TV Tidak Merespon Remote? Begini Cara Mengatasinya

TV Tidak Merespon Remote – Jika kita mempunyai TV lalu terjadi suatu masalah pada TV tersebut. Maka kita sebagai pengguna nya harus mencarit tahu apa penyebabnya. Membaca artikel ini adalah pilihan yang tepat, karena Teknowarta akan menjelaskan penyebab dan cara memperbaikinya pada artikel ini.

Setiap TV sudah pasti telah dilengkapi dengan sebuah remote yang fungsinya untuk mengontrol pesawat TV dari jarak jauh, seperti mengganti channel, menambah dan juga mengurangi volume suara dan pengaturan lainnya.

Bayangkan saja jika pesawat TV tidak dilengkapi dengan remote control. Tentu akan membuat pengguna TV jadi ribet dan kesusahan ketika ingin mengoperasikan TV. Jadi, jika mempunyai TV, maka remote control ini sangatlah dibutuhkan.

Tetapi karena sering digunakan untuk menonton TV, maka remote TV ini seringkali mengalami suatu masalah. Jika sudah begini, tentunya kita akan merasa kesal dan terganggu karena TV tidak mau merespon perintah dari remote.

Akan tetapi jika kalian mengalami hal ini sebaiknya kalian jangan meluapkan amarah kalian dengan cara memukul-mukul atau bahkan membanting remote ke lantai dengan harapan supaya remote bisa kembali berfungsi. Justru hal ini bisa menyebabkan kerusakan menjadi lebih parah dan bahkan remote yang tadi nya tidak rusak bisa saja jadi rusak karena hal ini.

Oleh karena itu, Teknowarta akan memberikan informasi tentang beberapa penyebab TV tidak mau merespon perintah dari remote sehingga nantinya kalian bisa mengatasi masalah tersebut.

 

Penyebab TV tidak merespon remot

Jika dalam keadaan normal, maka seharusnya TV akan merespon setiap perintah yang telah diberikan oleh remote melalui sensor sebagai media komunikasi yang ada pada kedua perangkat.

Jadi, bagi kalian yang mengalami masalah TV tidak mau merespon perintah remote. Hal tersebut dapat disebabkan karena terjadi kerusakan pada remote control atau bisa juga terjadi masalah pada pesawat TV nya.

Untuk memastikan apakah  terjadi kerusakan pada remote ataukah pada pesawat TV nya, maka kita harus memperhatikan dan melakukan beberapa percobaan yang sederhana supaya bisa tahu akar masalahnya. Jika akar masalahnya sudah ketemu, maka nantinya akan mudah untuk memperbaikinya.

 

1. Masalah Pada Remote Kontrol

Kasus masalah TV yang tidak mau merespon perintah dari remote biasanya disebabkan karena remote kontrol nya yang mengalami masalah. Jadi, kalian harus mencoba untuk meneliti perangkat remote dan mencari kemungkinan penyebabnya.

Menurut pengalaman admin, setidaknya terdapat 6 macam hal yang seringkali menyebabkan remote tidak mau berfungsi seperti biasanya.

 

  • Remot TV terkunci

Jika kalian merasa remote kalian tidak mengalami masalah apa-apa dan masih dalam keadaan baik-baik saja tetapi tidak bisa kalian gunakan untuk mengoperasikan TV. Kemungkinan remote TV kalian sedang terkunci yang membuat remote seperti tidak berfungsi sama sekali.

 

  • Baterai Remote Sudah Habis

Pada umumnya, setiap remote TV menggunakan baterai AA sebagai sumber daya utama untuk bisa menjalankan fungsi remote. Jika baterai pada remote tersebut habis, maka remote akan kehilangan pasokan daya nya sehingga tidak bisa berfungsi.

Untuk mengecek apakah daya dari baterai sudah habis atau belum, kalian bisa melakukan pengukuran dengan akurat dengan menggunakan multitester. Tetapi jika kalian tidak mempunyai multitester, maka kalian bisa mencobanya dengan menukar pada perangkat elektronik lainnya yang menggunakan baterai yang sama seperti contohnya jam dinding atau yang lainnya.

Jika setelah kalian coba diperangkat lain dan ternyata masih ada daya baterainya, itu artinya masalah yang kalian alami bukan berasal dari baterai remote kalian.

 

  • Besi Penghantar Baterai Sudah Berkarat

Besi penghantar baterai berfungsi untuk menghantarkan arus baterai ke perangkat remote. Oleh karena itu, jika besi penghantar baterai sudah mulai berkarat (hal ini sudah sering terjadi) dikarenakan usia remote yang sudah cukup lama, fungsi remote bisa saja terganggu dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti besi penghubung tersebut dengan yang baru. Jika masalahnya benar ada pada besi penghantarnya tersebut, maka saat sudah diganti yang baru pastinya sudah bisa teratasi.

