Cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang

Cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang – Kamu pasti pernah mendengar parabola Matrix bukan? Merk ini memang cukup banyak orang Indonesia yang mengenalnya.

Berdiri sejak tahun 1990 Matrix Parabola bergerak pada bidang elektronik yang memfokuskan kepada SMATV/CATV system. Dalam perkembangannya sudah banyak produk produk buatan Matrix yang sudah dipasarkan dengan merk “MATRIX“. Contoh produknya berupa receiver, antena parabola, actuator, booster, kabel kabel dan assesoris untuk siaran TV yang berbasis digital parabola.

Hilangnya sinyal memang bisa saja terjadi bukan hanya pada parabola saja antena biasa juga bisa mengalami hal tersebut. Sama halnya yang terjadi pada parabola Matrix.

Sinyal Matrix yang menghilang biasanya penyebabnya karena pemasangan konektor yang kurang pas atau mengalami pergeseran. Tetapi kamu tidak perlu merasa khawatir, hal ini tentu ada solusinya cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang.

Penyebab lain dalam hal ini yaitu tidak sampainya pengiriman sinyal atau terputus pengiriman sinyal dari receiver. Jadi kamu harus memeriksanya untuk mengetahui penyebab dari hilangnya sinyal tersebut supaya masalah bisa terselesaikan.

Penyebab Sinyal Parabola Matrix Hilang

Berikut beberapa penyebab dan cara untuk mencari sinyal parabola Matrix yang hilang yang bisa kamu ikuti.

Konektor

Jika penyebabnya adalah adanya kerusakan pada kabel LNB, yang perlu dilakukan yaitu menutupi konektor.

Periksa dengan seksama pada bagian konektor dan jauhkan dari serabut ground. Intinya kamu membersihkan semua yang mempunyai kemungkinan mengganggu pada sambungan. Konektor yang tidak mendapatkan perlindungi bisa mengakibatkan air dengan mudah untuk masuk ke dalam.

Untuk memberikan perlindungan pada konektor bisa memakai isolasi listrik atau isolasi lain yang menutur kamu aman.

Posisi antena yang tidak terkunci dengan kencang

Cara lain untuk mencari sinyal parabola Matrix yang hilang yakni memperbaiki posisi antena yang tidak terkunci dengan kencang. Buruknya sinyal juga bisa terjadi karena baut pengunci posisi antena yang kendor dan LNB yang membutuhkan pengencangan baut.

Baut pengunci yang mengendor bisa mengakibatkan parabola mudah bergeser. Lebih buruknya jika terkena angin yang kencang yang disertai dengan hujan sehingga kerusakan bisa menjadi lebih parah.

Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu melakukan pengencangan baut inti yang ada pada antena parabola. Memindahkan antena parabola juga bisa dilakkan jika dirasa lokasi antena parabola kurang aman.

Arah Antena Parabola

Penyebab lain hilangnya sinyal yaitu arah peletakan parabola. Cobalah memperhatikan dengan seksama pada bagian depan dan atas antena parabola, diusahakan jangan sampai ada yang menghalangi arah antena supaya sinyal mudah untuk masuk.

Penyebab umum yang mengakibatkan sinyal susah untuk tertangkap antena parabola yaitu terhalang dengan rumah atau pohon juga bisa. Dengan terhalang rumah atau pohon tentu sangat berpengaruh dengan sinyal yang ditangkap oleh antena parabola.

Apalagi pohon yang pasti akan bertumbuh ya meskipun awalnya masih kecil tetapi pohon pasti akan tumbuh menjadi pohon yang besar. Ini tentu akan membuat sinyal susah untuk tertangkap atau bahkan hilang.

LNB Yang Mengalami Kerusak

Rusaknya LNB juga menjadi penyebab hilangnya sinyal, Hal ini juga didukung dengan ketahanan dari receiver yang dipakai tergantung juga dengan kondisi ketika melakukan pemasangan dan kualitas dari perangkat tersebut.

Terkadang juga ada receiver yang tiba-tiba rusak padahal belum lama pembeliannya. Kerusakan LNB atau receiver tentu bisa disebabkan karena pengaturan yang kurang sesuai atau bagian receiver yang memang mengalami kerusakan. Sehingga wajib diganti dengan yang baru.

Cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang

Nah untuk memunculkan kembali sinyal Matrix yang hilang berikut cara yang bisa kamu ikuti sebagai berikut:

Periksa Signal Intensity

diharus melakukan pemeriksaan pada bagian signal intensity, jika masih ada sedikit sinyal atau sudah hilang semua. Jika masih mendapatkan sinyal berarti receiver tidak mengalami kerusakan.

Yang mungkin menyebabkan hilangnya sinyal yaitu adanya pergeseran antena parabola. Tetapi jika signal intensity hilang semua berarti LNB mengalami kerusakan.

Mencari Transponder

jika terdapat keanehan pada sinyal lakukan pemeriksaan pada bagian transponder. Periksa juga fisik dari konektor yang dipakai. Pemeriksaan mendalam perlu dilakukan untuk mengetahui masalah utamanya. Jika sudah mengetahui permasalahannya penanganan akan menjadi lebih mudah.

Cara Memprogram Parabola Matrix Yang Tidak Ada Sinyal

Cara memlakukan program pada TV parabola sebebarnya tidak jauh berbeda pada setiap receiver yang ada. Yang membedakan hanyalah pada bagian menu pengaturannya saja.

Contohnya cara memprogram TV parabola Matrix yang tidak akan jauh berbeda dengan cara memprogram TV parabola K-Vision. Untuk memprogram receiver yang tidak ada sinyal, kamu bisa ikuti langkah langkah berikut ini.

Panduan ini untuk memprogram receiver yang mempunyai format mpeg2.

Berikut langkah langkahnya:

  • Pertama nyalakan TV dan receiver
  • Masuk ke Menu dengan menekan tombol menu atau pengaturan.
  • Kemudian pilih program, dan pilih Pengaturan Antena.
  • Pada Pengaturan Antena, pilih satelit Telkom 4 untuk mendapatkan semua siaran lokal (jika satelit masih bernama Telkom 1, ubah namanya menjadi Telkom 4).
  • Pilih jenis LNB standar, LB Freq 05150, Daya LNB 13 atau 18V, 22K pilih mati, DiSEqC pilih Lnb1 (jika tidak bisa cobalah Lnb2), pada positiner pilih opsi mati.
  • Jika pensettingan sudah selesai, klik Menu atau Exit.
  • Di Pengaturan Program pilih opsi Tambah Saluran.
  • Pilih opsi Satelit Telkom 4 di keterangan Satelit.
  • Untuk Frekuensi Transponder masukkan frekuensi satelit yang akan di kunci (contoh Telkom, berarti kamu harus memasukan frekuensi satelit Telkom, kamu bisa mencarinya di internet).
  • Masukkan frekuensi yang di pilih dan Symbol Rate serta Polaritas pilih Horizontal.
  • Jika sudah selesai, periksa intensitas dari sinyal dan kualitas sinyal.
  • Jika keduanya tidak mendapatkan sinyal, periksa konektor pada bagian belakang receiver.
  • Pastikan kabel yang dipakai pada Lnb mempunyai kualitas yang bagus dan kabel bisa menjangkau parabola.
  • Tetapi jika mendapatkan sinyal, lakukan tracking dengan antena menghadap lurus atau tidak miring.
  • Kemudian naik turunkan parabola hingga mendapatkan intensitas dan kualitas sinyal yang bagus kemudia klik OK.
  • Jika sinyalnya masih buruk, terus lakukan tracking.
  • Periksa channel ada atau tidak, kemudian pilih halaman paling bawah.
  • Klik Menu pilih Merubah Program dan pilih opsi Hapus Semua, lalu OK.
  • Jika sudah, klik Menu kembali, Pilih opsi Pengaturan Program, pilih opsi Scan Otomatis.
  • Pilih transponder Telkom 4 dan Klik OK.
  • Tunggu hingga proses Scan selesai.
  • Siaran TV akan muncul seperti sebelumnya.

Kesimpulan

Jika TV parabola kamu siarannya hilang kamu perlu mencari penyebabnya, ini dilakukan supaya siaran bisa kembali muncul. Beberapa penyebab sinyal parabola Matrix yang hilang kami sebutkan diatas bisa menjadi petunjuk untuk mengebalikan siaran yang hilang. Pecarian ulang siaran perlu kamu lakukan supaya masalah teratasi.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang. Semoga bermanfaat, sekain dan terimakasih.

Leave a Comment