Remote TV Universal Terbaik di Pasaran 2022

Remote TV Universal Terbaik di Pasaran 2022

Remote TV Universal Terbaik di Pasaran 2022 – Seperti yang kita tahu, remot merupakan alat elektronik jarak jauh yang bisa untuk mengoperasikan Televisi (TV). Saat kita membeli TV yang baru, maka kita akan mendapatkan remote bawaan yang sesuai dengan merk TV yang dibeli.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa remote TV bisa untuk mengoperasikan TV. Jadi, kamu bisa menggunakan remote ini untuk menghidup matikan TV, mengganti saluran TV, hingga mengatur volume suara TV. Tetapi alat elektronik yang satu sering kali rusak ataupun hilang. Jika remote bawaan TV sudah hilang, maka kamu harus menggantinya dengan remote TV universal.

Mengapa harus remote TV universal? Karena, remote TV universal ini mempunyai fungsi yang sama saja dengan remote bawaan TV. Hanya saja dibutuhkan sebuah kode agar kamu bisa menggunakannya. Kamu bisa memilih remote TV universal yang bagus seperti Chunghop, Huayu, atau Visero. Supaya kamu tidak salah dalam memilih remote TV universal, silahkan kamu simak tips memilih remote TV universal yang akan Teknowarta bahas pada postingan kali ini.

Kelebihan remote TV universal

Jika remote TV bawaan rusak ataupun hilang, remote TV universal akan menjadi pilihan alternatif. Selain mudah untuk ditemukan di pasaran, remote TV universal juga mempunyai kelebihan lain yakni.

  • Bisa digunakan di berbagai merk TV: Sesuai dengan namanya, pada umumnya remot TV universal bisa digunakan untuk semua merk TV. Tetapi sebelum bisa menggunakannya kamu membutuhkan sebuah kode merk TV. Nantinya kode tersebut akan menjadi penyambung antara remote TV universal dengan TV.
  • Pengaturannya mudah: Berbeda dengan pengaturan remote TV bawaan, pengaturan dari remote TV universal lebih mudah. Setelah kamu melakukan setting pada remote TV universal, maka remote sudah bisa kamu gunakan.
  • Mudah dioperasikan: Pada umumnya remote TV universal mempunyai jumlah tombol yang lebih sedikit dibandingkan remote TV bawaan. Tak hanya tombolnya saja yang lebih sederhana, hal ini juga menjadikan pengoperasian remote TV universal jadi lebih mudah.

Cara Memilih Remote TV Universal

Meskipun remote TV universal bisa digunakan untuk berbagai merk TV, tetapi kamu harus tetap selektif saat memilihnya. Lantas, apa yang harus dipertimbangkan saat memilih remote TV universal? Untuk lebih lengkapnya, silahkan kamu simak penjelasan berikut.

Ketahui kode remote TV Universal yang Cocok dengan Merek TV

Memang remote TV kompatibel dengan semua merk TV. Tetapi kamu harus memeriksa dulu merk dan juga tahun pembuatan TV untuk memastikannya. Karena, sinyal yang ada pada remote bisa saja tidak cocok dengan merk dan tahun pembuatan TV. Karena itulah, kamu harus mengecek buku manual penggunaan terkait merk dan tahun pembuatan yang cocok dengan remot TV universal.

Tak hanya itu, kamu juga harus mengetahui kode remote TV yang cocok dengan merk TV. Kode remote TV universal merupakan kode angka yang digunakan sebagai kata sandi untuk menghubungkan ke TV. Setiap merk TV mempunyai kode yang berbeda-beda. Untuk kode remote TV universal dari berbagai merk TV sebagai berikut:

