Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Bagian-bagian tanaman dapat dibagi menjadi dua kelompok, bagian reproduksi seksual dan bagian vegetatif. Bagian reproduksi seksual adalah mereka yang terlibat dalam produksi benih. Mereka termasuk kuncup bunga, bunga, buah, dan biji-bijian. Bagian vegetatif termasuk daun, akar, tunas daun, dan batang. Meskipun bagian vegetatif tidak terlibat langsung dalam reproduksi seksual, mereka sering digunakan dalam bentuk aseksual atau vegetatif reproduksi, seperti potongan.

Batang

Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Batang adalah struktur yang mendukung tunas dan daun dan berfungsi sebagai saluran untuk membawa air, mineral, dan gula. Tiga bagian internal utama batang adalah xilem, floem, dan kambium. Xilem dan floem adalah komponen utama dari sistem vaskular tanaman itu.

Sistem vaskular mengangkut makanan, air, dan mineral dan menawarkan dukungan untuk tanaman. Pembuluh xilem mengalirkan air dan mineral, sedangkan tabung floem melakukan makanan. Sistem vaskular monokotil dan dikotil berbeda. Sementara keduanya mengandung xilem dan floem, mereka diatur secara berbeda. Dalam batang monokotil, maka xilem dan floem dipasangkan ke bundel; bundel ini tersebar di seluruh batang. Tapi di batang dikotil, sistem pembuluh darah membentuk cincin di dalam batang. Cincin floem dekat kulit atau penutup eksternal batang dan merupakan komponen dari kulit di batang dewasa. Xilem membentuk cincin batin; itu adalah gubal dan kayu batang pada tanaman berkayu. Perbedaan dalam sistem vaskular dari kedua kelompok adalah kepentingan praktis untuk hortikulturis karena herbisida tertentu yang khusus baik monokotil atau dikotil. Contohnya adalah 2, 4, -D, yang hanya membunuh dikotil.

Kambium adalah meristem, yang merupakan situs pembelahan sel dan pertumbuhan aktif. Hal ini terletak antara xilem dan floem dalam kulit batang dan jaringan yang bertanggung jawab untuk peningkatan batang di ketebalan, karena menghasilkan baik xilem dan jaringan floem.

Batang mungkin lama, dengan jarak yang jauh antara daun dan tunas (cabang pohon, pelari pada stroberi), atau dikompresi, dengan jarak pendek antara tunas atau daun (taji buah, mahkota tanaman strawberry, dandelion). Batang dapat berada di atas tanah seperti kebanyakan batang dengan yang kita kenal, atau di bawah tanah (kentang, umbi tulip). Semua batang harus memiliki tunas atau daun hadir harus diklasifikasikan sebagai jaringan batang.

Suatu daerah batang mana daun berada disebut node. Node bidang kegiatan selular yang besar dan pertumbuhan, di mana tunas tambahan berkembang menjadi daun atau bunga. Daerah antara node disebut ruas tersebut.

Panjang suatu ruas mungkin tergantung pada banyak faktor. Penurunan kesuburan akan menurun panjang ruas. Panjang ruas bervariasi dengan musim. Terlalu sedikit cahaya akan menghasilkan ruas panjang menyebabkan batang kurus. Situasi ini dikenal sebagai peregangan atau etiolasi. Pertumbuhan yang diproduksi di awal musim memiliki panjang ruas terbesar. Panjang ruas menurun sebagai musim tanam mendekati akhir. Tanaman keras yang tumbuh cenderung memiliki panjang ruas yang lebih besar daripada tanaman yang kurang kuat. Panjang ruas akan berbeda dengan persaingan dari sekitar batang atau mengembangkan buah. Jika energi untuk batang harus dibagi antara tiga atau empat batang, atau jika energi dialihkan ke pertumbuhan buah, panjang ruas akan dipersingkat.

Modifikasi Batang

Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Meskipun khas batang yang di atas tanah batang dan cabang, ada yang dimodifikasi batang yang dapat ditemukan di atas tanah dan di bawah tanah. Di atas tanah yang dimodifikasi batang yang mahkota, stolons, dan taji, dan bawah-tanah batang yang lampu, umbi, rimpang, dan umbi-umbian.

