Pengertian Ekologi Makhluk Hidup

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan organisme dengan hidup mereka dan lingkungan tak hidup. Tidak ada organisme ada sepenuhnya independen hidup dan tak hidup hal-hal lain di sekitarnya.

uah kaktus di tengah-tengah padang pasir, misalnya, menarik makanan dari udara dan dari tanah. Hal ini tergantung pada sinar matahari untuk energi yang diperlukan untuk tumbuh. Kaktus mungkin menjadi rumah bagi burung, kadal, dan hewan mikroskopis. Bahkan hubungan yang tampaknya kejam dan sederhana seperti itu dari kaktus dengan lingkungannya melibatkan hubungan yang kompleks yang membentuk subyek ekologi.

Hubungan ekologi selalu timbal balik (shared) hubungan. Dalam contoh kaktus, unsur-unsur lingkungan fisik, seperti udara dan air, berdampak pada kaktus. Tapi, pada saat yang sama, kaktus mempengaruhi lingkungan fisik. Sebagai contoh, ia melepaskan uap air dan oksigen ke udara, mengubah komposisi atmosfer sekitarnya Hubungan Hidup juga hubungan timbal balik. Kaktus dapat menyediakan makanan, tempat tinggal, dan bayangan untuk hewan yang hidup di atau dekat itu. Tetapi hewan juga berkontribusi terhadap kehidupan kaktus, dengan membagikan bibit, misalnya.

Pengertian Ekologi Makhluk Hidup

Subyek ekologi

Meskipun sebagian besar subjek biologi, ekologi juga mengacu pada ilmu-ilmu lain, termasuk kimia, fisika, geologi, ilmu bumi, matematika, ilmu komputer, dan lain-lain. Sebagai dampak dari manusia pada peningkatan lingkungan, materi pelajaran ekologi mengembang.

Ekologi mungkin diminta untuk memutuskan apakah gurun harus dibiarkan dalam keadaan alami atau dibuka untuk bentuk-bentuk tertentu dari pembangunan manusia. Akibatnya, ekologi semakin menemukan diri mereka dihadapkan dengan sosial, ekonomi, politik, dan masalah lain nonscientific. Karena mengacu pada pengetahuan dan informasi dari begitu banyak disiplin ilmu, ekologi adalah bidang yang sangat interdisipliner.

Bagian-bagian untuk Tahu

Biosfer: Jumlah total dari semua bentuk kehidupan di Bumi dan interaksi di antara mereka bentuk kehidupan.

Komunitas: Kumpulan populasi yang berinteraksi satu sama lain di wilayah geografis yang sama.

Interdisipliner: Sebuah bidang penyelidikan yang mengacu pada pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu.

Fotosintesis: Urutan reaksi kimia di mana tanaman hijau mengubah karbon dioksida dan air menjadi pati dan oksigen, menggunakan energi yang diperoleh dari sinar matahari.

Itu ekologi fokus pada mata pelajaran biologi terlihat dari fakta bahwa sebagian besar ahli ekologi menghabiskan banyak waktu mereka terlibat dalam studi organisme. Contoh tema umum penelitian ekologi meliputi: (1) bagaimana organisme beradaptasi dengan lingkungannya, (2) bagaimana angka-angka dan pola distribusi organisme di daerah yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, dan (3) perubahan jumlah organisme di daerah dari waktu ke waktu dan bagaimana lingkungan mempengaruhi perubahan ini.

Energi dan produktivitas

Salah satu bidang utama yang menarik dalam ekologi adalah aliran energi melalui ekosistem. (Ekosistem, atau sistem ekologi, merupakan kumpulan komunitas organisme dan lingkungan di mana mereka tinggal.) Sumber hampir semua kehidupan di Bumi adalah energi dari Matahari, dalam bentuk sinar matahari. Energi yang ditangkap oleh tanaman hijau dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Ketika herbivora (tanaman-makan) hewan mengkonsumsi tanaman, mereka menggabungkan energi matahari yang tersimpan di pabrik-pabrik ke dalam tubuh mereka sendiri.

Pengertian Ekologi Makhluk Hidup

Kemudian, karnivora (pemakan daging) hewan mengkonsumsi herbivora, dan energi surya dilewatkan langkah lain melalui dunia kehidupan. Akhirnya, tumbuhan dan hewan mati dan dikonsumsi oleh organisme yang dikenal sebagai pengurai (atau detritivores; diucapkan de-TRY-tuh-vorz). Kompleks hubungan ekologis antara semua tanaman, hewan, dan dekomposer dikenal sebagai jaring makanan.

Tujuan utama dari ekologi

Tujuan utama dari ekologi adalah untuk memahami sifat pengaruh lingkungan terhadap organisme individu, populasi dan komunitas mereka, pada lanskap dan, pada akhirnya, biosfer (semua kehidupan di Bumi).

Jika ekologi dapat mencapai pemahaman tentang hubungan ini, mereka akan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem dimana manusia akan dapat dengan bijak menggunakan sumber daya ekologi, seperti hutan, tanah pertanian, dan binatang buruan seperti rusa dan ikan. Gol ini merupakan salah satu yang sangat penting karena manusia adalah, setelah semua, benar-benar bergantung pada barang dan jasa ekologi sebagai satu-satunya sumber pendukung kehidupan.

Leave a Comment