Cocoa: 512, 536, 573

LG LCD: 024, 140

LG tabung: 140, 024, 040, 043, 259, 260, 261, 043, 103

Panasonic tabung: 020, 001, 014, 015, 021, 022, 059

Panasonic LCD: 066, 059, 020, 001, 014, 015, 021, 022

Polytron: 147, 151, 017, 253, 152, 024, 150, 053, 120, 043

Samsung tabung: 050, 024, 008, 011, 016, 021, 025, 037 ,039

Samsung LCD: 024, 050

Sanken: 040, 024, 215, 181, 102, 104, 224, 073, 103

Sharp: 003, 018, 016, 025, 135, 136, 137

Sharp LCD: 136, 137, 003, 018, 135

Sony tabung: 135, 023, 041, 049, 005, 094, 106, 148, 237, 238

Sony LCD: 023, 135

Toshiba tabung: 128, 089, 090, 014, 016, 027, 053

Toshiba LCD: 089, 128

Kenali fungsi setiap tombolnya

Umumnya remote TV universal hanya punya sedikit tombol. Karena itukah, kamu harus benar-benar mengenali fungsi setiap tombolnya. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah saat ingin melakukan setting dan mengoperasikannya.

  • Tombol set: Fungsi dari tombol ini untuk men-setting remote saat penggunaan awal.
  • Tombol power: Tombol ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan TV.
  • Tombol (+) dan (-): Umumnya, tombol (+) ini digunakan untuk menambah volume suara TV, sedangkan tombol (-) digunakan untuk mengurangi volume suara TV.
  • Tombol (˄) dan (˅): Kedua tombol ini digunakan untuk memindah channel TV. Tombol (˄) digunakan untuk memindah channel dengan urutan meningkat. Sedangkan tombol (˅) digunakan untuk memindah channel dengan urutan menurun.

Pertimbangkan yang bisa dioperasikan untuk perangkat AV

Supaya lebih multifungsi, kamu bisa mempertimbangkan remote TV universal yang bisa dioperasikan untuk perangkat AV. Perangkat AV sendiri merupakan perangkat elektronik yang mempunyai komponen audio (suara) dan atau visual. Contoh perangkat AV yang berkaitan dengan TV adalah CD player, speaker, dan LCD proyektor.

Dengan memilih remot TV universal yang bisa untuk perangkat AV, tentunya kamu bisa lebih hemat. Karena, kamu tidak perlu untuk membeli banyak remote TV untuk perangkat yang berbeda. Tetapi, pastikan bahwa kamu bisa menggunakannya dengan mudah. Hal ini dikarenakan remote TV universal untuk perangkat pastinya mempunyai tombol yang lebih kompleks.

Cara setting remote TV universal

Sebelum menggunakan remote TV universal, tentunya kamu harus meng-setting remote nya terlebih dahulu. Proses setting ini menjadi langkah awal supaya remote TV universal dapat kamu gunakan. Untuk meng-setting remote TV universal bisa dilakukan dengan kode ataupun menggunakan kode. Supaya lebih jelas, perhatikan pembahasannya berikut ini.

Dengan menggunakan kode

Kamu bisa menemukan kode remote TV universal di buku manual penggunaan. Kamu pilih kode yang sesuai dengan merk TV kamu supaya nanti remote bisa digunakan. Beberapa produk ada yang mempunyai fitur autoscan yang bisa kamu gunakan untuk menemukan kode secara otomatis. Jika fitur tersebut tidak ada, maka kamu bisa ikuti cara setting remote TV universal berikut:

  • Pertama-tama kamu nyalakan TV, kemudian dekatkan remote dengan lampu indikator TV.
  • Lalu kamu tekan tombol pengaturan set dan tahan beberapa detik hingga lampu indikator di remote nya menyala.
  • Setelah indikator remote menyala, silahkan kamu lepaskan tombol pengaturan set, lalu masukkan kode nomor yang terdiri dari tiga digit angka.
  • Jika sudah berhasil, maka lampu indikator pada remote TV akan padam dan remote sudah bisa kamu gunakan.

Jika belum berhasil, kamu bisa ulangi langkah-langkah setting remote TV diatas dari awal.

