Cara Mudah Cek LCD Oppo, Cepat dan Akurat

Teknowarta – Kamu pengguna HP Oppo? Apakah kamu sudah tahu cara cek LCD Oppo? Jika belum, maka kamu harus mengetahuinya karena kamu jadi bisa tahu apakah LCD Oppo kamu masih dalam keadaan normal atau tidak. Jangan lupa, cek juga fitur-fitur lainnya apakah masih berjalan dengan baik atau tidak.

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan elemen yang terdiri dari lapisa Kristal cair dan tidak membutuhkan banyak energi untuk layar. Teknologi sudah populer dan banyak diterapkan pada perangkat baru Smartphone maupun Tablet.

Smartphone akan dinilai sangat ideal jika menggunakan layar LCD, pasalnya layar LCD ini masih bisa menampilkan gambar dengan kualitas sangat baik. Tak hanya itu, layar ini juga tetap terang meskipun berada dibawah sinar matahari langsung, karena diterangi oleh backgroundnya.

Oleh karena itulah, LCD ini sangat penting, jadi kita harus tahu cara untuk mengeceknya apakah masih dalam keadaan normal ataukah sudah rusak. Bagi yang belum tahu caranya kamu tidak perlu khawatir karena pada postingan kali ini admin akan membagikan caranya, silahkan simak ulasan selengkapnya.

Cara Cek LCD Oppo

Terdapat beberapa cara untuk mengecek LCD Oppo yang bisa kamu lakukan, untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak ulasannya berikut ini.

  1. Cek LCD Oppo Secara Manual

Cara pertama yaitu dengan cara manual, cara ini membutuhkan kejelian karena menggunakan mata telanjang. Cara ini bisa kamu lakukan berkali-kali sampai kamu yakin bahwa tidak ada kerusakan pada LCD, langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

  • Pertama-tama pastikan HP Oppo kamu dalam keadaan mati/power off.
  • Kemudian, kamu nyalakan Smartphone dan perhatikan pada saat logo Android/Oppo muncul.
  • Kamu lihat setiap sudut layar, apakah ada yang rusak atau tidak.
  • Lihatlah juga semua permukaan layar dengan seksama.
  • Jika kamu melihat ada garis horizontal tipis berwarna hitam/merah, maka dapat di pastikan LCD Oppo kamu bermasalah.
  • Silahkan kamu ulangi beberapa kali cara tersebut sampai kamu benar-benar yakin.

Cara ini bisa kamu lakukan saat HP kamu habis terjatuh, entah itu di lantai ataupun dijalan. Kamu bisa langsung mengeceknya apakah ada kerusakan atau tidak.

  1. Cek LCD Oppo dari Menu Setting

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan menu setting atau pengaturan, tentunya menu setting ini ada pada semua HP termasuk Oppo. Untuk melakukannya juga mudah, kamu tidak perlu aplikasi tambahan, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama kamu masuk ke menu Setting atau Pengaturan pada Hp Oppo kamu.
  • Kemudian, kamu pilih menu Suara dan Getaran.
  • Setelah itu, kamu naikkan volume ketingkat yang paling tinggi.
  • Jika suara yang keluar semakin besar, maka LCD Oppo kamu baik-baik saja.
  • Tetapi, jika suara yang keluar sama saja, maka bisa dipastikan kalau LCD HP kamu mengalami kerusakan.

Jika hal ini terjadi pada HP Oppo kamu, maka kamu bisa melakukan klaim garansi ke Oppo jika masih berlaku. Tapi jika ternyata tidak, maka kamu bisa mengeluarkan saedikit biaya untuk pergantian LCD ke Service Center Oppo terdekat.

  1. Cek LCD Oppo Menggunakan Kode Rahasia

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan kode rahasia, kode rahasia ini merupakan sebuah kombinasi kode yang berguna untuk masuk ke Engginering Mode dari Oppo. Untuk kode rahasianya yakni *#800# atau *#807# yang digunakan untuk melakukan tes hardware. Untuk langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama kamu buka Aplikasi Telepon/Dial di Hp Oppo.
  • Kemudian kamu ketikkan kode diatas tadi *#800#.
  • Jika sudah, maka akan muncul tampilan Engginering Mode.
  • Lalu akan muncul juga berbagai macam menu.
  • Disini, kamu pilih menu Hardware Testing.
  • Setelah itu, kamu pilih lagi menu Display untuk mengecek LCD.

