Apa itu Mutasi Genetik?

Apa itu Mutasi Genetik?

Apa mutasi genetik? Bagaimana mereka mempengaruhi DNA kita? Pelajaran ini mencakup dasar-dasar mutasi titik dan memberikan contoh sederhana dari jenis mutasi yang berbeda.

Titik Mutasi

 

Apa Mutasi Genetik?

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda bisa mutan? Apakah Anda pernah berharap Anda? Mungkin jika Anda mutan Anda bisa tumbuh sayap dan terbang seperti burung, atau mengubah tak terlihat, atau bentuk-pergeseran menjadi hewan yang berbeda! Mungkin jika Anda disengat lebah radioaktif, atau jika Anda dibesarkan di sebuah pabrik pengolahan air limbah, maka Anda bisa mengembangkan kekuatan super yang luar biasa dan berjalan di sekitar memerangi kejahatan sepanjang hari!

Baiklah, jadi kami tahu itu tidak akan terjadi pada salah satu dari kami. Serangga radioaktif dan limbah industri mungkin akan lebih berbahaya bagi kita dari yang baik. Tapi ada organisme mutan di luar sana, dan mereka adalah hasil dari mutasi genetik. Mutasi dapat terjadi pada organisme, dari orang-orang dan hewan lain untuk tanaman, bakteri, jamur, dan protista. Mutasi adalah setiap perubahan urutan nukleotida DNA organisme. Beberapa mutasi yang lebih drastis daripada yang lain. Misalnya, mutasi kromosom melibatkan perubahan ke bagian besar DNA atau bahkan seluruh kromosom. Kami akan menyelamatkan orang-mutasi untuk bab tentang genetika. Di sini, kita akan fokus pada mutasi yang lebih kecil yang disebut mutasi titik. Mutasi titik perubahan dalam urutan genetik yang terjadi pada titik tertentu di sepanjang untai DNA.

Substitusi dasar

Ada banyak cara yang berbeda mutasi titik bisa terjadi. Mereka disebabkan oleh kesalahan acak yang terjadi ketika urutan DNA sedang dibangun. Mutasi titik biasanya tidak terjadi pada lebih dari satu nukleotida. Mereka umumnya melibatkan nukleotida tunggal yang ditambahkan, dikurangi, atau diganti dengan jenis yang berbeda. Kita bisa berpisah mutasi titik menjadi dua tipe dasar: substitusi dasar dan sisipan dan penghapusan. Kita akan melihat substitusi base pertama.

Trending :  Apa yang terjadi ketika Anda mengubah kode genetik?

Substitusi dasar hanya apa yang mereka terdengar seperti; mereka mutasi titik di mana satu basa nitrogen diganti dengan basis yang berbeda. Ambil urutan DNA ini, misalnya: GATTAC A. Katakanlah ada kesalahan dalam untai DNA, yang menyebabkan timin pertama, atau T, harus diaktifkan dengan guanin, atau G. Sekarang urutan nukleotida sedikit berbeda. Bunyinya GAGTAC A. substitusi basa tunggal telah terjadi.

Transisi dan Transversi

Substitusi dasar dibagi lagi menjadi dua jenis: transisi dan transversi. Transisi adalah substitusi dasar yang menukar purin untuk purin lain atau pirimidin untuk pirimidin lain. Anda mungkin sudah lupa perbedaan antara purin dan pirimidin, jadi biarkan aku menyegarkan ingatan Anda. Sebuah purin adalah dua cincin basa nitrogen, seperti adenin dan guanin. Sebuah pirimidin adalah basa tunggal-ring, seperti timin dan sitosin. Anda dapat mengingat perbedaan dengan menggunakan frase ‘Semua Dewa murni. ” Jadi A dan G adalah purin, dan C dan T adalah pirimidin.

Mari kita kembali ke transisi dan transversi. Transisi adalah ketika purin sebuah ditukarkan dengan purin atau pirimidin untuk pirimidin a. Jika transisi terjadi pada urutan DNA asli kami, bisa jadi bahwa G swap untuk A. Itu akan menjadi substitusi purin-to-purin. Kami juga akan menyebutnya transisi jika salah satu dari Ts ditukarkan dengan C atau C ke T.

Sekarang, jika Anda beralih purin dengan pirimidin, atau sebaliknya, maka kita menyebutnya transversi a. Ada kemungkinan lebih untuk pelintasan dari ada untuk transisi. Jika kita mengambil adenin basa nitrogen, yang merupakan purin, maka dapat membuat transversi dengan digantikan dengan C atau dengan digantikan dengan T. Sementara A memiliki dua cara untuk membuat pelintasan, hanya memiliki satu cara untuk membuat transisi. Dua kata terdengar benar-benar mirip, bukan? Hanya ingat bahwa dalam sebuah transversi, basis switch nitrogen ke ‘versi,’ berbeda dari yang berbeda versi, ‘dari purin ke pirimidin, atau sebaliknya. Dan mengingat transisi, bayangkan grafis ini dan bahwa semua transisi ‘duduk’ pada tingkat yang sama dengan satu sama lain.

Trending :  3 Alasan Utama mengapa Variasi genetik Terjadi pada Spesies

Leave a Reply

Your email address will not be published.