Tanpa menggunakan kode

Setalah mengetahui cara setting menggunakan kode, alangkah baiknya kamu juga mengetahui cara setting tanpa kode. Untuk setting remote TV universal bisa kamu lakukan dengan menggunakan tombol volume. Jika kamu menggunakan tombol volume, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan sebuah kode. Perhatikanlah cara untuk setting remote TV universal tanpa kode berikut ini:

  • Pertama-tama kamu nyalakan TV, lalu dekatkan remote dengan lampu indikator TV.
  • Kemudian tekan tombol pengaturan set dan tahan sampai beberapa detik hingga lampu indikator pada remote menyala.
  • Setelah itu tekan tombol volume (+) secara berulang sampai muncul tulisan volume di layar TV.
  • Jika sudah, kamu tekan tombol volume (-). Jika volume suara TV berkurang, maka remote TV universal sudah bisa kamu gunakan.

Jika masih belum berhasil, maka kamu bisa mengulangi langkah-langkah setting remote TV dari awal.

10 Remote TV Universal Terbaik

Teknowarta telah merangkum 10 rekomendasi remote TV universal terbaik. Kami telah memilih produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas dari produk, review pembeli, dan juga tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk-produk ini kami urutkan berdasarkan popularitas nya di sebuah marketplace bernama Shopee.

Kami telah melakukan riset sebelumnya dan menemukan bahwa RM-88E berada di urutan pertama. Tetapi, setelah kami melakukan riset ulang di Shopee, kami mendapati bahwa RM 133E+ mempunyai angka penjualan yang paling tinggi.

  1. Joker PREMIO TV-50

Pengaturan tersimpan dengan aman, jadi kamu tidak perlu setting berulang kali

Kelebihan:

  • Pengaturan tersimpan, sehingga penggunanya tidak perlu setting berulang kali

Kekurangan:

  • Hanya terbatas pada Polytron, Digitec, ataupun TV keluaran Cina

Kamu pemilik TV dengan merk Polytron, Digitec, ataupun TV keluaran Cina dan kehilangan remote? Maka kamu bisa menggunakanlah remote TV Joker yang satu ini. Dengan menggunakan remote TV ini, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan secara berulang kali. Karena, setiap pengaturan yang kamu lakukan akan tersimpan dengan aman.

Merek TV yang kompatibel:

Polytron, Digitec, atau TV keluaran Cina

Baterai

2 baterai AA

  1. Chunghop Universal TV Remote RM-109E

Remote tidak mudah pecah karena terbuat dari material yang kuat

Kelebihan:

  • Cocok untuk TV tabung, LCD, LED
  • Cocok untuk semua merek TV, termasuk buatan Cina Material kuat

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk televisi yang komponennya sudah diubah

Kamu sering secara tidak sengaja menjatuhkan remote TV hingga pecah? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan remote TV merk Chunghop tipe RM-109E ini. Remote yang satu ini tidak mudah pecah karena terbuat dari material yang kuat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan remote ini untuk berbagai merk TV baik itu TV tabung, LED maupun LCD.

Merek TV yang kompatibel:

Hampir semua merk TV tabung, LCD dan LED

Baterai

2 baterai AA

  1. Wonder 8 WD109

Remote TV multi yang tebal, cukup 3 detik untuk setting

Kelebihan:

  • Setting lebih cepat karena hanya 3 detik menekan tombol set
  • Tebal sehingga tidak mudah pecah

Kekurangan:

  • Terkadang fungsi tombol acak, misalnya, tombol pindah saluran menjadi tombol volume

Pada umumnya harus di-setting terlebih dahulu sebelum digunakan.

Anda harus menekan tombol set selama beberapa detik, kemudian memasukkan kode.

Remote dari Wonder 8 ini memiliki setting lebih cepat daripada remote lainnya. Anda hanya

perlu menekan tombol set selama 3 detik.

Setelah setting selesai, remote sudah bisa digunakan untuk mengatur aktivitas menonton

televisi. Selain itu, remote juga tebal sehingga tidak mudah pecah. Remote TV ini dapat

menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki TV tabung dengan merek apa saja.

Merek TV yang kompatibel:

Hampir semua merek TV

Baterai

2 baterai AA

  1. Huayu RM-L1309 4 in 1 Smart TV Function

Remote 4 in 1, remote ini cocok sekali untuk TV LG, Polytron, Samsung dan juga Sharp

Kelebihan:

  • Tidak membutuhkan kode untuk setting remote

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan untuk smart TV merk Samsung, Sharp, LG dan juga Polytron

Kamu memiliki Smart TV tapi remot nya sudah hilang? Maka kamu bisa menggunakan remote Smart TV universal dari Huayu. Remote dengan desain 4 in 1 ini cocok sekali utnuk empat merk TV yakni Samsung, LG, Sharp, dan juga Polytron.

Kamu tidak membutuhkan kode apapun saat menggunakan remot ini. Untuk setting remote nya sangat mudah, kamu hanya cukup menekan tombol Mute selama 6 detik. Jika pada layar TV muncul tulisan volume, itu artinya setting sudah berhasil. Kamu juga bisa mengembalikan setting pabrik dengan cara menekan tombol Power dan (0).

Merek televisi yang kompatibel:

Samsung, LG, Sharp, dan juga Polytron

Baterai

2 baterai AAA

  1. Shimura SH-77TR

Mempunyai fitur autoscan yang menjadikan setting remote jadi lebih cepat

Kelebihan:

  • Cocok sekali untuk berbagai jenis TV mulai dari TV tabung, LCD, LED, hingga plasma
  • Menyediakan fitur autoscan yang dapat memudahkan untuk menemukan kode dalam setting remote

Kekurangan:

  • Mempunyai ukuran yang terbilang kecil dengan jumlah tombol yang terbilang cukup banyak, yakni 32 tombol

Dengan remote ini, kamu sudah tidak perlu untuk memasukan kode lagi untuk mengaktifkannya. Kamu cukup mengarahkan remote ini ke TV saja dan tekan satu tombol. Setelah itu, secara otomatis system remote akan melakukan scan.

Tanpa harus menunggu lama, remote ini bisa segera terhubung dan bisa langsung kamu gunakan. Jika kamu tidak mau ribet, maka remote dari Shimura ini sangat direkomendasikan untuk kamu.

Merek televisi yang kompatibel:

Lebih dari 180 merk TV nasional dan Cina

Baterai

2 baterai AA

  1. Kiseki RM-109E

Remote TV yang canggih untuk berbagai jenis dan merek TV

Kelebihan:

  • Bisa digunakan langsung di beberapa merek TV tanpa harus setting

Kekurangan:

  • Memang bisa digunakan untuk berbagai merek TV, akan tetapi ada juga merek TV yang kurang kompatibel, seperti merk Fuji

Memang untuk mencari remote TV universal itu tricky. Jika kamu ingin setting remote yang praktis, maka kamu bisa memilih remote TV dari Kiseki ini. Produk remot yang satu ini bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis dan merk TV. Hanya saja kurang kompatibel untuk merk Fuji karena terkadang terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi. Tapi tenang saja, untuk merk TV lainnya remote ini bisa bekerja dengan baik.

Merek TV yang kompatibel:

Berbagai macam merk TV

Baterai

2 baterai AA

  1. Remote LED TV Universal XY-1517

Mempunyai transmisi sinyal yang ekstra panjang, sehingga TV dapat dikendalikan dari jarak jauh

Kelebihan:

  • Mempunyai sinyal kuat sehingga dapat digunakan pada jarak yang cukup jauh

Kekurangan:

  • Karena tombolnya yang sensitif, saat menekan tombol kemungkinan tidak sengaja akan menekan tombol lain yang tidak diinginkan sehingga mungkin akan mengganggu saat menonton TV

Memang remote TV digunakan untuk mengoperasikan TV dari jarak jauh. Tetapi, tetntunya jarak tersebut ada batasnya. Jika kamu ingin mempunyai remote TV universal yang mempunyai jarak jangkauan panjang dan lebih luas, maka produk yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu.

