Klasifikasi dan Evolusi Unta

Klasifikasi dan Evolusi Unta

Para Unta (juga dikenal sebagai Dromedary Unta, Arab Unta dan Satu-berpunuk Unta) adalah hewan berkuku besar yang paling sering ditemukan di padang pasir yang panas Afrika Utara dan Timur Tengah.

Diduga pertama yang dipelihara oleh orang-orang pribumi lebih dari 5.000 tahun yang lalu, hewan-hewan hardy telah terbukti penting untuk kelangsungan hidup manusia di daerah ini karena mereka tidak hanya digunakan untuk mengangkut baik orang dan barang, tetapi juga menyediakan sumber yang baik dari susu , daging dan wol. Para Unta adalah salah satu mamalia yang paling unik di planet ini dan telah beradaptasi dengan sempurna untuk hidup di padang pasir di mana makanan dan air sering dapat menjadi langka, dan suhu berubah dengan cepat dari hari-hari terik-panas untuk malam dingin. Namun, meskipun mereka akan pernah ditemukan secara bebas berkeliaran di gurun Arab, mereka hari ini punah dari alam tapi populasi rumah tangga tersebar luas dan banyak.

Anatomi dan Penampilan Unta

Unta memiliki sejumlah adaptasi untuk membantu mereka untuk bertahan hidup yang paling sukses di daerah beriklim kering dan gersang seperti dimulai dengan krim coklat berwarna, pendek tapi tebal bulu yang tidak hanya melindungi kulit mereka dari sinar matahari siang hari, tetapi juga membantu untuk menjaga mereka hangat saat suhu merosot di malam hari. Kaki panjang mereka menjaga tubuh mereka tinggi di atas tanah panas dan dua jari kaki mereka pada setiap kaki dapat menyebar luas terpisah untuk mencegah mereka dari tenggelam ke dalam pasir. Bagian bawah kaki mereka juga melangkah untuk membantu mereka ketika di daerah berbatu atau berbatu. Unta memiliki mata besar dan hidung yang memberikan pandangan yang baik dan bau. Mereka memiliki lapisan ganda bulu mata yang panjang dan bisa menutup lubang hidung seperti celah mereka untuk melindungi mereka dari badai debu. Unta mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama tanpa makanan atau air karena mereka menyimpan lemak di punuk mereka yang dapat digunakan untuk memberikan energi Unta ketika sumber daya yang langka.

Trending :  Pengendalian Ekspresi Gen

Penyebaran dan Habitat Unta

Secara historis unta akan menjelajahi seluruh padang pasir Afrika Utara, Timur Tengah dan sejauh ke Asia seperti India Barat di mana lingkungan dapat berubah dari lembut, bukit pasir tepung untuk daerah yang lebih bermusuhan dan berbatu. Hari ini, Unta tidak lagi ditemukan di alam liar, tetapi masih ada sebagai hewan domestik di daerah-daerah dan menyediakan baik transportasi dan sumber penting makanan bagi masyarakat setempat. Kemampuan mereka untuk pergi begitu lama tanpa makanan dan air, serta mampu membawa beban berat berarti bahwa mereka telah memungkinkan orang untuk melakukan perjalanan jauh melintasi padang pasir. Hari ini, jutaan Unta domestik ada di padang pasir bersama dengan populasi liar yang dapat ditemukan di padang pasir Australia Tengah.

Klasifikasi dan Evolusi Unta

Perilaku dan Gaya Hidup Unta

Unta mendiami daerah-daerah kering dan tandus pada peternakan yang dapat berisi hingga 40 orang dan terdiri dari perempuan dengan anak-anak mereka dan dipimpin oleh satu, dominan laki-laki. Selama musim kawin, jantan dominan melindungi harem mereka perempuan dengan menggigit, meludah dan bersandar pada laki-laki saingan mereka. Unta beristirahat dengan berbaring dan melakukannya dengan menekuk kaki depan mereka di bawah mereka, diikuti dengan bagian belakang. Mereka juga dikenal untuk bergerak dengan cara yang berbeda untuk berbagai mamalia dengan menggerakkan kedua kaki kiri maka kedua hak untuk membuat mereka berjalan. Dalam rangka untuk mencoba dan menghemat air vital dalam kondisi tidak bersahabat seperti itu, Unta memiliki jumlah minimal keringat kelenjar (sangat sedikit dalam kaitannya dengan ukuran tubuh yang besar), yang bersama dengan fakta bahwa mereka akan memungkinkan suhu tubuh mereka meningkat di panas, berarti mereka kehilangan air jauh lebih lambat daripada mamalia besar lainnya.[

Reproduksi dan Siklus Hidup Unta

Unta mampu berkembang biak pada saat mereka berusia antara tiga dan empat tahun untuk wanita dan berusia lima tahun untuk laki-laki, ketika laki-laki dominan kawanan memiliki hak pemuliaan dengan betina. Kedua Unta betina dan jantan datang ke panas selama musim kawin yang biasanya berlangsung antara bulan November dan Maret. Setelah masa kehamilan panjang yang bisa bertahan hingga tiga belas bulan, betina melahirkan baik betis tunggal atau kadang-kadang kembar yang sudah bisa menimbang sebanyak 40kg saat lahir. Dalam delapan jam betis muda mampu berdiri dan kemudian dirawat oleh ibu itu dalam perlindungan kawanan sampai besar dan cukup kuat untuk menjadi mandiri. Unta muda mulai makan rumput ketika mereka antara dua dan tiga bulan dan disapih pada sekitar empat bulan.

