Kode Remote TV Changhong Beserta Cara Settingnya

Kode remote TV Changhong  beserta cara settingnya – Saat ini kode remote TV Changhong masih banyak dicari. Pasalnya, kode remote ini dibutuhkan supaya pengguna bisa menghubungkan remote TV universal dengan TV merk Changhong.

Changhong sendiri merupakan salah satu merk barang elektronik yang berasal dari China dan telah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, khususnya TV. Sama seperti TV yang lainnya, Changhong akan memberikan remote TV bawaan ketika baru saja membeli TV tersebut.

Tetapi karena sering digunakan, bisa saja remote ini jadi rusak atau tidak mau berfungsi sebagaimana mestinya. Jika sudah begini, maka penggunanya pun harus menggunakan remote TV universal yang dihubungkan dengan kode remote TV Changhong.

Dipasaran sudah ada banyak produk remote TV universal yang beredar. Salah satu merk remote universal yang terkenal adalah merk Joker. Remote Joker ini bisa kalian beli di toko terdekat atau toko online. Remote ini akan bisa berfungsi dengan baik jika sudah diatur dengan menginput kode remote TV yang benar.

Biasanya, kode remote TV Changhong pada remote TV universal terdiri dari 3 digit angka. Tetapi, tidak semua kode remote bisa cocok dengan TV yang kalian punya sehingga harus kalian coba satu persatu kode remote nya.

Untuk lebih jelas lagi, Teknowarta akan membagikan kode remote TV Changhong dan cara settingnya. Jadi, supaya TV Changhong dirumah kalian bisa terhubung dengan baik dan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Simak Selengkapnya dibawah ini.

 

Kode Remote TV Changhong Tabung dan LCD

Ada beberapa kombinasi kode remote TV Changhong, baik itu TV Changhong tipe Tabung, LCD dan LED. Mungkin beberapa kode remotenya ada yang cocok dan ada yang tidak cocok. Dibawah ini ada beberapa kode remote TV Changhong yang bisa digunakan untuk menghubungkan remote universal dengan TV Changhong.

 

  1. Kode Remote TV Changhong Tabung

Meskipun TV Changhong tabung terbilag TV jadul atau lawas, tetapi di Indonesia masih banyak yang menggunakan TV Changhong tabung. Berikut ini kumpulan kode remote TV Changhong tabung yang bisa untuk menghubungkan remote universal dengan TV tabung Changhong:

002, 008, 009, 010, 011, 016, 014, 026, 028, 051, 052, 053, 057, 058, 067, 071, 073, 087, 089, 092, 093, 100, 102, 104, 128, 159, 162, 181, 182, 086, 191, 224.

 

  1. Kode Remote TV Changhong LCD dan LED

Selain TV Changhong tipe tabung, adapun juga TV Changhong versi LCD dan LED yang mempunyai kualitas gambar dan suara yang lebih jernih. Untuk kode remote universal TV Changhong tipe LCD yang bisa digunakan yakni sebagai berikut:

002, 014, 089, 091, 128, 182

 

Cara Setting Remote Universal dengan TV Changhong

Setelah kalian mengetahui kode remote TV Changhong, maka kalian harus tahu juga cara setting atau memasukan kode remote universal merk Joker untuk TV Changhong supaya nantinya bisa berfungsi dengan baik. Simak saja langkah-langkah nya dibawah ini.

  • Pertama-tam kalian cari kode remote yang sesuai dengan TV Changhong kalian. Kemudian kalian cek kembali apakah remote sudah diisi baterai atau belum supaya nanti bisa berfungsi dengan baik.
  • Setelah itu kalian nyalakan TV dengan menekan tombol ‘Power’ yang ada pada panel.
  • Jika sudah, kalian tekan tombol ‘SET’ pada remote universal dan tahan hingga beberapa detik. Lalu kalian tekan tombol ‘Power’ sampai lampu indikator pada remote menyala.
  • Jika lampu indikatornya sudah menyala, silahkan kalian lepas tombol yang ditekan dan lanjut masukkan 3 digit kode remote Changchong.
  • Jika kode remote nya sudah benar, maka lampu indikator yang tadi menyala akan secara otomatis padam. Jika tidak padam, maka kalian harus mengulangi lagi dari langkah ke tiga dan input kembali kode remote yang berbeda hingga kalian menemukan kode remote yang sesuai.

Itulah tadi cara setting atau memasukan kode remote universal TV Changhong merk Joker. Tapi saat sedang setting kode remote TV terkadang remote universal tidak mau berfungsi. Biasanya remote TV yang tidak berfungsi ini disebabkan oleh beberapa penyebab. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya berikut.

 

Penyebab Remote TV Changhong Tidak Berfungsi

Saat sedang melakukan setting kode remote TV, terkadang ada saja masalah atau kendala yang membuat remote tidak mau berfungsi. Tentunya hal ini akan mengganggu proses setting kode remote dan akan membuat kita merasa kesal. Lantas apa saja yang sebenarnya menyebabkan remote Changhong ini tidak berfungsi? Jika kalian mengalami hal yang serupa, mungkin masalah kalian disebabkan oleh penyebab-penyebab berikut ini:

 

  1. Salah Memasukan Kode Remote TV Changhong

Jika kode remote TV Changhong yang dimasukan salah, maka akan menyebabkan remote TV tidak berfungsi. Jadi, saat sedang memasukan kode remote TV, sebaiknya kalian teliti dan jangan terburu-buru supaya nanti kode remote yang dimasukan tidak salah. Jika sudah begini, maka yang harus kalian lakukan hanyalah memasukan ulang kode remote TV tapi kalian pastikan bahwa kalian sudah memasukan kode remote yang benar.

 

  1. Kerusakan Pada Remote TV Changhong

Terjadinya kerusakan pada suatu komponen remote juga bisa menyebabkan remote TV tidak bergunsi. Tentunya hal ini akan membuat pengguna TV memasukan ulang kode remote TV nya. Jadi sebaiknya kalian cari tahulah apa penyebabnya dan segera perbaiki sendiri remote kalian jika kerusakan nya tidak parah. Jika ternyata kerusakannya parah, maka sebaiknya kalian serahkan saja kepada yang sudah ahli. Jika kalian ingin cara yang instan, kalian bisa membeli remote universal yang baru.

 

  1. Terjadinya Masalah Teknis Pada Remote TV Changhong

Masalah teknis yang dimaksud disini adalah jarak antara remote TV dengan unit TV yang terlalu jauh saat sedang memasukan atau setting kode remote TV. Jadi, saat sedang melakukan setting atau memasukan kode remote TV, sebaiknya kalian jangan menggunakan remote TV terlalu jauh dari unit TV supaya hal seperti ini tidak terjadi.

 

  1. Baterai Remote TV Changhong Sudah Low atau Sudah Habis

Baterai remote TV yang sudah low atau sudah habis juga bisa menyebabkan kode remote TV tidak berfungsi. Biasanya kebanyakan orang sering lupa untuk mengecek baterai pada remote TV mereka, sehingga saat baterai sudah habis mereka pun tidak menyadarinya. Hal ini biasanya ditandai dengan lampu indikator yang mulai redup cahaya nya ketika tombol pada remote TV ditekan. Jika sudah begini, yang harus kalian lakukan hanya tinggal mengganti baterai pada remote TV kalian dengan baterai remote TV yang baru.

 

Akhir Kata

Dan itulah informasi yang sudah Teknowarta sampaikan tentang kode remote TV Changhong beserta cara settingnya. Semoga informasi yang sudah disampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua, khususnya untuk para pengguna TV Changhong.