya

Kode remote TV ini biasanya terdiri dari perpaduan 3 digit angka yagn fungsinya untuk mengatur atau meng-koneksikan remote TV yang baru dengan TV. Sehingga nanti kalian bisa menggunakan remote TV dengan semestinya.

 

Kode Remote TV Crystal

Bagi kalian yang menggunakan TV Crystal dan masih belum tahu kode remote nya maka, berikut ini adalah kumpulan kode remote TV Crystal yang bisa kalian gunakan:

  • 207
  • 102
  • 104
  • 131
  • 181
  • 224
  • 187
  • 073
  • 103
  • 106

 

Cara Memasukkan Kode Remot TV Crystal

Setelah kalian mengetahui kode remote TV Crystal, maka selanjutnya kalian harus mengetahui cara setting kode remote nya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara setting remote TV universal dan memasukkan kode remote TV Crystal:

  • Pertama-tama kalian belilah remote TV universal Joker, Chunghop atau merk lainnya.
  • Kemudian belilah baterai baru untuk dimasukkan ke remote TV universal yang telah kalian beli.
  • Lalu kalian tekan tombol Power pada TV untuk menyalakan TV.
  • Selanjutnya kalian arahkan remote TV ke sensor TV atau digital receiver.
  • Setelah itu kalian tekan dan tahan tombol SET (Setting) pada remote TV universal.
  • Lalu kalian tekan juga tombol Power pada remote TV.
  • Kalian masukkan salah satu kode remote TV universal di atas. Misalnya kode 107, maka kalian harus tekan tombol 1, 0 dan 7 satu per satu secara berurutan.
  • Setelah tahap ini, maka proses setting remote TV universal telah selesai dan remote sudah siap digunakan untuk TV tersebut.

 

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Kode

Setelah kalian mengetahui cara setting kode remote TV Crystal, selanjutnya kalian harus tahu juga cara setting remote TV universal tanpa menggunakan kode remote. Berikut ini adalah cara setting remote TV universal secara umum tanpa menggunakan kode:

  • Pertama-tama kalian beli remote TV universal di toko terpercaya.
  • Kemudian kalian beli baterai baru untuk dimasukkan ke remote TV universal.
  • Lalu kalian tekan tombol Power TV untuk menyalakan TV.
  • Selanjutnya kalian arahkan remote TV ke sensor TV atau digital.
  • Kalian tekan dan tahan tombol SET pada remote TV universal.
  • Atau kalian tekan tombol SET + tombol Power dan biarkan saja lampu indikator nya berkedip-kedip.
  • Setelah siaran TV telah berpindah otomatis, maka kalian bisa melepas menekan tombol SET.
  • Sampai pada tahap ini, maka remote TV sudah siap digunakan untuk mengoperasikan TV.
Trending :  Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala

Kedua cara setting remote TV universal yang ada diatas tidak hanya berlaku untuk setting TV Crystal saja. Cara setting diatas juga bisa kalian gunakan untuk merk TV yang lainnya, tetapi kalian harus menyesuaikan kode remote sesuai dengan merk TV tentunya.

 

Penyebab Kode Remote TV Crystal Tidak Berfungsi

Ketika sedang setting kode remote TV, kode remote TV biasanya ada saja masalah ataupun kendala seperti kode remote TV yang tidak mau berfungsi. Lantasm hal ini seringkali membuat kita merasa bingung apa sebenarnya penyebab mengapa kode remote TV tidak mau berfungsi. Jika kalian mengalami hal seperti ini, mungkin disebabkan oleh penyebab-penyebab berikut ini:

 

  1. Salah Saat Memasukan Kode Remote TV

Biasanya saat kode remote TV yang dimasukan salah, maka dapat menyebabkan kode remote TV tidak berfungsi. Oleh karena itulah, saat sedang memasukan kode remote TV, sebaiknya kalian teliti agar nantinya tidak salah saat memasukan kode remote nya. Untuk mengatasi hal ini, kalian hanya perlu memasukan ulang kode remote nya, tetapi kali ini kalian harus memastikan bahwa kode yang dimasukan sudah benar.

 

  1. Terjadinya Masalah Teknis

Maksud masalah teknis yang dimaksud disini yaitu jarak remote dengan unit TV yang terlalu jauh ketika sedang melakukan setting atau saat memasukan kode remote TV. Untuk mengatasi hal ini, ketika kalian melakukan setting atau memasukan kode remote TV. Sebaiknya kalian jangan menggunakan remote terlalu jauh dari TV, karena bisa saja masalah teknis ini terjadi.

 

  1. Kerusakan Pada Remot

Terjadi kerusakan pada remote TV juga bisa menyebabkan kode remote TV tidak dapat berfungsi. Tentu ini akan membuat pengguna TV memasukan ulang kode remote TV nya. Sebaiknya kalian cari tahu penyebabnya dan segera perbaiki remote TV kalian. Jika kerusakan yang terjadi pada remote ternyata parah, maka lebih baik kalian serahkan saja kepada ahlinya atau jika kalian ingin yang instan maka kalian bisa membeli nya yang baru.

Trending :  Kode Remote TV Fujitec Beserta Cara Settingnya

 

  1. Baterai Remote Sudah Low atau Mau Habis

Baterai yang low atau sudah habis juga bisa menyebabkan kore remote TV tidak mau berfungsi. Kebanyakan orang biasanya sering lupa untuk mengecek baterai pada remote TV sehingga mereka tidak menyadari jika baterai pada remote TV sudah habis. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka kalian harus sering mengecek baterai pada remote TV. Jika baterai sudah habis, kalian hanya tinggal menggantinya dengan baterai baru.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi tentang kode remote TV Crystal beserta cara settingnya yang sudah Teknowarta sampaikan. Adapun penyebab mengapa kode remote TV tidak dapat berfungsi dan cara mengatasinya. Semoga saja informasi yang sudah Teknowarta sampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.