Struktur Otak Manusia

Struktur Otak Manusia

Otak manusia hidup adalah lembut, mengkilap, putih keabu-abuan, struktur berbentuk jamur. Terbungkus dalam tengkorak, itu adalah 3-pon (1,4 kilogram) massa dari jaringan saraf yang membuat kita tetap hidup dan berfungsi. Rata-rata, otak berat 13,7 ons (390 gram) saat lahir, dan pada usia 15 tumbuh menjadi sekitar 46 ons (1.300 gram). Otak manusia terdiri dari hingga satu triliun sel saraf. Seratus miliar ini adalah neuron, dan sisanya mendukung (glial) sel. Neuron menerima, Proses, dan mengirimkan impuls, sedangkan sel glial (neuroglia) melindungi, dukungan, dan membantu neuron.

Otak dilindungi oleh tengkorak dan tiga selaput yang disebut meninges. Membran terluar dikenal sebagai dura mater; tengah sebagai arachnoid tersebut; dan terdalam sebagai pia mater. Juga melindungi otak adalah cairan serebrospinal, cairan yang beredar antara mater arachnoid dan pia. Banyak arteri merah terang dan vena kebiruan pada permukaan otak menembus ke dalam. Glukosa, oksigen, dan ion tertentu lulus dengan mudah dari darah ke otak, sedangkan zat lain, seperti antibiotik, tidak. Dinding kapiler diyakini menciptakan sebuah penghalang darah-otak yang melindungi otak dari sejumlah biokimia yang beredar dalam darah.

 

Struktur Otak Manusia

Bagian-bagian dari otak

Bagian-bagian dari otak dapat dipelajari dalam hal struktur dan fungsi. Empat bagian utama dari otak manusia adalah batang otak (otak belakang dan otak tengah), diencephalon, otak, dan otak kecil.

Batang otak.

 

Struktur Otak Manusia

Batang otak adalah batang otak, dan merupakan kelanjutan dari sumsum tulang belakang. Ini terdiri dari medula oblongata, pons, dan otak tengah. Medula oblongata sebenarnya merupakan bagian dari sumsum tulang belakang yang membentang ke otak. Semua pesan yang dikirim antara otak dan sumsum tulang belakang melewati medula. Saraf di sisi kanan medula menyeberang ke sisi kiri otak, dan orang-orang di atas kayu salib kiri ke kanan. Hasil dari pengaturan ini adalah bahwa setiap sisi otak mengendalikan sisi berlawanan dari tubuh.

Tiga pusat penting dalam sekejap kendali medulla, laju pernapasan, dan diameter pembuluh darah. Pusat yang membantu koordinasi menelan, muntah, cegukan, batuk, dan bersin juga terletak di medula. Sebuah daerah dalam medula membantu untuk mempertahankan keadaan sadar. Pons (yang berarti “jembatan”) melakukan pesan antara sumsum tulang belakang dan seluruh otak, dan antara berbagai bagian otak. Otak tengah menyampaikan impuls dari korteks serebral dengan pons dan sumsum tulang belakang. Hal ini juga berisi pusat refleks visual dan audio yang melibatkan pergerakan bola mata dan kepala.

Trending :  Mengapa Sistem Kekebalan Tubuh Gagal Untuk Membunuh HIV

Dua belas pasang saraf kranial berasal dari bawah otak, sebagian besar dari batang otak. Mereka meninggalkan tengkorak melalui lubang dan memperpanjang saraf perifer sebagai ke tujuan mereka. Saraf kranial meliputi saraf penciuman yang membawa pesan tentang bau dari hidung dan saraf optik yang melakukan informasi visual dari mata.

Diencephalon.

Diencephalon terletak di atas batang otak, dan termasuk thalamus dan hipotalamus. Thalamus merupakan stasiun relay penting untuk informasi sensorik yang datang ke korteks serebral dari bagian lain dari otak. Thalamus juga menafsirkan sensasi nyeri, tekanan, suhu, dan sentuhan, dan berkaitan dengan beberapa emosi dan ingatan kita. Ini menerima informasi dari lingkungan dalam bentuk suara, bau, dan rasa.

Hipotalamus melakukan banyak fungsi penting.

 

Struktur Otak Manusia

Ini termasuk kontrol sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom adalah cabang dari sistem saraf yang terlibat dengan kontrol dari sejumlah fungsi tubuh, seperti detak jantung dan pencernaan. Hipotalamus membantu mengatur sistem endokrin (yang menghasilkan hormon, sebagai zat kimia yang mengatur fungsi tubuh) dan mengontrol suhu tubuh normal. Ini memberitahu kita ketika kita lapar, penuh, dan haus. Ini membantu mengatur tidur dan terjaga, dan terlibat ketika kita merasa marah dan agresif.

Otak.

Otak membuat naik sekitar 80 persen dari berat otak. Itu terletak di atas diencephalon. Korteks serebral adalah lapisan luar otak dan terdiri dari bahan yang dikenal sebagai materi abu-abu, yang terdiri dari banyak badan sel saraf. Jaringan dari korteks serebral adalah sekitar 0,08-0,16 inci (2 sampai 4 milimeter) tebal, dan jika menyebar akan memiliki luas permukaan sekitar 5 kaki persegi (1,5 meter persegi), sekitar satu-setengah ukuran meja kantor . Materi putih, yang terdiri dari serabut saraf ditutupi dengan lapisan lemak-seperti yang dikenal sebagai selubung myelin, terletak di bawah materi abu-abu.

Sebuah celah yang dalam memisahkan otak ke dalam otak kiri dan kanan (bagian). Setiap belahan otak dibagi menjadi daerah yang dikenal sebagai frontal, temporal, parietal, dan oksipital. Corpus callosum, bundel besar serat, menghubungkan dua belahan otak.

