Rekomendasi Kabel Antena TV Terbaik Beserta Cara Pasangnya

Rekomendasi Kabel Antena TV Terbaik Beserta Cara Pasangnya

TV digital maupun TV analog semuanya membutuhkan yang namanya Antena TV. Antena TV ini berfungsi untuk mengankap sinyal saluran TV acara-acara tertentu. Saat menonton TV, pasti kalian sudah pernah mengalami gambar pada TV tiba-tiba menjadi buram atau blur. Tayangan yang tidak jernih atau buram ini biasanya disebabkan oleh kualitas antena TV yang buruk sehingga susah untuk menangkap sinyal.

Oleh karena itu, sangat lah penting untuk memilih kabel antena TV yang bagus dan berkualitas supaya daya tangkap sinyal nya jadi bagus. Selain daya tangkap sinyalnya yang bagus, antena TV yang  berkualitas tentunya akan lebih tahan lama atau awet. Jadi, pada postingan ini akan memberikan rekomendasi kepada kalian kabel antena TV yang terbaik. Simak selengkapnya

 

Cara Memilih Kabel Antena TV yang Bagus

Jika kalian ingin membeli antena TV, maka kalian harus tahu cara untuk memilih kabel antena TV yang bagus. Berikut adalah caranya.

 

  1. Memilih Antena Deret yang Panjang

Pastikan mempunyai deret elemen yang panjang. Dengan semakin panjang deret antenanya, maka akan semakin baik juga daya tangkap sinyalnya. Jangan lupa pemasangan antenanya juga harus tepat ya.

 

  1. Memilih Kabel Antena yang Berkualitas 

Kabel antena TV yang bagus dan berkualitas itu ditandai dengan serabut luarnya yang lebih tebal dan terbuat dari tembaga asli. Jika serabutnya semakin rapat, maka akan semakin bagus juga kualitasnya. Sedangkan bagian dalam kabelnya terbuat dari kawat tembaga yang diamternya sekitar 1 mm.

Keaslian dari sebuah kabel antena bisa kalian lihat dengan cara mengupas ujung kabel konduktor dengan pisau ataupun gunting. Jika warna tembaga nya kuning kecoklatan itu tanda nya kabel tersebut asli. Tapi jika ada kabel yang berserabut luarnya tipis dan dibungkus dengan bahan aluminium foil itu tandanya kabel tersebut berkualitas rendah.

 

  1. Ketahui Jenis TV yang Kalian Gunakan

Jenis televisi yang kalian gunakan juga sangat mempengaruhi tipe antena yang paling tepat untuk kalian  gunakan. Biasanya TV LCD atau LED tidak maksimal dalam menangkap sinyal sehingga antena TV yang cocok untuk TV tersebut adalah antena yang berukuran sedang hingga besar. Sementara untuk TV tabung hanya menggunakan antenna yang lebih kecil saja sudah cukup karena mempunyai daya tangkap sinyal yang lebih baik dibandingkan TV LCD/LED.

 

  1. Memilih Kabel Coaxial

Kabel coaxial merupakan salah satu komponen yang akan menentukan kualitas dari sebuah antena TV.  Fungsi dari kabel ini yaitu sebagai jaringan yang menghubungkan transmisi perangkat elektronik. Karena itulah, kalian harus memilih kabel coaxial yang punya jumlah serabut banyak dan juga punya kawat konduktor yang lebih tebal. Meski harganya sedikit lebih mahal, tapi daya tangkap sinyalnya lebih baik.

 

  1. Perhatikan Besaran Diameternya

Yang perlu kalian perhatikan selanjutnya dalam memilih sebuah antena TV adalah besaran diameternya. Untuk kebutuhan antena TV biasanya menggunakan ukuran 3C dan 5C. Untuk ukuran 3C sendiri  panjangnya sekitar 10 meter dan kabel 5C panjangnya bisa sekitar 20 hingga 30 meter. Biasanya untuk instalasi CCTV menggunakan ukuran diameter 7C yang panjang nya sekitar 50 meter. Kalian disarankan memilih ukuran 3C jika lokasi kalian ditempat yang tinggi dan tidak jauh dari sumber pemancar.

