Panduan Cara Memasang TV LED Di Dinding

Panduan Cara Memasang TV LED Di Dinding

Panduan Cara Memasang TV LED Di Dinding – Dizaman yang modern ini sudah banyak yang berudah dalam hal teknologi, itu terlihat dengan semakin canggihnya barang barang elektronik contohnya saja TV. Seperti yang kita tahu TV dulu bentukanya sangat besar sehingga memakan banyak tempat. Berbeda dengan sekarang dimana teknologi sudah semakin canggih yang membuat bentuk TV sekarang sudah ramping dan ringan yang membuat TV bisa di letakan dimana saja.

Jenis TV ini yaitu TV LED, TV ini mempunyai bentuk body yang sudah ramping.

Sekilas Tentang TV LED

TV LED merupakan TV yang memakai teknologi bernama diode yang bisa mengeluarkan cahaya ketika diberikan arus bias maju atau forward bias, yang berarti LED akan mengeluarkan cahaya jika diberikan arus listrik dengan konfigurasi forward bias. LED dibuat supaya cahaya yang dikeluarkan lebih efisien jika dibandingkan teknologi sebelumnya. Supaya bisa mengeluarkan cahaya pada semikonduktor, diperlukan doping berupa galium, phosphorus, dan arsenic. Type doping yang berbeda juga akan menghasilkan warna cahaya yang berbeda juga. Untuk sekarang warna cahaya yang dihasilkan LED paling banyak adalah warna merah, kuning dan hijau, sedangkan LED yang berwarna biru sangat sedikit alias langka.

Sebenarnya TV LED merupakan pengembangan dari teknologi layar LCD TV, di mana pada TV LED memakai teknologi LED Backlight untuk menggantikan cahaya fluorescent, yang mana teknologi ini sudah dipakai pada TV layar LCD. Terdapat 2 type LED TV yang ada di pasar yaitu LED dan RGB LED, yang mana LED tempatkan dibelakang panel layar dan type lain yakni EDGE-LED yang LED ditempatkan di sekeliling layar.

Dengan memakai teknologi LED ini lah yang membuat TV berbentuk ramping tidak seperti TV sebelumnya yang body cukup memakan tempat. Bahkan sangking ramping dan ringannya TV LED bisa ditempatkan di tempat yang tidak biasa yaitu dinding. Tetapi untuk menempatkan TV di dinding memerlukan beberapa cara supaya TV bisa menempel di dinding.

Trending :  Cara Masuk Service Mode Tv Akari Dengan Mudah

Pada artikel kali ini teknowarta akan memeri tahukan Cara Memasang TV LED Di Dinding untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Memasang TV LED Di Dinding

Menyiapkan Alat dan bahan

Sebelum memasang TV LED dinding, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan.

Alat yang dibutuhkan:

  • Alat ukur atau meteran.
  • Obeng
  • Bor listrik.
  • Pensil dan Sepidol
  • Baut dan Mur
  • Fischer
  • Baut
  • Braket (sesuaikan dengan TV yang kamu punya)

Hal hal diatas dibutuhkan supaya memudahkan dalam proses penempelan TV di dinding.

Menempelkan Braket Ke TV

  1. Sesuaikan ukuran bracket dengan TV LED yang kamu punya, kamu bisa membeli braket toko elektronik baik online atau offline. Biasanya Braket mempunyai ukuran yang beragam. Sehingga kamu harus menyesuaikan dengan ukuran TV LED yang kamu punya.
  2. Lepaskan alas atau kaki kaki TV yang terpasang terpasang.
  3. Posisikan TV dengan layar di bawah pada tempat yang lembut dan datar untuk melakukan pemasangan Braket ke TV.
  4. Carilah 4 lubang pada belakang TV, lubang ini berfungsi untuk menempelkan Braket. Lepaskan semua sekrup yang terdapat di TV dari lubang ada. Biasanya produsen TV menutup lubang ini memakai sekrup ketika perakitan TV.
  1. Tempatkan Braket di belakang TV, sesuaikan Braket dengan lubang yang ada di TV. Pastikan Braket mengarah ke arah yang benar saat ditempelkan di TV.
  2. Pakai obeng untuk mengencangkan baut. Braket harus terpasang dengan benar dan kokoh di TV tanpa ada gerakkan. Lebih baik pakai cincin pengunci Mur untuk memastikan Braket terpasang dengan kencang.

Menempelkan TV Di Dinding

  1. Pakai lah rangka atau stud Braket untuk menadai dinding yang akan dilubangi sebagai tempat rangka akan menempel.
  2. Gunakan pensil atau spidol untuk menadai dinding yang akan di lubangi. Pastikan dinding yang akan kamu lubangi sudah sesuai dan rata.
  3. Lubangi lah di dinding yang sudah kamu tandai sebelumnya. Pastikan kamu membuat luang yang sesuai dengan ukuran baut yang akan kamu pakai, supaya baut bisa menempel dengan kuat.
  4. Sejajarkan rangka dengan lubang yang sudah kamu buat dan masukan fischer kelubang dinding supaya
  5. Pasang baut pada rangka yang sudah kamu sejajarkan dengan lubang dan kencangkan menggunakan kunci pas sampai kencang.
  6. Tempatkan TV pada Braket dan kencangkan Mur yang terdapat di Brakets supaya TV tidak goyang.
  7. Pastikan pastikan sekali lagi bahwa Brakets sudah terpasang dengan kokoh dan mampu menahan berat dari TV.
  8. Selesai TV berhasil tertempel.
Trending :  Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Tombol SET