Sebuah mahkota merupakan wilayah dikompresi jaringan batang yang tunas baru diproduksi, umumnya ditemukan di dekat permukaan tanah. Mahkota (stroberi, dandelion, violet Afrika) yang dikompresi batang memiliki daun dan bunga di ruas pendek.

Memacu adalah cabang berbuah terkompresi. Spurs pendek, gemuk, sisi batang yang muncul dari batang utama dan umum pada pohon buah-buahan seperti pir, apel, dan ceri, di mana mereka dapat berbuah. Jika pemangkasan berat dilakukan dekat dengan taji buah-bantalan, taji dapat kembali ke panjang, nonfruiting batang.

Sebuah stolon adalah batang horisontal yang berdaging atau semi-kayu dan terletak di sepanjang bagian atas tanah. Seorang pelari adalah jenis stolon. Ini adalah batang khusus yang tumbuh di permukaan tanah dan membentuk pabrik baru di satu atau lebih node-nya. Pelari Strawberry adalah contoh stolons. Ingat, semua batang memiliki node dan tunas atau daun. Daun pada stroberi pelari kecil tapi berada di node yang mudah untuk melihat. Pabrik laba-laba juga memiliki stolons

Sebuah umbi merupakan bagian yang diperbesar dari batang bawah tanah seperti umbi kentang, umbi tulip, dan iris rimpang bawah tanah batang yang menyimpan makanan untuk tanaman. Umbi, seperti batang lainnya, memiliki node yang menghasilkan tunas. Mata kentang sebenarnya node pada batang. Setiap mata mengandung sekelompok tunas.

Rimpang

 

Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Sebuah rimpang merupakan batang khusus yang tumbuh horizontal pada atau tepat di bawah permukaan tanah. Mereka bertindak sebagai organ penyimpanan dan sarana propagasi dalam beberapa tanaman dan mirip dengan stolons. Beberapa rimpang yang dikompresi dan berdaging seperti iris; mereka juga bisa langsing dengan ruas memanjang seperti bentgrass. Johnsongrass adalah gulma dibenci terutama karena kemampuan penyebaran rimpang tersebut.

Bola

Tulip, lili, bunga bakung, dan bawang adalah tanaman yang menghasilkan umbi – dipersingkat, dikompresi, underground batang dikelilingi oleh sisik berdaging (daun) yang menyelimuti bud pusat yang terletak di ujung batang. Jika Anda memotong melalui pusat tulip atau bakung bola pada bulan November, Anda bisa melihat semua bagian bunga di miniatur dalam bohlam. Banyak lampu memerlukan periode paparan suhu rendah sebelum mereka mulai mengirim sampai pabrik baru. Baik suhu dan lama pengobatan ini sangat penting bagi petani komersial yang memaksa lampu untuk liburan.

umbi

Umbi yang tidak sama dengan lampu. Mereka memiliki bentuk yang mirip dengan lampu, tapi tidak mengandung sisik berdaging. Sebuah umbi adalah solid, bengkak batang yang timbangan telah dikurangi menjadi kering, leaflike penutup.

Beberapa tanaman menghasilkan batang dimodifikasi yang disebut sebagai batang berbonggol. Contohnya adalah begonia tuberous dan cyclamen. Batang dipersingkat, diratakan, membesar, dan bawah tanah. Tunas dan tunas muncul dari mahkota dan akar berserat ditemukan di bagian bawah batang berbonggol. Selain itu, beberapa tanaman seperti dahlia dan ubi jalar menghasilkan organ penyimpanan bawah tanah yang disebut akar berbonggol, yang sering bingung dengan umbi dan umbi-umbian. Namun, ini adalah akar, batang tidak, dan tak memiliki node atau ruas. Mungkin kadang-kadang sulit untuk membedakan antara akar dan batang, tapi satu cara yang pasti adalah untuk mencari keberadaan node. Batang memiliki node; akar tidak.

Ubi

Batang biasanya digunakan untuk perbanyakan tanaman. Atas tanah batang dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang mengandung ruas dan node. Mereka digunakan sebagai potongan dan akan menghasilkan batang yang jaringan propagative baik. Rimpang dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Umbi membentuk bulblets kecil di dasar bola induk. Cormels adalah miniatur umbi yang terbentuk di bawah umbi induk. Umbi dapat dipotong-potong mengandung mata dan node. Semua ini akan menghasilkan tanaman baru.