Trending :  Contoh garam mineral

Pola Makan dan pemangsa Unta

Meskipun Unta secara teknis hewan herbivora diet mereka tidak sepenuhnya vegetarian karena mereka dikenal untuk mengunyah tulang dan makan bangkai untuk melengkapi diet mereka. Adaptasi lain untuk hidup di gurun adalah perpisahan mereka, bibir kasar yang membantu unta untuk makan tanaman keras dan berduri yang hewan lain menghindari. Mereka juga dikenal untuk mengkonsumsi tanaman yang tinggi garam yang lagi berarti ada persaingan kurang dari hewan lain untuk makanan. Salah satu hal yang paling luar biasa tentang Unta adalah kemampuan mereka untuk menyimpan energi dari makanan dan air mereka sebagai lemak di punuk mereka, yang berarti mereka memiliki pasokan siap energi ketika makanan dan air yang langka. Unta dapat kehilangan hingga 40% dari berat badan mereka sebelum perlu untuk mengisi diri mereka sendiri dan sekali air lubang atau oasis ditemukan, mereka dapat minum sekitar 40 galon Air dalam waktu yang sangat singkat.

Pemangsa dan Ancaman Unta

Meskipun mereka sudah tidak ada lagi di alam liar, ukuran besar unta berarti bahwa itu akan memiliki predator yang terbatas. Singa dan macan tutul akan menjadi predator paling umum Namun, fakta bahwa Unta mendiami bermusuhan, daerah kering di mana sangat sedikit besar, mamalia pemakan daging dapat ditemukan berarti bahwa mereka tidak akan diburu secara teratur seperti herbivora berkuku lainnya. Meskipun mereka pertama kali dijinakkan oleh orang-orang lebih dari 5.000 tahun yang lalu mereka akan diburu oleh mereka untuk daging mereka dan menyembunyikan lebih lama. Hari ini, meskipun tidak ada unta ada di alam liar yang sebenarnya penduduk negeri mereka tinggi dan mereka biasanya ditemukan bersama orang-orang dari Afrika Utara ke Asia Barat.

Trending :  Pengertian Atom

Fakta Menarik dan Fitur Unta

Unta tidak hanya kuat, hewan gurun karena mereka bisa bertahan hidup tanpa air hingga 10 bulan memberikan mereka menemukan makanan, tapi gaya hidup mereka relatif lambat-mondar-mandir berarti bahwa mereka juga dapat melakukan perjalanan jarak yang sangat jauh (kadang-kadang lebih dari 30km) hanya dalam satu hari, sementara membawa beban yang bisa melebihi 200kg. Seperti sejumlah hewan peliharaan lainnya, sekarang ada berbagai ras yang berbeda dari Unta yang telah dihasilkan dari perkawinan silang unta dengan Bactrian Camels Camels untuk menghasilkan individu yang baik lebih besar dan kuat untuk digunakan sebagai hewan kerja atau sangat cepat. Tidak seperti mamalia lainnya, Unta memiliki sel darah yang unik berbentuk oval merah yang memungkinkan darah untuk tetap mengalir lancar ketika binatang menjadi dehidrasi dan darah mengental.

Hubungan Manusia denganĀ  Unta

Unta telah digunakan selama ribuan tahun oleh orang-orang baik untuk mengangkut barang melintasi padang pasir dan sebagai sumber susu dan daging. Rambut wol mereka juga dapat digunakan untuk membuat pakaian bersama dengan kulit kasar mereka. Seperti binatang peliharaan lainnya, sekarang ada banyak keturunan dari Unta tetapi tidak semua telah dibesarkan untuk keperluan yang benar-benar praktis dengan lebih cepat dan lebih cepat keturunan muncul yang kemudian digunakan untuk Unta balap. Sifat tenang mereka meskipun, berarti bahwa mereka dapat hidup bersama orang-orang dan ternak lain tanpa hampir tidak ada masalah.

Status Konservasi Unta

Hari ini, meskipun populasi Unta liar punah mereka Umum sebagai hewan domestik di banyak jangkauan alami mereka dan selanjutnya, dengan perkiraan mulai setinggi 20 juta orang. Pada tahun 1800-an, pertama Unta diimpor ke Australia yang akan digunakan untuk membantu orang mendapatkan antara tempat-tempat di padang pasir yang luas. Sejak saat itu semakin banyak yang telah mengikuti harus dipimpin sana sekarang menjadi penduduk liar yang kuat yang mungkin setinggi 1 juta Unta berkeliaran di padang pasir Australia Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.