Efek Rumah Kaca Terhadap Atmosfer

Efek rumah kaca merupakan fenomena alam yang bertanggung jawab untuk suhu yang relatif tinggi yang dikelola di permukaan bumi dan atmosfernya. Nama berasal dari proses dimana rumah kaca diperkirakan untuk mengumpulkan dan tahan panas.

Advertisement

Mekanisme rumah kaca

Sebuah rumah kaca bangunan di mana tanaman tumbuh dan terus. Biasanya terdiri dari hamparan besar kaca jendela menghadap ke arah selatan pada umumnya. Sinar matahari yang menyerang jendela kaca melewati jendela-jendela dan pemogokan tanah di dalam rumah kaca. Proses ini dimungkinkan karena kaca transparan terhadap sinar matahari, yaitu, memungkinkan sinar matahari untuk melewati. Sinar matahari yang menyerang tanah di dalam rumah kaca baik dapat tercermin atau diserap oleh tanah. Sinar matahari yang diserap oleh tanah mungkin nanti akan kembali dipancarkan dalam bentuk gelombang panas. Ketika memantul kembali ke arah jendela rumah kaca, tidak mampu melewati kembali melalui jendela.

Dalam kedua contoh, sinar matahari mengalami perubahan bentuk setelah memasuki melalui jendela. Jendela tidak transparan, tetapi buram, dengan energi yang dipantulkan dan reradiated. Energi terperangkap dalam rumah kaca kemudian digunakan untuk menaikkan suhu di dalam rumah kaca. Ini adalah efek ini yang memungkinkan rumah kaca untuk tetap hangat meskipun suhu di luar cukup dingin.

Efek rumah kaca di atmosfer bumi

Sebuah efek yang sama dengan yang baru saja dijelaskan juga terjadi di atmosfer bumi. Suasana tidak memiliki jendela kaca, tentu saja, meskipun gas yang membentuk atmosfer bertindak seperti jendela.

Bagian-bagian untuk Tahu

Jendela atmosfer: Berbagai dalam panjang gelombang radiasi, dari sekitar 350-750 nanometer, yang dapat melewati atmosfer bumi tanpa diserap.

Advertisement

Equilibrium: Sebuah proses di mana tingkat di mana berbagai perubahan mengambil keseimbangan tempat satu sama lain, sehingga ada perubahan secara keseluruhan.

Frekuensi: Jumlah gelombang yang melewati suatu titik tertentu setiap detik.

Radiasi inframerah: Nama lain untuk panas; bentuk radiasi dengan panjang gelombang berkisar dari sekitar 700 nanometer hingga 1 milimeter.

Nanometer: Satu-miliar meter.

Radiasi: Energi yang dipancarkan dalam bentuk gelombang atau partikel.

Cahaya tampak: Sebuah bentuk radiasi dengan panjang gelombang berkisar dari sekitar 400 sampai 750 nanometer.

Panjang gelombang: Jarak antara dua puncak berurutan atau lembah dalam gelombang.

Bayangkan ledakan energi surya mencapai tepi luar atmosfer bumi. Bahwa energi surya terdiri dari berbagai macam radiasi, seperti cahaya tampak, radiasi ultraviolet, radiasi inframerah, sinar X, sinar gamma, gelombang radio, dan oven microwave.

Bentuk-bentuk radiasi yang berbeda satu sama lain dalam bahwa mereka semua perjalanan dengan panjang gelombang yang berbeda dan frekuensi yang berbeda. (Panjang gelombang gelombang adalah jarak antara dua puncak berurutan atau palung [trawfs diucapkan] dalam gelombang.

Frekuensi radiasi adalah jumlah gelombang yang melewati suatu titik tertentu setiap detik.) Sebagai contoh, sinar X sudah sangat panjang gelombang pendek dan frekuensi yang sangat besar.

Sebaliknya, gelombang radio memiliki panjang gelombang yang sangat panjang dan frekuensi sangat kecil. Yang penting, bagaimanapun, adalah bahwa semua bentuk radiasi, apa pun panjang gelombang dan frekuensi mereka, bepergian bersama-sama dalam sebuah ledakan energi surya.[

Energi yang mencapai atmosfer bumi dapat mengalami salah satu dari tiga nasib, tergantung pada jenis radiasi dan jenis gas yang ada di atmosfer. Pertama, sekitar sepertiga dari semua energi matahari yang mencapai atmosfer bumi dipantulkan kembali ke angkasa. Sejauh Bumi yang bersangkutan, energi yang hilang hanya untuk ruang.

Lain sepertiga dari energi surya yang diserap oleh gas-gas di atmosfer bumi. Berbagai gas menyerap berbagai jenis radiasi. Oksigen dan ozon, misalnya, cenderung menyerap radiasi dengan panjang gelombang pendek, seperti sinar ultraviolet. Sebaliknya, karbon dioksida dan air menyerap radiasi dengan panjang gelombang yang lebih panjang, seperti radiasi inframerah. Ketika gas ini menyerap berbagai jenis radiasi, mereka mengubah energi sinar matahari menjadi panas. Fenomena ini menyumbang beberapa panas yang tersimpan di atmosfer bumi.

Namun lain sepertiga dari energi surya mencapai atmosfer kita mampu menembus atmosfer dan menyerang permukaan bumi. Proses ini mirip dengan cara sinar matahari ditularkan melalui jendela di rumah kaca. Energi matahari yang melewati atmosfer bumi melakukannya karena ada sangat sedikit gas yang menyerap radiasi terlihat.

