Cara Mudah Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar

Cara Mudah Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar

Cara Mudah Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar – TV tidak mengeluarkan gambar padahal sudah dinyalakan? Jangan panik, simak ulasan berikut untuk mengatasi TV LED tidak ada gambar. Untuk lebih jelas silahkan simak ulasan berikut ini.

Seiring majunya teknologi, sekarang mulai muncul banyak jenis TV yang ditanami berbagai fitur yang canggih. Untuk jenis TV yang paling banyak dipakai sekarang yaitu TV layar LED dan LCD, 2 jenis TV ini mampu memberikan pengalaman ketika sedang menonton acara kesukaan.

Walapun seperti itu, 2 jenis TV ini juga mempunyai risiko terjadinya kerusakan, apalagi jika penggunannya asal asalan.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada 2 jenis TV ini yaitu gambar yang tidak muncul walapun sudah dinyalakan.

Lalu bagaimana jika ini terjadi? Untuk mengetahuinya kita perlu mengetahu penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab TV LED Tidak Mengeluarkan Gambar

Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab TV LED tidak mengeluarkan gabar dan hal ini bisa saja akan terjadi berulang kali.

Nah dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya dengan benar.

Berikut beberapa penyebab TV LED mengalami kerusak:

1) Terdapat Kerusakan pada bagian T-CoN

T-Con atau timing control pada TV LED atau LCD mempunyai fungsi sebagai perangkat untuk mengatur hidupnya panel sehingga mampu menghasilkan gambar yang berkualitas bagus.

2) Terdapat Kerusakan di IC Gamma AS-15

IC Gamma AS-15 merupakan salah satu perangkat yang letaknya ada di dekat T-Con. Jika komponen ini rusak, biasanya gambar akan terlihat suram, blur, atau tidak fokus.

Trending :  Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah

3) Kerusakan pada Software

Selain adanya kerusakan pada bagian komponen TV, salah satu penyebab TV LED tidak mengeluarkan gambar juga bisa karena software atau perangkat lunak yang terinstal pada TV mengalami kerusakan.

4) Lepasnya Kabel LVDS

Penyebab lain TV LED tidak bisa mengeluarkan gambar yaitu karena lepasnya kabel LVDS yang karena melakukan pemasangan kurang terpasang dengan sempurna.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Gambar

1) Backlight Yang Mati

Komponen lampu backlight terdapat di bagian panel belakang TV LED dan biasanya dirangkai secara seri. Karena rangkaian seri, jika ada satu saja lampu yang mati akan membuat semua lampu ikut mati.

Masalah ini bisa menyebabkan panel tidak mendapatkan cahaya dan membuat layar TV LED menjadi gelap.

Untuk memastikan masalah ini, perlu melihat pada bagian belakang TV memakai senter, apakah terjadi backlight atau tidak. Ketika bagian belakang TV disenter, jika terjadi backlight akan terlihat gambar atau titik titik raster.

Benar masalahnya karena lampu backlight, berikut langkah langkah untuk mengatasinya yang bisa kamu ikut:

  • Ukur tegangan masing masing lampu backlight pada TV mengunakan mutitester.
  • Pastikan probe merah ke positif (+) dan probe hitam ke negatif (-)
  • Lakukan penggantian lampu backlight yang mati atau ganti semua supaya lebih tahan lama atau awet.
  • Pastikan juga lampu pengganti yang akan dipakai mempunyai tegangan volt yang sama.

2) Masalah pada bagian T-Con

Salah satu cara mengatasi TV yang tidak ada gambarnya yaitu memeriksa pada bagian T-Con, karena bagain ini menjadi salah satu sumber masalah yang sering terjadi.

Fungsi T-Con pada TV yaitu sebagai penyalur tegangan ke panel.

Masalahnya bisa saja bermacam-macam, seperti penyaluran tegangan yang tidak cukup, putusnya konektor atau rusak dan perlu dilakukan penggantian dengan yang baru dan sama jenisnya.

Untuk memastikan T-Con bermasalah coba sentuh IC utama di T-Con apakah panas atau tidak.

Jika panasnya tinggi, bisa jadi permasalahan muncul karena komponen di sekitar IC yang mengalami kerusakkan.