 

  • Ada Penghalang Pada Sensor Remote

Jika ada penghalang seperti kotoran, isolasi, bekas cat atau apapun itu, maka sensor remote tidak akan sampai ke pesawat TV.

Supaya remote bisa berfungsi dengan normal kembali, maka kalian harus membersihkan kotoran atau apapun itu yang menghalangi sensor pada remote sehingga nantinya perintah dari remote bisa diterima oleh TV

 

  • Masalah pada sensor remot

Kerusakan atau masalah yang terjadi pada sensor remote bisa juga menjadi penyebab TV tidak bisa merespon perintah dari remote. Hal ini membuat remote seolah-olah tidak berfungsi karena tidak mampu mengirimkan sinyal ke pesawat TV.

Untuk mengecek apakah sensor pada remote masih berfungsi atau tidak, kalian bisa mengikuti langkah-langkah pengecekannya yakni dengan bantuan dari kamera ponsel kemudian tekan tombol apa saja yang ada pada remote lalu kalian arahkan ke kamera ponsel kalian.

Jika terlihat ada cahaya yang muncul pada layar ponsel, maka itu pertanda bahwa sensor masih berfungsi dengan baik. Jika tidak muncul cahaya, maka tandanya sensor sudah rusak.

 

  • Salah memasukkan kode remot

Bagi kalian yang menggunakan remote universal untuk menggantikan remote bawaan yang sudah rusak atau hilang. Maka yang harus kalian lakukan adalah meng-settingnya terlebih dahulu dengan memasukan kode remote yang benar supaya remote bisa berfungsi dengan baik.

Jika kalian salah saat memasukan kode remote, maka akan membuat remote tidak berfungsi sesuai dengan harapan karena remote multi tidak berhasil mengidentifikasi jenis dan juga tipe TV yang kalian gunakan.

Contohnya untuk kode remote TV Polytron, maka kalian harus memasukan kode nya yang sesuai dengan merk TV nya yakni Polytron.

 

2. Kerusakan pada pesawat TV

Jika kalian sudah memeriksa pada remote kontrol dan tidak mendapat kejanggalan atau indikasi kerusakan, maka kemungkinan besar kerusakannya ada pada pesawat TV nya

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan pesawat TV tidak mau merespon perintah dari remote, antara lain sebagai berikut.

 

  • Adanya Penghalang Pada Sensor TV

Seperti yang kita semua tahu, bahwa perintah yang diberikan kepada remote TV nantinya akan disalurkan ke TV dengan bantuan sensor yang ada pada kedua perangkat tersebut.

Jadi, sinyal perintah dari remote akan diterima oleh TV dengan baik jika kedua sensor saling berhadapan. Oleh karena itulah, jangan sampai ada yang menghalangi sensor tersebut supaya TV bisa merespon perintah dari remote.

 

  • Rusak Pada Sensor di TV

Penyebab lain TV tidak bisa merespon perintah dari remote adalah karena terdapat kerusakan pada sensor penerima yang ada pada TV. Meski kemungkinannya kecil, tetapi bisa saja hal ini terjadi pada TV kalian.

Kerusakan pada sensor biasanya disebabkan karena solderannya yang sudah kendor atau terlepas sehingga harus disolder ulang untuk memperkuat kaki-kaki komponen nya.

Tapi jika komponen nya sudah rusak parah, maka kalian harus menggantinya dengan yang baru supaya bisa berfungsi dengan normal kembali.

Disarankan jika kalian tidak terbiasa melakukan pengecekan dan penggantian komponen TV, maka sebaiknya jangan, karena bisa membuat kerusakan bertambah parah nantinya.

 

  • Kerusakan Pada IC Tertentu

Rusaknya IC tertentu pada TV juga dapat menyebabkan TV kehilangan respon untuk menerima perintah dari remote. Biasanya komponen ini tidak terletak jauh dari sensor TV dan mempunyai fungsi yang berkaitan.

Selain itu, terjadinya kerusakan pada IC program nya juga bisa menjadi penyebab respon TV jadi lemah sehingga harus dilakukan penggantian pada IC tersebut.

Harus kalian ketahui, bahwa artikel ini bersifat informasi, jadi kalian boleh melakukan percobaan sesuai dengan yang sudah diterangkan diatas atau tidak, tapi jika kalian lakukan sesuai dengan yang ada pada informasi diatas maka kalian harus bisa menerima resikonya sendiri.

Karena, untuk melakukan perbaikan dengan menganalisa dan mengganti IC itu harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut. Jadi, disarankan untuk membawanya kepada yang ahli saja agar bisa mendapatkan perbaikan yang sesuai prosedur.

 

Penutup

Dan itulah tadi informasi tentang TV yang tidak merespon perintah dari remote yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Comment