 

Efek Rumah Kaca Terhadap Atmosfer

Para ilmuwan kadang-kadang merujuk pada “jendela” di atmosfer Bumi (agak mirip dengan jendela kaca) melalui radiasi bisa lulus. Jendela atmosfer bukanlah objek, seperti sepotong kaca, namun berbagai radiasi di mana gas atmosfer yang transparan. Kisaran yaitu dari sekitar 350-750 nanometer (nanometer adalah satu miliar meter). Sebagai perbandingan, panjang gelombang cahaya tampak berkisar dari sekitar 400 nanometer (untuk cahaya biru) ke 750 nanometer (untuk lampu merah).

Refleksi dan penyerapan. Energi matahari yang mencapai permukaan bumi juga dapat mengalami sejumlah nasib. Hal ini dapat menyebabkan es mencair dan air menguap; dapat digunakan untuk mengubah karbon dioksida dan air untuk karbohidrat pada tanaman (fotosintesis); dapat memanaskan bidang udara dan air, menyebabkan angin, gelombang, dan arus; dan dapat panas permukaan bumi. Yang terakhir dari nasib ini adalah yang paling penting.

Sekitar setengah dari semua energi matahari yang melewati atmosfer diserap oleh tanah, batu, pasir, kotoran, dan benda-benda alam dan buatan manusia lainnya.

Semua yang adalah untuk memberitahu Anda sesuatu yang Anda sudah tahu. Jika Anda meletakkan tangan Anda di sepetak tanah gelap pada akhir hari yang cerah, tanah terasa hangat. Bahkan, jika Anda menempatkan tangan Anda tepat di atas tanah, Anda dapat merasakan panas yang dilepaskan oleh tanah.

Alasannya adalah bahwa benda-benda yang dipanaskan oleh sinar matahari berperilaku dalam cara yang sama seperti tanah di rumah kaca. Benda-benda mengembalikan energi dijemput dari sinar matahari, tetapi dalam bentuk yang berbeda. Alih-alih reradiating energi dalam bentuk cahaya tampak, objek memberikan energi mundur dalam bentuk panas.

Tapi apa yang terjadi ketika panas reradiated dari permukaan bumi perjalanan kembali ke atas ke atmosfer. Panas adalah bentuk radiasi inframerah. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, karbon dioksida dan air keduanya peredam baik radiasi inframerah. Jadi sangat gas yang memungkinkan cahaya tampak melewati atmosfer sekarang dapat menyerap (trap) radiasi inframerah (panas) reradiated dari permukaan bumi.

Jumlah total dari semua reaksi ini adalah bahwa energi dari Matahari ditangkap oleh permukaan bumi baik dan gas di atmosfer. Akibatnya, suhu rata-rata tahunan planet adalah sekitar 55 ° F (30 ° C) lebih tinggi dari itu akan tanpa suasana.

Kegiatan manusia dan efek rumah kaca

Fenomena alam, seperti efek rumah kaca, mencapai keadaan alami keseimbangan selama ratusan atau ribuan tahun. (A keadaan kesetimbangan adalah proses di mana tingkat di mana berbagai perubahan terjadi keseimbangan satu sama lain.) Dua faktor yang mempengaruhi efek rumah kaca adalah bentuk orbit bumi dan kemiringan yang berkaitan dengan Sun.

Kedua faktor ini berubah perlahan-lahan selama ratusan ribu tahun. Ketika mereka melakukannya, mereka mengubah efek yang dihasilkan oleh efek rumah kaca. Misalnya, bahwa perubahan orbit Bumi sehingga planet kita mulai bergerak lebih dekat ke Matahari Dalam hal ini, energi surya lebih akan mencapai atmosfer luar dan, pada akhirnya, suhu rata-rata tahunan planet mungkin akan meningkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menjajaki kemungkinan bahwa berbagai aktivitas manusia juga dapat mempengaruhi efek rumah kaca. Yang paling penting dari kegiatan ini dianggap pembakaran (pembakaran) dari bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak, dan gas alam.

Tidak ada yang perlu diingatkan hari dari peran penting bahan bakar fosil dalam masyarakat kita. Kami menggunakannya untuk pemanasan rumah dan kantor; untuk menyalakan mobil, truk, kereta api, pesawat terbang, dan bentuk kami transportasi lainnya; dan untuk operasi proses industri. Tetapi pembakaran bahan bakar fosil selalu menghasilkan pelepasan karbon dioksida dan air ke atmosfer. Dengan beberapa perkiraan, pelepasan karbon dioksida ke atmosfer dari pembakaran bahan bakar fosil mencapai hampir 2,5 miliar ton (2,3 miliar metrik ton) pada tahun 1999.

Hasil aktivitas manusia ini adalah bahwa atmosfer bumi mengandung konsentrasi tinggi karbon dioksida saat ini daripada itu satu abad yang lalu. Data ilmiah yang paling dapat diandalkan menunjukkan bahwa konsentrasi karbon dioksida di atmosfer telah meningkat dari sekitar 320 bagian per juta pada tahun 1960 menjadi hampir 360 bagian per juta hari ini.

Efek rumah kaca merupakan fenomena alam yang bertanggung jawab untuk suhu yang relatif tinggi yang dikelola di permukaan bumi dan atmosfernya. Nama berasal dari proses dimana rumah kaca diperkirakan untuk mengumpulkan dan tahan panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu