Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Satu-satunya fungsi dari bunga, yang umumnya bagian showiest tanaman, adalah reproduksi seksual. Daya tarik dan aroma tidak berevolusi untuk menyenangkan manusia, melainkan untuk menjamin kelanjutan spesies tanaman.

Aroma dan warna adalah alat untuk menarik penyerbuk yang memainkan peran penting dalam proses reproduksi.

Bagian dari Bunga

Sebagai bagian reproduksi dari tanaman bunga berisi serbuk sari jantan dan / atau wanita bakal biji ditambah aksesori bagian seperti kelopak, sepal, dan kelenjar madu.

Putik adalah bagian perempuan dari tanaman. Hal ini umumnya berbentuk seperti pin bowling dan terletak di tengah bunga. Ini terdiri dari stigma, gaya, dan ovarium. Stigma ini terletak di bagian atas, dan terhubung ke ovarium dengan gaya. Ovarium berisi telur yang berada di ovula. Setelah sel telur dibuahi ovula berkembang menjadi benih.

Benang sari adalah organ reproduksi laki-laki. Ini terdiri dari kantung serbuk sari (anther) dan filamen panjang mendukung. Filamen ini memegang antera dalam posisi sehingga serbuk sari mengandung dapat dicairkan oleh angin atau dibawa ke stigma oleh serangga, burung atau kelelawar.

Sepal kecil struktur hijau, leaflike pada dasar bunga yang melindungi kuncup bunga. Sepal kolektif disebut tampuk.

Kelopak sangat berwarna bagian dari bunga. Mereka mungkin berisi parfum serta kelenjar nektar. Kelopak kolektif disebut corolla. Jumlah kelopak pada bunga sering digunakan dalam identifikasi keluarga tanaman dan genus. Bunga-bunga dikotil biasanya memiliki sepal dan / atau kelopak dalam kelipatan empat atau lima. Monokotil biasanya memiliki bagian-bagian bunga dalam kelipatan tiga.

Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Jenis Bunga

Jika bunga memiliki benang sari, putik, kelopak, dan sepal, itu disebut bunga sempurna. Jika salah satu dari bagian-bagian ini hilang, bunga tersebut ditetapkan tidak lengkap. Jika bunga berisi benang sari dan putik fungsional, itu disebut bunga sempurna. (Benang sari dan putik dianggap sebagai bagian penting dari bunga.) Jika salah satu bagian penting yang kurang, bunga tidak sempurna.

Trending :  Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Betina (female) bunga adalah mereka yang memiliki putik fungsional (s), tetapi benang sari kurangnya. Jantan (laki-laki) bunga berisi benang sari tetapi tidak ada putik. Karena fertilisasi silang menggabungkan materi genetik yang berbeda dan menghasilkan benih yang lebih kuat, penyerbukan silang tanaman biasanya lebih berhasil daripada tanaman menyerbuk sendiri. Akibatnya, lebih banyak tanaman berkembang biak dengan penyerbukan silang dari penyerbukan sendiri.[

Seperti disebutkan sebelumnya, ada tanaman yang hanya menanggung bunga jantan (tanaman jantan) atau hanya menanggung bunga betina (tanaman betina). Spesies di mana jenis kelamin dipisahkan menjadi jantan dan betina tanaman disebut dioecious. Kebanyakan suci pohon dan pohon pistachio dioecious; Oleh karena itu, untuk mendapatkan buah, perlu untuk memiliki perempuan dan laki-laki pohon. Tanaman berumah satu adalah mereka yang memiliki laki-laki terpisah dan bunga betina pada tanaman yang sama. Tanaman jagung dan pohon kemiri adalah contoh. Beberapa tanaman menanggung bunga hanya laki-laki pada awal musim tanam, namun kemudian mengembangkan bunga dari kedua jenis kelamin; contoh adalah mentimun dan labu.

 

Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Bagaimana Penyerbukan

Penyerbukan adalah transfer serbuk sari dari anter ke stigma. Hal ini dapat terjadi angin atau penyerbuk. Penyerbukan angin bunga kekurangan bagian bunga mencolok dan nektar karena mereka tidak perlu untuk menarik penyerbuk a. Bunga berwarna cerah atau bermotif dan mengandung aroma atau nektar ketika mereka harus menarik serangga, hewan, atau burung. Dalam proses mencari nektar penyerbuk ini akan mentransfer serbuk sari dari bunga ke bunga.

Stigma mengandung zat kimia yang merangsang serbuk sari, menyebabkan ia tumbuh tabung panjang ke bagian dalam gaya ke ovula di dalam ovarium. Sperma dilepaskan oleh butiran serbuk sari dan pembuahan biasanya terjadi. Pemupukan adalah gabungan dari inti laki-laki sperma (dari biji-bijian serbuk sari) dan telur wanita (dalam ovula). Jika pembuahan berhasil, bakal biji akan berkembang menjadi benih.

Trending :  Karakteristik Chordata

Jenis Inflorescences

Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Beberapa tanaman hanya menanggung satu bunga per batang dan disebut bunga soliter. Tanaman lain menghasilkan perbungaan, istilah yang mengacu pada sekelompok bunga dan bagaimana mereka diatur pada batang bunga. Kebanyakan perbungaan dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, tandan dan cymes.

Corymb, umbel, Kepala dan Dischasium Kyme

Pada kelompok racemose, kuntum, yang bunga individu dalam suatu perbungaan, mekar dari bawah batang dan kemajuan menuju puncak. Beberapa contoh racemose perbungaan termasuk lonjakan, segugusan, corymb, umbel, dan kepala. Sebuah lonjakan merupakan perbungaan di mana banyak kuntum stemless yang melekat pada batang bunga memanjang atau batang, contoh yang gladiol. Sebuah segugusan mirip dengan lonjakan kecuali kuntum ditanggung pada batang kecil melekat pada batang tersebut. Contoh dari perbungaan segugusan adalah snapdragon tersebut. Sebuah corymb terdiri dari kuntum yang batang dan tangkai disusun secara acak di sepanjang batang dalam sedemikian rupa sehingga kuntum membuat datar, bulat atas. Yarrow memiliki perbungaan corymb. Sebuah umbel mirip kecuali bahwa tangkai semua muncul dari satu titik pada batang tersebut. Dill memiliki perbungaan umbel. Seorang kepala atau komposit perbungaan terdiri dari banyak kuntum stemless yang merupakan karakteristik dari perbungaan daisy.

Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

Kyme helicoid dan Kyme Scorpioid

Pada kelompok Kyme, yang floret atas terbuka pertama dan mekar ke bawah di sepanjang batang tersebut. Sebuah Kyme dischasium memiliki kuntum berlawanan satu sama lain di sepanjang batang tersebut. Bayi napas perbungaan adalah contoh. Sebuah Kyme helicoid adalah salah satu di mana kuntum bawah semua pada sisi yang sama dari batang itu, contoh-contoh yang freesia dan perbungaan statice. Sebuah Kyme scorpioid adalah salah satu di mana kuntum yang alternatif satu sama lain di sepanjang batang tersebut. Contohnya adalah tomat dan kentang perbungaan.

Trending :  Pengertian Buah Pada Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.