Remote LED TV tipe XY-1517 ini juga mempunyai tombol yang sensitive sehingga kamu tidak perlu menekan tombolnya dengan kuat. Tetapi saat menekan tombolnya kamu harus berhati-hati, karena bisa saja kamu tidak sengaja menekan tombol lain yang tidak kamu inginkan.

Merek TV yang kompatibel:

TV merek Animax, Sakura, Sivatel, Gazela dan Weyon

Baterai

2 baterai AA

  1. Junda HISEN-1401 TV EN2827

Remote untuk smart TV dan LED TV, bisa langsung digunakan tanpa setting

Kelebihan:

  • Bisa langsung digunakan tanpa setting

Kekurangan:

  • Terbatas untuk TV LED merk Hisense dan berbagai smart TV Android

Remote TV Junda ini bisa digunakan untuk TV LED dan smart TV. Tapi sayangnya, untuk TV LED hanya terbatas pada merk Hisense saja. Selain itu, kamu bisa menggunakannya secara langsung tanpa harus melakukan setting terlebih dahulu. Tetapi, sebaiknya kamu gunakan baterai yang baru saat pertama kali menggunakannya. Hal ini bertujuan supaya remote bisa dioperasikan dengan maksimal.

Merek TV yang kompatibel:

TV LED merek Hisense dan berbagai smart TV Android

Baterai

2 baterai AAA

  1. Visero Remote TV China Universal 55L1 New

Remote TV China yang mempunyai jarak sensor berkisar 10 meter

Kelebihan:

  • Jarak sensor Berkisar 10 meter
  • Cocok sekali untuk TV rakitan dan yang sudah mengganti mesin

Kekurangan:

  • Hanya kompatibel untuk merk TV tertentu saja, khususnya TV keluaran Cina

Kamu bisa menemukan Remote Visero 55L1 di pasaran dengan mudah. Remote TV ini kompatibel untuk TV tabung keluaran Cina, termasuk juga TV rakitan. Bahkan, Remote Visero 55L1 bisa juga  digunakan untuk TV yang sudah ganti mesin.

Remote ini mempunyai jarak sensor yang berkisar hingga 10 meter sehingga kamu bisa mengontrol aktivitas TV dengan jarak yang lebih jauh. Remote ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang menginginkan remote dengan harga terjangkau dengan kualitas yang cukup baik.

Merek TV yang kompatibel:

Hampir semua televisi tabung Cina

Baterai

2 baterai AA

  1. Chunghe RM 133E+

Remote satu untuk semua yang dilengkapi dengan senter

Kelebihan:

  • Telah dilengkapi dengan sebuah senter
  • Mudah untuk setting remote nya

Kelemahan:

  • Loading lumayan lama saat ingin mengganti saluran TV

Remote Chunghe RM 133E+ mempunyai julukan yaitu remote satu untuk semua. Pasalnya, remote in bisa digunakan untuk berbagai merk dan jenis, baik itu tipe yang baru maupun yang lama. Tak hanya itu, remote ini juga mempunyai senter, sehingga saat listrik padam kamu bisa menggunakan remote ini untuk penerangan.

Merek TV yang kompatibel:

Berbagai merk TV tabung

Baterai

2 baterai AA

Akhir Kata

Demikianlah 10 remote TV universal terbaik di pasaran. Untuk memilih remote, kamu bisa menggunakan cara yang sudah kami bahas diatas. Sekali lagi cari remote yang sesuai dan cocok dengan TV yang kamu miliki.

 

 

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …