Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola

Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola

Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola – Setiap produk atau barang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Baik itu barang elektronik atau pun non elektronik, seperti provider TV berbayar nex parabola. Meski sebagai pendatang yang masih baru, nex parabola disambut bagus karena mempunyai banyak kelebihan atau keunggulan. Nah untuk kamu yang sedang berencana untuk memasang parabola dari provider Nex Parabola, lebih baik simak ulasan berikut ini tentang Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola sebagai bahan pertimbangan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Kamu pasti pernah mendengar Nex Parabola, Nex parabola merupakan salah satu penyedia layanan siaran TV satelit yang ada di Indonesia.

Sekilas Tengang Nex Parabola

PT Mediatama Televisi, dengan merek dagangnya yaitu Nex Parabola, adalah penyedia layanan TV satelit berbayar di Indonesia yang dimiliki oleh Surya Citra Media.

Sebelum menjadi Nex Parabola awalnya bernama Nexmedia, yang merupakan penyedia layanan TV terestrial berbayar di JABODETABEK. Perusahaan ini mulai beroperasi dan menawarkan produk sejak 23 November 2011, dan dimiliki oleh perusahaan Elang Mahkota Teknologi atau Emtek.

Nexmedia cukup unik untuk menjadi yang berbeda, karena tidak seperti TV berbayar lain yang kebanyakan memakai satelit parabola dan kabel, Nexmedia justru memilih memakai cara TV digital yang terestrial DVB-T2 seperti yang kita kenal sekarang. Yang berartinya, pemakaiannya sama seperti memakai set-top box TV digital, yaitu memanfaatkan sinyal yang dipancarkan dengan transmisi dan ditangkap dengan antena, untuk menikmatinya harus dihubungkan ke TV terlebih dahulu.

Trending :  Kelebihan Dan Kekurangan Dari Parabola Mini

Bedanya dengan TV digital biasa yaitu rentang frekuensi yang dipakai Nexmedia terdapat di rentang 290.5 sampai 320.5 VHF (sedangkan pada TV digital biasanya berada di kanal UHF) dan sinyalnya juga diacak, yang membuat dibutuhkan dekoder, receiver atau STB khusus untuk menghilangkan pengacakan sinyal. Ini disebebka karena Nexmedia menyiarkan channel channel asing seperti Fox Movies, beTV, CNN, dan lainnya. Beberapa di antaranya juga sudah mendapatkan hak siar tertentu (seperti siaran olahraga).

Sejak tertamakali diluncurkan sampai 2012, Nexmedia sudah mendapatkan 20.000 pelanggan, dengan harga yang ditawarkan diklaim lebih murah. Tercatat, Nexmedia paling banyak mempunai 53 saluran atau channel dan pernah melakukan kerjasama dengan Indosat Ooredoo yang menghasilakn fitur berupa NexSat Combo.

Layanan Nexmedia yang bersama dengan Nexdrive akhirnya dihentikan pada September tahun 2019, dengan alasan perubahan bisnis Emtek akan lebih berfokus pada bisnis layanan over-the-top Vidio Premier seiring berubahnya preferensi konsumen. Walau begitu terdapat rumor alasan berhentinya Nexmedia karena tidak sanggup lagi membayar biaya pemakaian frekuensi VHF yang haruskan operasionalnya diberhentikan.

Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola

Untuk kamu yang memang ingin memakai layanan TV satelit dari Nex Parabola berikut kelebihan dan kekurangan dari provider Nex Parabola:

Kelebihan Nex Parabola

  • 6Channel premium pada Cband dan Kuband

Berbeda dengan provider lain yang lebih menonjolkan parabola mini (atau frekuensi ku-band), Nex Parabola lebih lebih adil karena menghadirkan semua channel premium di parabola mini (ku band) dan parabola besar (c-band).

