3 Cara Alami Membunuh Gulma di Halaman Rumah

3 Cara Alami Membunuh Gulma di Halaman Rumah

3 Cara Alami Membunuh Gulma di Halaman Rumah – Kehadiran gulma atau rumput liar di halaman atau pekarangan rumah tentunya sangat mengganggu. Tetapi, dalam membasmi gulma di halaman rumah, akan lebih baik mencegah baik daripada mengobati.

Ada beberapa cara untuk membasmi gulma dengan mudah yang bisa kalian coba, seperti menutupi tanah kosong dan memasang penghalang. Cara ini merupakan cara yang bebas bahan kimia untuk membasmi gulma dan juga alternatif yang tentunya jauh lebih aman untuk hewan peliharaan.

Selain itu, mulsa merupakan cara lainnya yang berguna untuk mencegah gulma, dikarenakan efek pelapis yang menghentikan gulma supaya tidak menembus lapisan mulsa.

Akan tetapi, ada beberapa cara  yang sangat mudah untuk membasmi gulma di halaman rumah tanpa harus menggunakan bahan kimia, seperti yang dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis berikut.

1. Air panas

Kalian hanya cukup merebus air dan tuangkan ke atas rumput liar. Gulma tidak akan bisa mentolerir air panas, sehingga mereka akan mati.

Tetapi, penggunaan air panas kemungkinan akan membunuh sebagian besar tanaman, jadi kalian cukup menuangkan air di tempat yang tidak akan mengenai tanaman yang ingin kalian pelihara.

2. Cuka

Tak banyak produk yang bisa melakukan banyak hal seperti cuka. Tidak hanya bisa membersihkan setiap area di rumah kalian saja, tetapi cuka juga merupakan pembasmi gulma. Cuka paling bagus digunakan pada gulma yang masih muda dan diterapkan beberapa kali. Tetapi, cuka juga berpotensi menyerang gulma yang lebih tua dan membandel.

Adapun yang harus kalian lakukan hanyalah untuk membasahi akar gulma dengan campuran cuka 20 persen yang kuat.

3. Garam

Garam merupakan produk serbaguna lain yang mungkin kalian miliki di dapur kalian yang bisa digunakan untuk membunuh gulma. Silahkan kalian taburkan garam di atas akar gulma.

Fungsi garam adalah untuk mengeringkan akar gulma dan mengganggu keseimbangan air internal sel tanaman, yang pada akhirnya akan membunuh gulma. Tetapi, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan karena garam bisa mempengaruhi kondisi tanah.

Garam dan cuka juga bisa dipasangkan dengan beberapa sabun cuci piring untuk membuat ramuan pembasmi gulma yang terbaik.

Dan mungkin cukup sekian saja ulasan mengenai 3 cara Cara Alami Membunuh Gulma yang ada di halaman rumah dengan menggunakan air panas, cuka, dan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.