Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron

Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron

Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron – Tidak pungkiri kualitas dari Speaker aktif yang satu ini memang sangat bisa diandalkan baik dari segi suara atau tampilan. Sehingga bisa sangat populer dan mempunyai pengemar yang sangat menyukai speaker ini.

Ada yang mengatakan bahwa speaker aktif dari polytron ini mudah mengalami kerusak. Tapi menurut pengalaman saya sih tidak, ini karena komponen komponen yang didalamnya mempunyai kualitas yang bagus, dan semuanya juga sudah diperhitungkan oleh Polytron dengan sangat presisi. Jika sering mengalami kerusakkan itu disebabkan karena ketika melakukan servis mendapatkan komponen pengganti yang kualitasnya kurang baik atau masih ada masalah yang belum teratasi.

Tetapi menurut saya, jika dibanding dengan speaker aktif merk lain polytron jelas lebih unggul dari segi komponen yang dipakai, suara yang dihasilkan, fitur, mempunyai desain yang elegan, dan masih banyak lagi.

Nah bagi kamu yang mungkin masih pemula dalam memperbaiki speaker aktif dari Polytron ini, kami akan memberikan sedikit informasi tentang Macam Macam Kerusakan Speaker Aktif Polytron dan cara untuk memperbaikinya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Berikut macam macam kerusakan pada speaker aktif polytron dan cara untuk memperbaiki:

Macam Macam Kerusakan Speaker Aktif Polytron dan Cara Mengatasinya

Perlu kamu terdapat macam macam kerusakan yang bisa terjadi speaker aktif Polytron. Setiap kerusakan juga mempunyai penyebabnya masing masing.

Trending :  Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab dari kerusakan tersebut dan bagaimana caranya untuk memperbaikinya. Supaya lebih lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini:

Speaker Aktif Tetapi Mp3 Tidak Bisa Menyala

Kadang kerusakan pada speaker aktif terjadi dengan ditandai adanya bunyi “duk” ketika dinyalakan dan Mp3 tidak bisa menyala.

Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah lakukan pemeriksaan pada jumlah tegangan yang dibutuhkan oleh Mp3. Biasanya tegangan yang dibutuhkan oleh MP3 yaitu 5 Volt. Jika tegangannya kurang, ganti saja komponen LM7805 (atau IC503) dengan yang baru.

Speaker Mengeluarkan Suara Yang Pecah

Ketika speaker mengeluarkan suara akan terdengar pecah atau krepek krepek dan akan semakin parah jika volumenya dinaikan, kemungkinan besar penyebabnya karena salah satu transistor yaitu TIP41C atau TIP42C yang putus. Kemungkinan lain yaitu putusnya salah satu resistor antara R646, R647, R648, atau R649.

Untuk memeriksanya gunakan ohm meter untuk memeriksa transistor mana yang mengalami kerusakan. Jika jarum pada ohm meter tidak bergerak sama sekali, berarti transistor yang sedang kamu periksa memang kerusakkan. Dan lakukan penggantian dengan transistor yang baru dan sama.

Speaker Aktif Tetapi Tidak Mengeluarkan Suara

Masalah ini juga bisa terjadi pada speaker aktif Polytron untuk mengetahui penyebabnya, cobalah sentuh input power (AC603) pada pin 1 dan 3. Jika ketika disentuh terdengar suara ‘duuttt’ yang keras, kemungkinan besar tune control mengalami kerusakkan. Jika tidak terdengar suara, kemungkinan masalah ada di power.

Apabila permasalahan ada di tune control yang mengalami rusak, kemungkinan besar solderan pada kaki socket input RCA mengalami keretakan. Dan sebenarnya gangguan pada bagian power jarang sekali terjadi.

Speaker Mati Total

Jika speaker aktif Polytron mengalami mati total yang ditandai dengan lampu LED yang tidak menyala, kemungkinan besar fet 7N65 mati dan fuse yang terputus.

Kadang kerusakan ini juga terjadi karena MCB rumah turun ketika speaker dinyalakan. Untuk memperbaikinya kamu harus mengganti fet 7N65 dan periksa juga keadaan komponen lain di sekitarnya.

Trending :  Merk Speaker Bass Terbaik di Indonesia 2021

Speaker Mengeluarkan Suara Mencuit

Salah satu kerusakan yang bisa kamu temukan pada Speaker aktif Polytron yaitu adanya bunyi mencuit keras ketika speaker dihidupkan atau dinyalakan. Dan juga, daun speaker terlihat masuk ke dalam atau terlihat terdorong keluar.