Trending :  Macam-macam Penyakit yang di Sebabkan Protozoa

Korteks serebral

adalah bagian otak yang memberikan perbedaan yang paling penting antara manusia dan hewan lainnya. Hal ini bertanggung jawab untuk sebagian besar fungsi yang mendefinisikan apa yang kita maksud dengan “menjadi manusia.” Hal ini memungkinkan kita tidak hanya untuk menerima dan menafsirkan segala macam informasi sensorik, seperti warna, bau, rasa, dan suara, tetapi juga untuk diingat, menganalisis, menafsirkan, membuat keputusan, dan melakukan sejumlah lainnya “lebih tinggi” fungsi otak.

Dengan mempelajari hewan dan manusia yang telah menderita kerusakan pada korteks serebral, para ilmuwan telah menemukan bahwa berbagai bagian wilayah ini memiliki fungsi tertentu. Sebagai contoh, bahasa lisan dan tulisan yang dikirim ke bagian dari otak yang disebut daerah Wernicke, di mana makna diekstrak. Instruksi tersebut kemudian dikirim ke daerah Broca, yang mengontrol gerakan otot di seluruh tubuh. Dalam area Broca, pikiran dijabarkan ke dalam berbicara dan otot yang terkoordinasi untuk berbicara. Impuls dari daerah motor lainnya langsung otot tangan kita ketika kita menulis dan otot mata kita ketika kita memindai halaman untuk informasi.

Daerah asosiasi dari otak besar prihatin dengan emosi dan proses intelektual, dengan menghubungkan fungsi sensorik dan motorik. Di daerah asosiasi kami, impuls tak terhitung diproses hasilnya dalam memori, emosi, penilaian, kepribadian, dan kecerdasan.

Daya Ingat

Salah satu yang paling menarik dari semua fungsi otak memori. Memori mengacu pada kemampuan otak untuk mengingat peristiwa yang telah terjadi pada beberapa waktu di masa lalu. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa dua jenis memori yang ada, jangka pendek dan memori jangka panjang. Mereka percaya bahwa cara di mana kedua jenis fungsi memori agak berbeda satu sama lain. Orang-orang yang memiliki kondisi yang dikenal sebagai amnesia retrograde, misalnya, kehilangan kemampuan untuk mengingat peristiwa yang terjadi segera sebelum semacam shock, seperti pukulan ke kepala. Namun, mereka dapat dengan mudah mengingat peristiwa yang terjadi hari, minggu, bulan atau tahun sebelum shock.

Para ilmuwan masih belum pasti bagaimana otak akan mengingat hal-hal. Mereka menggunakan jejak memori istilah untuk menggambarkan perubahan dalam otak yang sesuai dengan penciptaan memori. Tapi tidak ada yang benar-benar tahu persis apa jejak memori sesuai dengan segi struktur otak, kimia, atau fungsi.

Trending :  Klasifikasi dan Evolusi Penguin Afrika

Menurut teori saat ini paling populer dari memori, paparan terhadap rangsangan dapat menyebabkan perubahan dalam hubungan yang membuat neuron satu sama lain. Perubahan ini mungkin “jejak memori” bahwa para ilmuwan berbicara tentang. Mereka hubungan saraf tampaknya mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama dan dapat dipanggil ketika seseorang memutuskan untuk mengingat mereka atau ketika beberapa stimulus menyebabkan mereka muncul kembali.

Beberapa penelitian menarik pada memori telah menyarankan bahwa sel-sel saraf dapat benar-benar tumbuh dan berubah karena mereka terkena cahaya, suara, bahan kimia, dan rangsangan lainnya. Pola baru mereka membentuk mungkin dalam beberapa cara dihubungkan dengan perkembangan jejak memori di otak.

Dua daerah mengejutkan kecil di depan otak besar, terletak di setiap belahan kasar di atas tepi luar alis, adalah pusat otak untuk berpikir tingkat tinggi. Pada tahun 2000, para ilmuwan mengumumkan bahwa wilayah ini dipasangkan, yang disebut korteks prefrontal lateral, diaktifkan pada orang yang diberi tes yang melibatkan masalah verbal dan spasial. Ini adalah daerah yang sama dari otak yang studi penelitian sebelumnya telah terbukti penting untuk memecahkan tugas-tugas baru, menjaga banyak hal dalam pikiran sekaligus, dan menyaring informasi yang tidak relevan atau tidak penting. Para ilmuwan juga percaya lateral tindakan korteks prefrontal sebagai ruang kerja global untuk mengatur dan mengkoordinasikan informasi dan membawa kembali ke bagian lain dari otak yang diperlukan.

Struktur tertentu dalam otak dan diencephalon membentuk sistem limbik. Daerah ini bertanggung jawab untuk memori dan emosi, dan berkaitan dengan rasa sakit dan kesenangan.

Dengan mempelajari pasien yang corpus callosum telah dihancurkan, para ilmuwan telah mempelajari bahwa ada perbedaan antara sisi kiri dan kanan dari korteks serebral. Sisi kiri dari fungsi otak terutama dalam sambutannya, logika, menulis, dan berhitung. Sisi kanan otak, di sisi lain, lebih mementingkan imajinasi, seni, simbol, dan hubungan spasial.

Otak kecil. Otak kecil terletak di bawah otak dan di belakang batang otak, dan berbentuk seperti kupu-kupu. “Sayap” adalah belahan serebelum, dan masing-masing terdiri dari lobus yang memiliki alur atau celah yang berbeda. Otak kecil mengontrol pergerakan sistem otot kita diperlukan untuk keseimbangan, postur, dan mempertahankan postur.

Check Also

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Sendi dan otot harus dipelihara dengan baik. Darah dibawa ke pergelangan kaki dan kaki melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published.