Pengertian dan Fungsi Kelenjar Adrenal

Tubuh manusia memiliki dua kelenjar adrenal dan satu duduk di atas setiap ginjal. Setiap kelenjar adrenal berat 4-5 gram pada orang dewasa. Adrenal pertama kali terdeteksi pada usia kehamilan 6 minggu.

Apa fungsi kelenjar adrenal saya?

Setiap kelenjar adrenal terdiri dari dua bagian yang berbeda: bagian luar yang disebut korteks adrenal dan medula adrenal dalam.

Kelenjar adrenal mengeluarkan hormon yang berbeda yang bertindak sebagai ‘pembawa pesan kimiawi’. Hormon-hormon ini perjalanan dalam aliran darah dan bertindak atas berbagai jaringan tubuh untuk memungkinkan mereka untuk berfungsi dengan benar. Semua hormon adrenocortical adalah senyawa steroid yang berasal dari kolesterol.

Hormon apa kelenjar adrenal saya menghasilkan?

Korteks adrenal menghasilkan tiga hormon:

Mineralokortikoid: [yang paling penting adalah aldosteron. Hormon ini membantu untuk mempertahankan garam dan air tingkat tubuh yang, pada gilirannya, mengatur tekanan darah. Tanpa aldosteron, ginjal kehilangan berlebihan garam (natrium) dan, akibatnya, air, menyebabkan dehidrasi yang parah.

Glukokortikoid: terutama kortisol. Hormon ini terlibat dalam respon stres dan juga membantu mengatur metabolisme tubuh. Kortisol merangsang produksi glukosa dengan memobilisasi asam amino dan asam lemak bebas. Kortisol juga memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan.

Androgen adrenal: hormon seks pria terutama dehydroepiandrosterone (DHEA) dan testosteron. Semua memiliki efek yang lemah, tetapi memainkan peran dalam perkembangan awal organ seks laki-laki dalam masa kanak-kanak, dan pada wanita selama masa pubertas. Ini terlibat dalam menciptakan dan memelihara perbedaan antara pria dan wanita.

Hormon adrenokortikotropik (ACTH) yang disekresi oleh hipofisis anterior terutama mempengaruhi pelepasan glukokortikoid dan androgen adrenal oleh adrenal dan pada tingkat lebih rendah, juga merangsang pelepasan aldosteron.

Adrenal medulla menghasilkan katekolamin:

Katekolamin termasuk adrenalin, noradrenalin dan sejumlah kecil dopamin – hormon ini bertanggung jawab untuk semua karakteristik fisiologis respon stres, yang disebut ‘fight or flight’ respon.[

 

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Adrenal

Apa yang bisa salah dengan kelenjar adrenal saya?

Dalam kasus yang jarang terjadi, kelenjar adrenal dapat menjadi baik atau terlalu aktif kurang aktif. Dua gangguan utama yang dihasilkan dari ini adalah sindrom Cushing dan penyakit Addison, masing-masing.

Sindrom Cushing adalah karena terlalu aktif kelenjar adrenal dari produksi berlebihan kortisol. Temuan klinis termasuk penipisan dan memar kulit, obesitas, diabetes, gangguan kejiwaan, tekanan darah tinggi, kelemahan otot, osteoporosis, rambut wajah yang berlebihan dan menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan pertumbuhan pada anak-anak. Pasien dengan kortisol berlebih juga gangguan penyembuhan luka dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Penyakit Addison atau insufisiensi adrenal adalah karena kelenjar adrenal yang kurang aktif dikaitkan dengan kurangnya hormon. Insufisiensi adrenal dapat bersifat akut atau kronis. Akut hasil insufisiensi adrenal ketika stres akut ditumpangkan pada insufisiensi adrenal kronis dari jenis apa pun. Gejala insufisiensi adrenal kronis termasuk tekanan darah rendah, kelelahan, penurunan berat badan, anoreksia, mual, muntah, sakit perut, keinginan garam dan gula darah rendah. Kulit dan selaput lendir dapat menunjukkan peningkatan pigmentasi. Hilangnya karakteristik seks sekunder terlihat hanya pada wanita dengan penyakit. Insufisiensi adrenal akut adalah keadaan darurat medis dan harus diidentifikasi dan segera diobati. Keunggulan dari insufisiensi adrenal akut yang kolaps sirkulasi dengan sakit perut dan gula darah rendah.

Jarang, kelebihan aldosteron dapat terjadi, yang menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hiperaldosteronisme. Hal ini menyebabkan tekanan darah tinggi, yang tahan terhadap tablet kontrol tekanan darah konvensional, dan gangguan garam. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah visual.

Kelebihan produksi androgen juga jarang namun dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan dan gangguan menstruasi.

Tumor pada kelenjar adrenal sebagian besar jinak dan tidak mengakibatkan over atau kekurangan produksi hormon adrenalin. Kebanyakan tumor ditemukan secara kebetulan ketika orang menjalani scan untuk berbagai alasan lainnya. Kanker adrenal sangat jarang. Tumor adrenal mungkin memerlukan operasi jika mereka besar atau kelebihan hormon.

Pengobatan setiap gangguan bervariasi sesuai dengan penyebab spesifik. Pasien dengan keprihatinan apapun tentang kondisi ini harus mencari nasihat dari dokter mereka.

Leave a Comment