  • 1Gambar Tajam dan Terang

Gambar yang dihasilkan dari Nex parabola memang lebih berani jika dibandingkan dengan rivalnya yang sesama penyedia TV satelit berbayar. Walapun gambar dari Nex Parabola bukan yang terhalus terhalus tapi gambar dari Nex Parabola sangat tajam dan terang.

  • Fitur Antar Jenis Receiver Yang Sama
Trending :  Web Matrix Garuda Tidak Bisa Diakses, Ini Penggantinya

Nex parabola memberlakukan semua produk buatannya sama baik pada channel FTV atau paket berlagganan sehingga tidak membingungkan ketika memilih tipe tertentu.

  • Sebagian Channel Beresolusi HD

Sekarang Nex parabola mempunyai 9 channel yang mempunyai resolusi High Definition atau HD. Sedangkan channel lainnya masih berresoluai standar atau SD. Gambar yang dihasilkan SD juga lumayan terang dan nyaman untuk ditonton.

  • Channel FTV paling lengkap dan bervariasi

Nex Parabola menawarkan channel FTV (channel premium tanpa harus berlangganan) dengan genre yang bervariasi seperti dokumenter, sport, drama, film, musik, dan religi.

  • Sistem Hybrid

Semua produk dari Nex Parabola sudah memakai sistem hybrid yang berarti bisa dipasang mengunakan LNB C band atau Ku band. Sehingga pengguna bisa memilih ingin memakai parabola yang besar atau parabola mini. Keduanya tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing.

  • Channel Nasional yang lengkap

Channel lokal yang lengkap menjadi syarat provider TV berbayar supaya mempunyai pelanggan yang banayak karena kebutuhan utama dari konsumen yaitu channel lokal. Nex parabola menawarkan channel lokal yang lengkap.

Kekurangan Nex Parabola

  • Tidak Banyak Pilihan Paket

Sampai sekarang paket yang disediakan Nex Parabola baru sebatas paket sport. Terdapat 3 paket yang ditawarkan yakni paket bola premium, paket bulu tangkis, dan paket champion. Nex parabola sebenarnya mempunyai channel premium selain channel premium FTV, sayangnya channel ini tidak dijual pada paket yang terpisah tetapu sudah menjadi satu pada paket sport. Jadi jika kita membeli paket sport apapun otomatis kita akan mendapatkan channel premium selain premium FTV.

  • Kurang Lengkap Channel Movies

Bagi penggemar film, Nex parabola sekarang belum bisa memenuhi keinginan kamu. Ini sebabkan karena nex parabola masih tergolong provider TV satelit yang baru diluncurkan pada oktober tahun 2019 kemarin. Sehingga Nex parabola belum menghadirkan channel film unggulan seperti HBO group atau Fox Group.

  • Fitur OTA dan Super OTA kadang menyusahkan para teknisi
Trending :  Kode Remot TV Panasonic Lengkap Beserta Cara Menggunakannya

Di dalam receiver Nex parabola terdapat fitur OTA dan super OTA. OTA sendiri merupakan sebuah sistem upgrade otomatis dari satelit. Sedangkan super OTA merupakan sistem untuk mengupdate channel secara otomatis dari satelit. Fitur ini memang canggih, tetapi kadang menyusahkan para teknisi baru. Sehingga fitur ini di komplain oleh para teknisi sehingga fitur ini sudah lama tidak diaktifkan

  • Kurangnya Fasilitas Untuk Melakukan Berlangganan

Cara untuk beli paket yang disukai oleh konsumen yaitu lewat alfamart, indomart, pos, dan ATM. Tetapi Sayangnya Nex parabola belum bisa melayani pada outlet tersebut. Semoga Nex parabola melakukan pembenahan di hal ini. Dan juga semoga juga bisa dilakukan di toko online supaya lebih mudah lagi.

Kesimpulan

Sebagai Calon konsumen kita seharusnya mengetahui informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari Nex Parabola secara umum. Sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Supaya tidak menyesal nantinya dan menghemat anggaran.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Nex Parabola, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.