Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Pisau daun adalah diperluas, struktur tipis di kedua sisi pelepah. Pisau biasanya adalah yang terbesar dan paling mencolok bagian dari daun. Tangkai daun adalah tangkai yang mendukung helai daun. Ini bervariasi panjang dan mungkin kekurangan seluruhnya dalam beberapa kasus di mana helai daun digambarkan sebagai sessile atau stalkless.

Duri Daun

Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Fungsi utama daun adalah untuk menyerap sinar matahari untuk pembuatan gula tanaman dalam proses yang disebut fotosintesis. Daun berkembang sebagai permukaan rata untuk menyajikan area yang luas untuk penyerapan yang efisien energi cahaya. Daun didukung dari batang dengan embel batang-seperti yang disebut tangkai daun a. Dasar tangkai daun melekat pada batang di node. Sudut kecil yang terbentuk antara tangkai daun dan batang disebut ketiak daun. Sebuah bud aktif atau tidak aktif atau sekelompok tunas biasanya terletak di ketiak tersebut.

Helai daun terdiri dari beberapa lapisan. Di bagian atas dan bawah adalah lapisan menebal, sel-sel yang tangguh yang disebut epidermis. Fungsi utama dari epidermis adalah perlindungan jaringan daun. Cara di mana sel-sel di epidermis disusun menentukan tekstur permukaan daun. Beberapa daun memiliki rambut-rambut yang merupakan perpanjangan dari sel-sel tertentu dari epidermis. Ungu Afrika memiliki begitu banyak rambut yang daun terasa seperti beludru.

Bagian Daun

Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Bagian dari epidermis adalah kutikula, yang terdiri dari zat lilin yang disebut cutin yang melindungi daun dari dehidrasi dan mencegah penetrasi beberapa penyakit. Jumlah cutin merupakan respon langsung terhadap sinar matahari, meningkat dengan meningkatnya intensitas cahaya. Untuk alasan ini, tanaman yang ditanam di tempat teduh harus pindah ke sinar matahari penuh secara bertahap, selama beberapa minggu, untuk memungkinkan lapisan cutin untuk meningkatkan dan melindungi daun dari shock kehilangan air cepat atau matahari melepuh. Cutin lilin juga repels air dan dapat menumpahkan pestisida jika agen penyebar-stiker atau sabun yang tidak digunakan. Ini adalah alasan banyak produsen pestisida meliputi semacam aditif semprot untuk mematuhi atau menembus kutikula.

Daun

Beberapa sel epidermis yang mampu membuka dan menutup. Sel-sel ini menjaga bagian dalam daun dan mengatur aliran air, oksigen, dan karbon dioksida melalui daun. Sel-sel peraturan ini disebut sel penjaga. Mereka melindungi bukaan di permukaan daun yang disebut stoma. Pembukaan dan penutupan sel ditentukan oleh cuaca. Kondisi itu akan menyebabkan kehilangan air besar dari tanaman (suhu tinggi, kelembaban rendah) merangsang sel penjaga untuk menutup. Kondisi cuaca ringan meninggalkan sel penjaga dalam kondisi terbuka. Sel penjaga akan menutup dalam ketiadaan cahaya. Sebagian besar stomata terjadi pada epidermis bawah.

Trending :  Fungsi Hidung dan Penyakit Hidung

Lapisan tengah daun adalah mesofil dan terletak di antara epidermis atas dan bawah. Ini adalah lapisan di mana fotosintesis terjadi. Mesofil dibagi menjadi lapisan atas yang padat, disebut lapisan palisade, dan lapisan spons lebih rendah yang mengandung banyak ruang udara, yang disebut mesofil spons. Sel-sel dalam dua lapisan ini mengandung kloroplas yang merupakan situs yang sebenarnya dari proses fotosintesis.

Jenis Daun

Pengertian Daun Dan Bagian-bagian Daun

Sejumlah jenis yang agak berbeda dari daun terjadi pada tanaman. Daun biasanya disebut sebagai daun adalah yang paling umum dan mencolok, dan seperti yang dinyatakan sebelumnya, berfungsi sebagai pusat manufaktur di mana aktivitas fotosintesis tanaman terjadi. Daun skala atau cataphylls ditemukan pada rimpang dan juga kecil, kasar, daun pelindung yang menyertakan dan melindungi tunas. Daun biji, atau kotiledon, dimodifikasi daun yang ditemukan pada tanaman embrio dan biasanya berfungsi sebagai organ penyimpan. Duri dan sulur, seperti yang ditemukan pada barberry dan kacang, daun dimodifikasi khusus yang melindungi tanaman atau membantu dalam mendukung batang. Daun penyimpanan, seperti yang ditemukan dalam tanaman berumbi dan succulents, berfungsi sebagai organ penyimpanan makanan. Daun khusus lainnya termasuk bracts, yang sering berwarna cerah. Struktur mencolok pada dogwoods dan poinsettia adalah bracts, bukan kelopak.

Duri

Konifer, (pinus, cemara, cemara, pohon salam, dll) memiliki “jarum” sebagai daun. Mereka biasanya memiliki kutikula lilin dengan stomata cekung untuk membantu mencegah kekeringan. Juga, sebagian besar memiliki kanal resin di kedua sisi dari sistem vaskular. Resin ini diduga membantu mencegah dan menjaga terhadap kerusakan serangga.

Venasi Daun

Ikatan pembuluh dari batang memperpanjang melalui tangkai daun dan menyebar ke pisau. Venation merujuk pada pola di mana pembuluh darah didistribusikan di pisau. Dua jenis utama venation sejajar-berurat dan net-berurat.

