Fungsi dan Lokasi kandung kemih

Ditempatkan di lantai panggul, kandung kemih adalah organ penting dari sistem ekskresi Anda yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk cairan urin sebelum dieliminasi melalui uretra.

Menyerupai struktur kantung-seperti elastis, serat otot polos di dinding kandung kemih membuat itu sejumlah besar elastisitas. Berkaitan dengan kapasitas penyimpanan dan lokasi, ada sedikit variasi yang diamati pada laki-laki manusia, perempuan dan anak-anak. Misalnya, cairan maksimum mengandung volume relatif rendah feminin gender. Pada laki-laki, ia duduk di antara simfisis pubis dan rektum, sedangkan pada wanita; terletak anterior vagina dan inferior ke rahim. Kondisi medis kandung kemih dapat didiagnosis dengan bantuan cystoscope, x-Ray dan tes urine dan termasuk kanker, radang, infeksi, inkontinensia urin, interstitial cystitis, dan sebagainya.

Bagian dari kandung kemih urin

Tiga tabung terbuka ke dalam lumen atau interior kandung kemih; salah satu dari sisi yang lebih rendah dan dua lainnya di sisi atas. Kedua kanal otot berongga yang menghubungkan kandung kemih dengan salah satu dari ginjal dan menyampaikan cairan ekskresi dari kedua mantan disebut sebagai ureter. Uretra, di sisi lain, mengambil urin dari kantung dan bermuara keluar dari tubuh melalui lubang uretra. Mengenai struktur anatomi, lapisan utama dinding kandung kemih terdiri dari serat halus (otot detrusor) yang terjadi dalam tiga pengaturan, yaitu. melingkar, longitudinal dan spiral. Hanya pada awal ureter, ada katup, yang disebut ureterovesical persimpangan yang tidak hanya mencegah refluks isi kandung kemih, tetapi juga memastikan aliran searah urin. [

Lokasi kandung kemih urin

Tidak ada keseragaman struktur, ukuran dan lokasi kandung kemih di antara manusia karena hal itu menunjukkan variasi berdasarkan jenis kelamin dan umur individu. Perbedaan usia berbasis dimensi fisik hanyalah fenomena pertumbuhan terkait seperti tumbuh lebih besar dan lebih besar usia berlangsung. Namun, berdasarkan pada jumlah isi fluida, itu menyusut dan memperluas ukuran sesuai, dan ketika kosong, itu menyerupai ukuran dan bentuk buah pir. Mari kita memiliki deskripsi singkat tentang tempat kantung kemih dalam skema organisasi struktur tubuh:

Fungsi dan Lokasi kandung kemih

Lokasi kandung kemih pada Anak

Berlawanan dengan posisi umum di daerah pinggul orang dewasa manusia, itu sedikit terangkat dan ditemukan dalam rongga perut tidak hanya pada bayi, tetapi juga pada anak-anak. Hal yang sama terjadi bahkan ketika itu kosong dan tidak mengandung jejak kotoran kencing.[

Lokasi kandung kemih di Pria Dewasa

Dalam hal ini, organ ekskresi penyimpanan relatif besar dalam ukuran dan, akibatnya, kapasitas penyimpanan cairan. Mengenai posisinya, daerah antara simfisis pubis dan rektum ditempati oleh dasar kantung elastis dan otot ini. The recto-vesikalis kantong berfungsi untuk memisahkan dari rektum, sedangkan prostat (kelenjar eksokrin dari sistem reproduksi laki-laki) terletak di wilayah di bawah urin menyimpan organ ini.

Lokasi kandung kemih di Wanita Dewasa

Beberapa aspek dari lokasi yang sama pada kedua pria dan wanita, tetapi tidak menampakkan perbedaan tertentu dalam jenis kelamin yang berlawanan. Pada wanita dewasa, organ terletak anterior vagina dan inferior ke rahim (struktur alat kelamin perempuan). Karena pergeseran relatif lokasi, juga mengurangi ukuran karena tidak dapat menyimpan sebanyak volume urin seperti pada laki-laki.

Fungsi Urinay kandung kemih

Fungsi utama dari organ ekskretoris adalah untuk bertindak sebagai reservoir untuk penyimpanan waktu singkat cairan ekskresi yang diterima dari ginjal. Ini juga mengontrol aliran urin dengan bantuan katup cek yang mencegah maju yang tidak diinginkan atau aliran mundur. Sebagai peningkatan volume urin memperluas dinding otot polos, Anda merasa keinginan untuk buang air kecil sesegera mungkin. Dinding yang membentang mengirim sinyal ke sistem saraf parasimpatis mana respon yang dihasilkan dan hasil dalam kontraksi otot detrusor untuk mendorong urin keluar dari kandung kemih. Untuk memulai proses buang air kecil, dua sfingter peraturan, yang terletak di jalan, perlu dibuka secara bersamaan. Salah satu sfingter berada di bawah komando sukarela Anda, sementara yang lain dikendalikan oleh sistem saraf otonom. Kapasitas memegang urin normal kantung kemih bervariasi dari 300 ml sampai sekitar 350 ml, tapi dengan pelebaran penuh, dapat menyimpan hingga 600 ml cairan ekskresi! Artinya, volume meningkat hampir dua kali lipat pada pencapaian distensi penuh. Namun, segera setelah 150 ml cairan dikumpulkan, keinginan untuk buang air kecil ringan diinduksi dalam individu tetapi dapat ditunda untuk jangka waktu tertentu sampai kandung kemih telah mencapai kapasitas maksimum.

Penyakit kandung kemih urin

Menjadi struktur aksesori, kondisi medis organ umumnya disebut sebagai gangguan sistem ekskresi yang dari berbagai jenis dan kompleksitas. Batu-batu kandung kemih, misalnya, sebagian atau seluruhnya dapat memblokir bagian urin, sehingga menimbulkan rasa nyeri akut, pembengkakan, luka pada dinding kandung kemih dan gejala berat lainnya. Tiga tindakan pengobatan sering digunakan untuk penghapusan batu adalah: pemberian obat, radiasi dan terapi bedah. Kondisi peradangan kantung kemih mungkin timbul dari infeksi atau cedera dan dapat diperbaiki dengan obat. Meninggalkan dampak yang luar biasa pada kualitas hidup Anda, inkontinensia urin ditandai dengan kebocoran paksa urin yang menyebabkan malu besar bagi korban. Lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada laki-laki manusia, yang interstitial cystitis melibatkan gejala diagnostik sakit parah dan ketidaknyamanan di kandung kemih, dan mendesak & sering buang air kecil.

Leave a Comment