Jenis Batang

Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Suatu tunas adalah batang muda dengan daun hadir. Sebuah ranting adalah batang yang berumur kurang dari satu tahun dan tidak memiliki daun karena masih dalam tahap musim dingin-aktif. Cabang adalah sebuah batang yang berumur lebih dari satu tahun dan biasanya memiliki sisi batang. Trunk A adalah batang utama tanaman berkayu. Kebanyakan pohon memiliki batang tunggal.

Pohon adalah tumbuhan berkayu abadi, biasanya memiliki satu batang utama, dan biasanya lebih dari 12 meter pada saat jatuh tempo. Semak adalah tanaman berkayu abadi yang mungkin memiliki satu atau beberapa batang utama, dan biasanya kurang dari 12 meter pada saat jatuh tempo.

Sebuah pohon anggur adalah tanaman yang berkembang lama, trailling batang yang tumbuh di tanah kecuali mereka didukung oleh tanaman lain atau struktur. Beberapa tanaman merambat melilit lingkaran searah jarum jam dukungan mereka sementara yang lain lingkaran berlawanan arah jarum jam. Climbing tanaman merambat yang didukung oleh akar udara, sulur ramping yang mengelilingi objek pendukung, atau sulur dengan tips perekat.

Tekstur dan Pertumbuhan Batang

batang mengandung jumlah yang relatif besar mengeras jaringan xilem di intinya, dan khas dari sebagian besar buah pohon dan pohon hias dan semak-semak.

Sebuah tongkat adalah batang yang memiliki empulur relatif besar dan biasanya hanya hidup satu atau dua tahun. Contoh tanaman dengan tongkat termasuk mawar, anggur, dan blackberry.

Herba atau sukulen batang mengandung hanya sejumlah kecil jaringan xilem dan biasanya hidup hanya satu musim tanam. Jika tanaman ini abadi, itu akan mengembangkan tunas baru dari akar.

Bagian-bagian Batang Pada Tumbuhan

Siklus Kehidupan Tanaman

Tanaman diklasifikasikan dengan jumlah musim tanam yang dibutuhkan untuk menyelesaikan siklus hidup. Semusim melewati seluruh siklus hidup mereka dari perkecambahan biji benih produksi dalam satu musim tanam dan kemudian mati.

Biennale adalah tanaman yang mulai dari benih dan menghasilkan struktur vegetatif dan organ penyimpanan makanan musim pertama. Selama musim dingin pertama cemara roset hardy daun basal berlanjut. Selama bunga musim kedua, buah, dan biji-bijian mengembangkan untuk menyelesaikan siklus hidup. Tanaman kemudian mati. Wortel, bit, kubis, seledri, dan bawang adalah tanaman dua tahunan. Hollyhock, Canterbury Bells, dan manis William adalah biennale yang umumnya ditanam untuk bunga yang menarik mereka.

Tanaman yang biasanya berkembang sebagai biennale mungkin, dalam beberapa kasus, melengkapi siklus pertumbuhan dari perkecambahan biji benih produksi hanya dalam satu musim tanam. Situasi ini terjadi ketika kekeringan, variasi suhu atau kondisi iklim lainnya berpengalaman. Ini menyebabkan tanaman untuk fisiologis melewati setara dengan dua musim tanam, dalam satu musim tanam. Fenomena ini disebut sebagai perbautan.

Tanaman tahunan hidup selama bertahun-tahun, dan setelah mencapai kematangan, biasanya menghasilkan bunga dan biji setiap tahun. Tanaman keras diklasifikasikan sebagai herba jika atas meninggal kembali ke tanah setiap musim dingin dan baru batang tumbuh dari akar setiap musim semi. Mereka diklasifikasikan sebagai kayu jika atas terus berlanjut, seperti dalam semak atau pohon.

Batang sebagai Makanan

Bagian yang dapat dimakan dari tanaman budidaya seperti asparagus dan kohlrabi adalah batang sukulen diperbesar. Bagian yang dapat dimakan brokoli terdiri dari jaringan batang, kuncup bunga, dan daun kecil. Bagian dimakan kentang adalah batang bawah tanah berdaging disebut umbi. Meskipun namanya sebaliknya, bagian yang dapat dimakan dari kembang kol adalah jaringan batang menjamur.

Leave a Comment