Trending :  Pengertian Bunga dan Bagian-bagian Bunga

paralel

Daun paralel-berurat adalah mereka yang ada banyak pembuluh darah yang berjalan pada dasarnya sejajar satu sama lain dan terhubung lateral demi menit, veinlets lurus. Mungkin jenis yang paling umum dari paralel-urat adalah yang ditemukan dalam tanaman dari keluarga rumput di mana pembuluh darah berjalan dari dasar ke puncak daun. Tipe lain dari paralel-venation ditemukan pada tanaman seperti pisang, calla, dan pickerelweed, di mana pembuluh darah paralel berjalan lateral dari pelepah. Daun paralel-berurat terjadi pada tanaman yang merupakan bagian dari kelompok monokotil.

menyirip

Daun jaring-berurat, juga disebut retikular-berurat, memiliki pembuluh darah yang cabang dari pelepah utama (s) dan kemudian membagi menjadi veinlets halus yang kemudian bersatu dalam jaringan yang rumit. Sistem pembuluh darah terperangkap memberikan daun lebih tahan terhadap robek daripada kebanyakan daun paralel-berurat. jaring-venation dapat berupa menyirip atau palmate. Dalam venation menyirip, pembuluh darah memperpanjang lateral dari pelepah ke tepi, seperti dalam apel, cherry dan peach. Venation palmate terjadi pada anggur dan maple daun, di mana pembuluh darah utama terbentang, seperti tulang rusuk dari kipas angin, dari tangkai daun dekat pangkal helai daun. Daun jaring-berurat terjadi pada tanaman yang merupakan bagian dari kelompok Tumbuhan berbiji belah.

Daun sebagai Sarana Mengidentifikasi Tanaman Top

Daun berguna dalam mengidentifikasi spesies dan varietas tanaman hortikultura. Bentuk helai daun dan jenis margin adalah sangat penting sebagai mengidentifikasi karakteristik. Daun sederhana adalah mereka di mana helai daun adalah unit kontinu tunggal. Sebuah daun majemuk terdiri dari beberapa selebaran yang terpisah timbul dari tangkai daun yang sama. Sebuah daun sangat lobed mungkin tampak mirip dengan daun majemuk, tetapi jika selebaran yang terhubung oleh band-band sempit jaringan pisau itu dapat diklasifikasikan sebagai daun yang sederhana. Jika selebaran memiliki tangkai yang terpisah dan jika batang ini disambung pada titik persatuan dengan leafstalk utama, daun dianggap senyawa. Beberapa daun mungkin ganda majemuk, memiliki divisi dari selebaran.

Tepian Daun

Bentuk Bilah Daun

Berikut ini adalah beberapa bentuk umum yang ditemukan dalam daun dan selebaran.

Linear: Sempit, beberapa kali lebih lama dari lebar; kira-kira lebar yang sama.

Elips: 2 atau 3 kali lebih lama dari lebar; meruncing ke puncak akut atau bulat dan basis.

Trending :  Bagaimana tinggi Sodium Bisa Merusak Kalium

Bulat telur:-Telur berbentuk, sebagian basal yang luas; meruncing ke arah puncak.

Lanset: Lebih lama dari lebar; meruncing ke arah puncak dan dasar.

Berbentuk hati: Hati-berbentuk, luas bulat telur; meruncing ke puncak akut, dengan basis berputar dan membentuk lekukan di mana tangkai daun terpasang

Bentuk Daun Puncak dan Dasar

Berikut ini adalah bentuk yang umum ditemukan pada daun.

Puncak

Acuminate: Lonjong ke, titik sempit panjang.

Akut: Mengakhiri di sudut akut, dengan tajam, namun tidak acuminate, titik.

Dasar

Tumpul: Lonjong ke tepi bulat.

Sagittate: Arrowhead berbentuk, dengan dua menunjuk lobus rendah.

Batas: Memiliki akhir yang relatif persegi.

Tepian Daun

Mempelajari Batas daun ini sangat berguna dalam identifikasi varietas tertentu tanaman buah.

Seluruh: Sebuah tepi halus tanpa gigi atau takik.

Sinuate: Memiliki margin berliku-liku atau bergelombang diucapkan.

Crenate: Memiliki gigi bulat.

Dentate: Memiliki gigi yang berakhir di sudut akut, menunjuk ke arah luar.

Bergigi: Memiliki kecil, gigi tajam mengarah ke puncak.

Menorehkan: Margin potong yang tajam, dalam, gigi tidak teratur atau sayatan.

Lobed: Insisi memperpanjang kurang dari setengah jalan ke pelepah.

Sumbing: Insisi memperpanjang lebih dari setengah jalan ke pelepah.

Pengaturan sebuah Daun bersama Batang

Berbagai cara Daun diatur sepanjang batang juga digunakan untuk membantu mengidentifikasi tanaman. Pengaturan Rosulate adalah satu di mana daun basal membentuk roset sekitar batang dengan node yang sangat singkat. Daun berlawanan diposisikan di batang dari satu sama lain, dua daun pada setiap simpul. Daun alternatif atau spiral diatur dalam langkah-langkah alternatif sepanjang batang dengan hanya satu daun pada setiap node. Daun melingkar disusun dalam lingkaran sepanjang batang.

Daun sebagai Makanan

Helai daun adalah bagian yang dapat dimakan utama dari beberapa tanaman hortikultura termasuk lokio, collard, dandelion, endive, kale, daun selada, sawi, peterseli, bayam, dan lobak Swiss. Bagian yang dapat dimakan dari daun bawang, bawang merah, dan adas Florence adalah sekelompok basis daun berdaging. Tangkai daun daun adalah produk yang dapat dimakan dalam seledri dan rhubarb. Pada tumbuhan seperti kubis Brussel, kol, dan kepala selada, daun membentuk, bud telanjang besar dan merupakan produk yang dapat dimakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.