Tips Memasang TV LED Di Dinding

  • Jangan mengebor dinding yang sejajar dengan stop kontak, karena kamu bisa mengebor jalur kabel atau kabelnya.
  • Menempelkan TV di atas stopkontak akan sangat membantu, sehingga tidak memasang stopkontak baru.
  • Kabel daya TV tidak akan memengaruhi gambar yang ditampilkan TV.
  • Mintalah bantuan seseorang untuk membantu kamu dalam proses pemasangat TV ke dinding supaya lebih mudah.

Peringatan

  • Pastikan TV dalam kokoh sehingga tidak akan jatuh saat kamu lepas.
  • Lubangilah dinding dengan hati-hati, karena bisa saja kamu melubangi dinding yang salah.
  • Berhati hatilah ketika melakukan pemasangan supaya tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan TV LED

Seperti barang kebanyakan TV LED juga mempunyai kelemahan yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan ketika akan membelinya. Di bawah merupakan kelebihan dan kekuranga dari TV LED.

Kelebihan TV LED

Berikut beberapa kelebihan dari TV LED:

  1. Desain Yang Tipis dan Ringan

Hal ini sangat memudahkan kamu ketika ingin memindahkan TV. Desain TV yang tipis karena TV LED memakai teknologi backlighting. Sehingga mempunyai body yang kecil tidak seperti TV tabung.

Biasanya ketebalan TV LED sekitar 25 mm. Sehingga menghemat banyak ruang yang kamu memiliki dirumah.

  1. Mempunyai Beragam Fitur Tambahan

Beragamnya fiktur tambahan yang dimiliki TV LED. Sehinnga kamu bisa pakai untuk menonton film atau video lain yang kamu simpan di penyimpanan eksternal contohnya flashdisk dan HDD. Bisa juga dipakai untuk berbagi layar atau share screen.

Dan juga, TV LED biasanya sudah mempunyai port HDMI dan port USB untuk memakai fiktur lain untuk menghubungkan TV LED. Fitur ini juga tergantung dengan merk atau brand pembuat TV. Semakin mahal harga TV LED semakin banyak juga fitur yang terdapat di dalamnya dan canggih juga TV tersebut.

  1. Perawatan Yang Mudah

Perawatan pada TV LED juga terbilang mudah, karena kamu hanya perlu mengatur kecerahan pada layar supaya cukup dan menempatkan TV ditempat yang benar supaya TV tidak jatuh karena senggolan dengan benda lain atau karena anak-anak. Hal ini dilakukan supaya TV LED tetap dalam kondisi yang baik dana wet atau tahan lama.

  1. Lebih Awet
Trending :  Rekomendasi Merk Antena TV Terbaik

Selain perawatannya yang mudah, TV LED juga dipercaya lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis TV lain. Ini karena TV LED mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada TV jenis lain. Waktu penggunaan TV LED juga bisa sampai 75 ribu jam.

Sehingga, dapat dipastikan TV jenis lebih awet dan tahan lama, dan membuat kamu perlu mengganti TV dalam jangka waktu yang sebentar.

Kekurangan TV LED

Berikut beberapa kekurangan dari TV LED:

  1. Harga Yang Mahal

Dengan banyaknya fiktur tambahan pada TV LED, juga membuat harga dari TV LED menjadi lebih mahal. TV LED biasanya harga dari TV LED mulai dari 2 juta dengan merk atau brand yang ternama. Ini tentu saja jauh lebih mahal jika dibanding dengan TV layar Tabung atau TV layar plasma yang harga berada di bawah Rp1 juta.

  1. Biaya Sevis Yang Mahal

Selain harganya yang mahal, baiya untuk servis juga mahal, bahkan bisa saja hampir sama dengan membeli TV LED yang baru. Ini tentu saja wajar karena komponen yang dipakai TV LED seperti panel LED, model supply, dan fitur yang ada di dalamnya mempunyai harga yang tidak murah.

Hal ini menuntut pemilik TV untuk lebih memperhatikan dan menjaga TV LED supaya tidak mudah rusak karena biaya perbaikan yang mahal.

  1. Harus Memakai Antena Yang Berkualitas

Jika kamu memakai antena yang kualitasnya kurang bagus tentu akan sangat berdampak pada gambar yang dihasilkan TV LED. Biasanya gambar yang dihasilkan jika memakai antena yang kualitasnya kurang akan tidak jelas, trdapat bitnik pada layar LED bahkan patah-patah. Ini bisa juga mengakibatkan layar bergaris.

Karena itu, dibutuhkan antena yang kualitas bagus untuk dipasangkan pada TV LED. Sebenarnya TV LED lebih cocok dipakai untuk siaran TV digital dan menonton video, yang gambarnya nyaris tidak adanya gangguan.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Panduan Cara Memasang TV LED Di Dinding. Semeoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.