Apa fungsi Korteks Ginjal?

Ginjal adalah organ ekskresi yang membantu membersihkan darah dan membuang racun dari dalam tubuh. Mereka ditempatkan di belakang rongga perut. Ginjal adalah sistem filtrasi dan membantu dalam fungsi sehari-hari sistem kemih dan organ utama yang terlibat dalam kelangsungan homeostasis cairan.

Setiap ginjal secara luas dibagi menjadi bagian eksternal yang disebut sebagai korteks ginjal dan bagian internal disebut sebagai medula. Fungsi utama dari korteks ginjal adalah untuk menyaring darah dan membuang zat yang tidak diinginkan dari tubuh. Tugas ini dilakukan dengan bantuan nefron dan glomeruli yang bertempat di korteks ginjal.

Apa korteks ginjal?

Korteks ginjal halus, lapisan kontinyu luar ginjal. Proses ultra filtrasi darah dilakukan di cortexwhich ginjal juga dikenal sebagai filtrasi tekanan tinggi atau ultra filtrasi. Korteks ginjal adalah eksternal, terluar bagian dari ginjal dan proses filtrasi disebut begitu, karena filtrasi ini hanya dapat diselesaikan ketika darah yang masuk ke ginjal melalui arteri ginjal sudah membawa tekanan tinggi.

Consititues Cortex glomerulus dalam miliaran yang bola kecil kapiler kecil berbentuk. Setiap glomerulus dikelilingi oleh kapsul Bowman. Kebocoran glomerulus terjadi pada korteks di mana berbagai komponen seperti sel-sel darah putih, sel darah merah, trombosit, fibrinogen tinggal di pembuluh darah bocor ke dalam kapsul Bowman.

Jumlah kebocoran ini sekitar 160 liter dalam setiap 24 jam. Cairan yang disebut ultra filtrat sebagian besar diserap ke dalam medula dan dikirim kembali ke darah.

Bagaimana ultra filtrasi di korteks ginjal bekerja?

Korteks ginjal adalah bagian eksternal ginjal dan terdiri atas piramida medula yang menyaring sekitar 43 galon air setiap hari melalui nefron yang merupakan struktur kecil hadir dalam jutaan dalam piramida tersebut. Setiap kelompok 10000 nefron merupakan kelompok pembuluh darah kecil disebut sebagai kapiler glomerulus.

Kapiler tersebut dengan bantuan tekanan memaksa darah ke dalam membran filtrasi berdinding ganda disebut sebagai kapsul Bowman. Melalui kapsul ini bersama dengan air dari plasma darah, garam, urea dan glukosa juga disaring.

Korteks ginjal terdiri dari tubulus distal dan proksimal berbelit-belit. Dari proksimal tubulus berbelit-belit proses filtrasi ini mengalir dan terus proses re-filtrasi glukosa dapat digunakan ke dalam aliran darah.

Glukosa diserap masuk ke dalam urin dan merupakan pertanda diabetes serta gangguan ginjal. Tubulus distal berbelit-belit hadir dalam bantuan korteks menyerap garam kembali ke dalam aliran darah. Lengkung Henle, bagian dari medulla menyerap kembali air dan filter menjadi saluran pengumpul yang juga menghasilkan urin. Proses reabsorbtion tubular dilakukan tergantung pada kondisi tubuh.

Apa fungsi dari korteks ginjal?

Korteks ginjal melakukan beberapa fungsi yang sangat penting sebagai bagian dari ginjal:

 

Apa fungsi Korteks Ginjal?

The glomoeruli hadir di dalam korteks ginjal, filter cairan plasma

Dengan bantuan dari ekstensi piramida lain, korteks ginjal menembus di antara dua ginjal yang disebut sebagai kolom ginjal, dengan demikian bertindak sebagai dukungan untuk pembuluh darah

Korteks ginjal aktif mengambil partisipasi dalam metabolisme ginjal dengan menciptakan amonia untuk titrasi keasaman urin dan dengan demikian membantu dalam asam-basa regulasi

Cortex sangat terlibat dalam regulasi limbah metabolik seperti asam urat, urea dan kreatinin ‘

Hal ini juga membantu dalam ekskresi diencerkan atau terkonsentrasi urine yang sangat penting untuk menjaga volume darah[

Apa perbedaan antara korteks dan medula ginjal?

Korteks ginjal dan medula adalah dua bagian yang sangat penting dan utama ginjal namun keduanya berbeda dalam tekstur. Diferensiasi ini sangat menonjol di banyak tempat di mana nefron yang dibuang. Korteks ginjal merupakan tubulus berbelit-belit bersama dengan sel-sel ginjal sedangkan loop Henle dan mengumpulkan saluran adalah bagian penting dari medulla.

Medula dibagi lagi menjadi garis-garis atau zona yang terlalu terlihat dan karenanya terlihat berbeda dari korteks ginjal pada tekstur. Juga medula merupakan lingkungan interstisial yang tidak menonjol dalam korteks. Salah satu kesamaan utama antara kedua medula dan korteks ginjal adalah bahwa kedua organ ginjal ini terdiri dari jutaan nefron yang terpisah yang dikemas sebagai satu.

Leave a Comment