Trending :  Frekuensi TV Berbayar atau Pay tv di satelit Telkom 4 C Band

Berikut langkah langkah untuk mengatasi masalah di bagian T-Con yang bisa kamu ikut:

  • Pastikan tegangan yang ada di power supply normal.
  • Periksa tegangan pada bagian output driver LED.
  • Jika tegangannya tidak ada, kemungkinan IC driver harus diganti
  • Pastikan dengan benar layar mati bukan karena konektor yang tidak tertancap dengan.

3) Serahkan ke Teknisi Yang Ahli

Cara untuk menangani TV LED Tidak Ada Gambar paling aman dan mudah atau masalah yang lain yaitu dengan membawa TV ke tempat servis atau memanggil jasa servis yang berpengalaman.

Untuk beberapa masalah, memperbaikinya cukup rumit dan membutuhkan keahlian dan alat khusus. Dan pasti bisa teratasi jika pun masih belum sepenuhnya teratasi ada garansi sehingga kita tidak perlu khawatir.

Kelebihan dan Kekurangan TV LED

Kelebihan TV LED

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh TV LED. Berikut beberapa kelebihannya:

1) Memiliki Desain Yang Tipis Dan Ringan

Kelebihan yang dimiliki TV LED yaitu desainnya yang tipis dan ringan. Tidak heran karena hal ini bisa memudahkan ketika ingin memindahkan TV ketempat lain. Desain yang tipis karena TV LED sudah memakai teknologi backlighting. Sehingga tidak memakai desain yang besar seperti pada TV tabung.

Biasanya ketebalan TV LED hanya sekitar 25 mm. dipastikan kamu masih mempunyai ruang yang banyak ketika TV LED ini diletakan.

2) Mempunyai Banyak Fitur Tambahan

Selanjutnya kelebihan dari TV LED yaitu mempunyai banyak fitur tambahan yang ditanamkan. Seperti bisa dipakai untuk menonton film dengan memanfaatkan penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD. Atau juga bisa berbagi layar (share screen) dari PC atau Smartphone.

Dan juga, TV LED biasanya sudah dibekali port HDMI dan USB untuk keperluan lainnya. Fitur fitur ini tergantung dengan merk produsen pembuat TV. Semakin mahal harga dari sebuah TV LED tentu fiturnya juga alan semakin banyak dan canggih juga.

Trending :  Kode Remot TV Advance Beserta Cara Memasukkannya

3) Mudah Dalam Melakukan Perawatan

Selain mempunyai fitur tambahan yang banyak, kelebihan lain dari TV LED yaitu mudah dalam melakuan perawatan. Yang perlu kamu lakukan yaitu mengatur kecerahan layar dan melerakan TV dengan baik supaya tidak jatuh. Ini dilakukan supaya TV LED tetap dalam keadaan yang baik dan tidak cepat rusak.

4) Awet Dan Tahan Lama

Kelebihan lain yang bisa didapat ketika mempunyai TV LED yaitu TV jenis ini dipercaya mempunyai ketahanaan yang lebih bagus jika dibandingkan dengan TV jenis lainnya. Masa pemakaian TV LED bisa mencapai 75 ribu jam. Sehingga, dipastikan TV LED merupakan jenis TV yang mempunyai ketahanan yang bagus.

Kekurangan TV LED

1) Mempunyai Harga Yang Mahal

TV LED biasanya mempunyai harga mulai dari Rp2 juta dengan merk atau brand yang ternama. Ini tentu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan TV Tabung atau TV plasma yang harga di bawah Rp1 juta.

2) Biaya Servis Yang Mahal

Selain mempunyai harga yang mahal, TV LED juga membutuhkan baiya perbaikan yang besar, bahkan bisa sama seperti membeli TV LED yang baru. Ini tentu wajar karena komponen yang terdapat di TV LED seperti panel, model supply, dan beberapa fitur yang ada di dalam TV LED mempunyai harga yang mahal.

3) Harus Memakai Antena Yang Kualitas Bagus

Jika memakai antena yang kualitasnya tidak bagus pada TV LED akan sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Biasanya gambar akan tidak jelas, patah-patah, atau juga bisa muncul bitnik bintik pada layar LED. Bahkan juga bisa mengakibatkan layar TV LED bergaris.

Karena itu, dibutuhkan antena yang kualitas untuk dihubungkan dengan TV LED. Dan juga TV LED lebih cocok dipakai untuk menonton siaran TV digital dan video, yang tidak ada gangguan dalam gambar.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Mudah Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.