Apa Perbedaan Antara Penyerbukan dan Pemupukan Bunga Tanaman?

Apa Perbedaan Antara Penyerbukan dan Pemupukan Bunga Tanaman?

Tanaman berbunga bereproduksi melalui seks. Seperti organisme seksual lainnya, tanaman berbunga berkembang biak dengan menyatukan memisahkan sel sperma dan sel telur yang menggabungkan materi genetik mereka untuk membentuk zigot.

Pada tumbuhan, zigot matang menjadi benih yang akan tumbuh generasi berikutnya. Sel-sel sperma laki-laki yang terkandung dalam serbuk sari. Sel-sel telur wanita yang terkandung dalam ovarium. Seks antara tanaman berbunga melibatkan dua terpisah namun berhubungan kegiatan: penyerbukan dan pembuahan.

Penyerbukan

Penyerbukan adalah transfer serbuk sari dari organ laki-laki bunga ke organ wanita bunga. Organ laki-laki yang dikenal sebagai antera menghasilkan serbuk sari yang mengandung materi genetik laki-laki.

Dalam kebanyakan bunga, kepala sari terletak di ujung tangkai yang dikenal sebagai benang sari a. Organ yang disebut stigma adalah bagian perempuan yang dirancang untuk menerima serbuk sari. Hal ini di ujung organ wanita disebut putik, yang akan menyampaikan sel sperma dari stigma ke ovarium mengandung telur atau bakal biji.

Transfer Vektor

Pollen ditransfer antara antera dan stigma oleh sejumlah vektor yang berbeda termasuk serangga seperti lebah madu, tawon, ngengat dan kupu-kupu. Vektor lain untuk mentransfer serbuk sari termasuk burung, hewan dan angin.

Tanaman yang bergantung pada makhluk hidup untuk mentransfer serbuk sari mereka berevolusi warna bunga dan bentuk untuk menarik penyerbuk yang mencari makanan, yang bunga akan memasok melalui nektar yang kaya energi atau kaya protein serbuk sari. Setelah serbuk sari mendarat di stigma bunga itu, penyerbukan selesai.

Pemupukan

Pemupukan, yang merupakan gabungan dari sperma dan sel telur, terjadi jauh di dalam bunga setelah penyerbukan. Ketika tanah butir serbuk sari pada stigma, menghasilkan tabung kecil berujung dengan sperma. Tabung cocok menjadi saluran yang disebut gaya dalam putik betina. Tabung polen memperluas ke gaya untuk pembukaan ovarium dan deposit sperma di telur.

Trending :  Fungsi Usus Kecil dalam Pencernaan

Sperma dan sel telur masing-masing berisi setengah dari materi genetik yang diperlukan untuk membentuk sebuah pabrik baru. Ketika mereka menggabungkan, serikat seksual selesai dan sel telur dibuahi. Telur yang sudah dibuahi akan berkembang menjadi bibit tanaman.

 

Apa Perbedaan Antara Penyerbukan dan Pemupukan Bunga Tanaman

Penyerbukan silang

Penyerbukan silang terjadi ketika serbuk sari dari satu bunga yang dibawa ke stigma bunga lain dari varietas yang sama. Beberapa tanaman berbunga dapat menyerbuki diri mereka sendiri jika vektor lintas penyerbukan tidak hadir. Dalam penyerbukan sendiri, serbuk sari dari tanah anter pada stigma dari bunga yang sama. Penyerbukan silang menonjol dalam tanaman berbunga karena mempromosikan keragaman genetik dan penyebaran baik gen pro-hidup sepanjang seluruh populasi tanaman. Beberapa tanaman menggunakan biologi “perangkap” dalam stigma mereka untuk mencegah penyerbukan sendiri. Lainnya mencegah penyerbukan sendiri dengan menumbuhkan laki-laki terpisah dan bunga betina yang terpisah atau jantan dan tanaman betina.

Check Also

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Sendi dan otot harus dipelihara dengan baik. Darah dibawa ke pergelangan kaki dan kaki melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published.