Penyebab dari kerusakan ini biasanya disebabkan karena terjadi short pada transistor penguat akhir yaitu pada TIP41C atau TIP42C.

Cara memperbaiki kerusakan ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengganti transistor yang kami sebutkan tadi dengan yang baru. Tetapi lakukan juga pemeriksaan kondisi komponen lain disekitarnya.

Itulah beberapa kerusakan yang terjadi pada speaker aktif Polytron.

Kelebihan dan Kekurangan Speaker Aktif Polytron

Kelebihan:

  • Harga bersahabat
  • Suara jernih dan kuat
  • Tersedia berbagai tipe
  • Mendukung Polytron Audio Connect
  • Bisa terhubung ke HP via Bluetooth
  • Mengikuti perkembangan zaman

Kekurangan:

  • Model kurang beragam untuk tipe wireless

Rekomendasi Speaker Aktif Dari Polytron

Dari dulu hingga sekarang produk elektronik yang dibuat dari Polytron memang sudah mempunyai kualitas yang bagus, termasuk speaker aktifnya. Speaker aktif dari Polytron ini mempunyai ciri suara nge bass, jernih dan awet atau tahan lama. Bahkan, kualitasnya juga bisa diadu dengan speaker aktif dari perusahaan asing.

Lalu seperti tipe apa saja speaker aktif dari Polytron, Langsung kita simak saja di bawah ini:

Polytron Speaker Aktif PHT 230 Atau SB Bluetooth + EDR

Desain dari speaker ini sangat cocok dipakai sebagai pengeras untuk menonton film atau menyetel musik. Selain mempunyai port USB dan AUX input, Polytron PHT 230/SB juga sudah dilengkapi dengan Optical Audio Port, yang bisa mengeluarkan suara berkualitas secara digital lewat kabel optik. Bukan itu saja, speaker aktif Polytron PHT 230/SB ini juga dilengkapi dengan 4 inch LED Display dan 2.1 channel yang bisa memudahkan kamu dalam mengetahui fungsi mana yang sedang aktif, sehingga suara bisa jauh lebih keras dan lantang. Speaker ini mempunyai harga sebesar Rp 1.900.000.

Trending :  Jenis Jenis Speaker dan Fungsinya

Polytron Speaker Aktif PMA9300 Bluetooth

Walapun mempunyai harga yang murah yaitu Rp 640.000, speaker ini mempunyai kualitas yang sama seperti speaker buatan Polytron pada umumnya. Teknologi XBR masih bisa ditemukan pada speaker ini sehingga suara bass yang dihasilkan tetap sama. Selain itu, speaker aktif ini juga mempunyai fitur Ambience Light yang bisa membuat ruangan mempunyai kesan yang anggun dan elegan. Dengan adanya Fitur Bluetooth, multimedia player, 2 port input microphone dan radio FM semakin menambah kelebihan dari speaker Polytron jika dibandingkan dengan speaker aktif lainnya.

Polytron Speaker Aktif 15 inch

Speaker aktif 15 inch ini sangat cocok dipakai untuk acara yang diadakan diluar ruangan atau didalam, Suara yang dihasilkan juga sangat memuaskan. Selain multifungsi, speaker aktif ini juga bisa diterapkan dengan model stand gantung atau stand berdiri. Speaker ini dibandrol dengan harga Rp 3.000.000.

Polytron Speaker Aktif PAS 8E28 Super Bass dan Bluetooth

Speaker aktif ini sudah dilengkapi dengan pengaturan digital, sehingga kamu bisa menyesuaikan level dari bass, middle dan treble mengunakan remote control, atau lewat aplikasi Polytron Audio Connect di smartphone. Speaker aktif ini juga mempunyai fitur Super BASS yang membuat suara bass bisa terdengar lebih menggelegar, walapun dengan volume yang kecil. Dan juga fitur seperti Bluetooth, video out dan 2 port input microphone juga ada pada speaker aktif ini. Speaker ini dibandrol dengan harga Rp 1.900.000.

Polytron Speaker Aktif PAS 78

Produk ini sudah dilengkapi dengan XBR (Extended Bass Radiator) Woofer. Dengan adanya XBR Woofer membuat suaranya semakin nge-bass, dan dengan adanya woofer juga bisa memberikan kejernihan suara yang tinggi. Bukan itu saja, speaker aktif ini juga sudah dilengkapi dengan radio FM, dan dua buah port input microphone yang bisa dipakai untuk karaoke. Speaker ini dibandrol dengan harga Rp 1.400.000

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron, terimaksih dan semoga bermanfaat.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.