Jika kamu ingin mengetahui apakah layar LCD Oppo kamu mengalami dead pixel atau tidak, maka kamu bisa menggunakan kode *#807#. Lalu, kamu pilih menu Automatic Testing yang ada didalamnya, kemudian kamu pilihlah Start Testing.

Setalah itu, layar LCD secara otomatis akan berkedip beberapa kali untuk mengetahui apakah dead pixel atau tidak. Jika kamu rasa LCD Oppo kamu baik-baik saja, maka kamu tekan saja langsung tombol Exit untuk keluar.

  1. Menggunakan Aplikasi Dead Pixel

Dead Pixel
Gambar Screenshoot Play Store

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan Aplikasi tambahan yakni Dead Pixel, sebuah Aplikasi yang dikhususkan untuk mengecek layar LCD. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi jika ada kerusakan pada layar LCD HP Oppo kamu. Untuk langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama kamu buka Google Play Store.
  • Kemudian kamu Ketikkan dan cari Aplikasi Dead Pixel.
  • Setelah itu kamu klik dan install Aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, kamu jalankan Aplikasi seperti biasa.
  • Lalu, tap pada layar HP Oppo kamu secara acak.
  • Nantinya setiap tap yang kamu lakukan tadi akan menampilkan warna yang berbeda.
  • Jika terjadi kerusakan, maka Aplikasi ini akan mendeteksi dan juga memberitahukan kepada kamu.

Aplikasi ini akan menampilkan warna-warna yang sempurna jika HP kamu dalam keadaan normal. Tetapi, jika warna yang ditampilkan tidak sempurna, maka kemungkinan layar Oppo kamu sedang bermasalah.

Baca Juga :

Cara Cek Touchscreen OPPO

Selain melakukan pengecekan pada LCD, kamu juga sebaikna cek layar oppo atau touchscreen. Karena memang kedua komponen ini saling berkaitan, lalu bagaimana cara mengecek layar hp oppo ? berikut teknowarta juga sudah merangkumnya.

Cek Touchscreen Oppo Melalui EngineerMode

  1. Langkah pertama untuk cek layar oppo melalui engineer mode dengan dial menggunakan kode *#899#
  2. Kemudian akan muncul menu engineer mode dan pilih manual test
  3. Pilih Touchscren pada tab device debugging
  4. Kemudian pilih mode pengujian yang terdiri dari Verification, Handwriting, dan touchscreen auto test

Ketika dilakukan pengujian pada layar hp, kamu akan melihat area mana saja yang dapat merespon. Jika menggunakan mode handwriting, kamu akan mengetes layar menggunakan jari pada layar. Bagian layar yang merespon dan muncul coretan berarti masih normal, sebaliknya apabila bagian yang disentuh cari tidak merespon dan tidak keluar coretan berarti ada kerusakan di bagian tersebut.

Kemudian jika menggunakan metode verification, maka akan diperlihatkan area layar yang berhasil disentuh dan merespon. Dan jika menggunakan mode auto test, makan akan mendeteksi secara otomatis area layar yang disentuh.

Touchscreen Oppo akan dinyatakan berfungsi baik pada saat setelah selesai pengujian dan muncul pemberitahuan “Pass”.

Menggunakan Aplikasi Screen Test Pro

Screen Test Pro
Gambar Screenshoot Play Store

Kemudian sebagai referensi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga Screen Test Pro yang dapat di unduh dari google playstore. Untuk cara test, ikuti langkah – langkah berikut ini :

Pertama download dan instal aplikasi Screen Test Pro di hp oppo kamu

Kemudian buka aplikasi dan pilih menu “Multi – Touch Test” untuk mengetes menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Dengan menu Multi Touch kamu juga bisa fitur multi touch cek layar hp oppo apakah masih berfungsi dengan baik.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan menu “Touch Test” untuk mengetes area mana saja yang dapat merespon sentuhan jari

Akhir Kata

Nah itulah cara cek lcd dan touchscreen pada HP Oppo, jika kamu menemukan kerusakan pada LCD atau Touchscreen sebaiknya bawa ke sercive center Oppo yang sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia agar mendapatkan penanganan yang tepat oleh teknisi yang sudah terverifikasi.

Leave a Comment