 

  1. Perhatikan Koefisien Parameternya

Yang terakhir harus kalian perhatikan adalah koefisien parameter penuaan atau kata lainnya adalah daya tahan. Kabel antena yang bagus itu harus punya koefisien atensi yang rendah dan impedansinya adalah 75 ohm. Kabel coaxial yang digunakan pada antena saat berada ditempat-tempat yang mempunyai indikator interfensi elektromagnetik akan mempengaruhi kualitas dari sinyal yang dipancarkan. Jadi, disarankan parameter harus mempunyai koefisien atenuasi yang serendah mungkin.

 

Rekomendasi Kabel Antena TV Terbaik

Jika kalian sedang mencari kabel antena TV yang bagus, berikut Teknowarta akan memberikan rekomendasi kabel antena TV yang terbaik. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di tempat kalian berada.

 

  1. Kabel Antena TV Jack Compression

Kabel yang pertama adalah Jack Compression. Kabel ini berukuran 15 meter dan hadir untuk menunjang kualitas dari gambar siaran agar lebih jernih. Kabel jenis ini mempunyai banyak serabut luar jadi bisa untuk meminimalisir terjadinya kebocoran sinyal. Kabel ini juga mempunyai selubung yang bisa tahan cuaca panas maupun hujan. Jadi, kabel ini bisa bertahan saat kalian gunakan di indoor maupun outdoor. Kalian juga bisa menggunakan kabel ini untuk parabola first media karena sudah dilengkapi dengan F connector. Sementara untuk impendasinya sekitar 75 ohm yang sama saja dengan antena berkualitas lainnya.

 

  1. Kabel Antena TV Kitani 3C

Selanjutnya adalah kabel Kitani 3C. Kabel Kitani jenis 3C mempunyai panjang sekitar 10 meter yang terbuat dari bahan tembaga murni dengan tebalnya 1mm. Karena masuk kedalam rekomendasi, tentunya kabel ini mempunyai kualitas yang tinggi sehingga tidak mudah putus dan tahan lama. Kulit dari kabel ini terbuat dari bahan PVC dengan bahan baku yang murni sehingga sangat aman dan bisa bertahan dari kondisi cuaca.

Kawat tembaga murni ini berfungsi sebagai konduktor yang baik dan mempunyai resistansi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan besi dan aluminium. Sementara untuk insulatornya terbuat dari bahan polyethelene yang dicampurkan dengan carbon black yang bisa membantu untuk meredam sinyal TV keluar dari kawat inti. Lalu carbon black akan memantulkan kembali sinyal ke kawat inti sehingga tidak terjadi sinyal bocor dari insulatornya. Bahan dari kulit kabelnya terbuat dari bahan PVC sehingga di berbagai jenis cuaca akan tetap aman.

 

  1. Kabel Antena TV Bervin

Rekomendasi kabel antena TV selanjutnya datang dari salah satu perusahaan yang dimana perusahaan ini memproduksi kabel TV dengan kualitas yang bagus. Dikarenakan impedensinya sekitar 75 ohm, maka kabel ini sangat mendukung dalam bentuk sinyal digital dan analog.

Sementara colokannya terbuat dari plug berbahan kuningan yang berlapiskan chrome sehingga awet, tidak mudah teroksidasi dan tidak gampang putus karena terbuat dari bahan yang tahan akan gesekan. Dengan tembaga murni yang disematkan pada kabel ini, maka akan menghantarkan gambar yang lebih jernih. Kabel ini mempunyai panjang sekitar 10 meter dengan frekuensi maksimum sebesar 75 Ghz.

 

  1. Kabel Antena Aoki AT3000

Kalian ingin kabel antena dengan diameter yang lebih kecil? Maka Aoki AT3000 ini adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Kalian bisa memilih jenis kabel 3C yang ukurannya sekitar 15 meter. Kabel ini juga mempunyai impedansi sebesar 75 ohm dan bisa juga digunakan untuk 2 TV sekaligus.

Kabel ini telah didesain khusus untuk menerima sinyal terrestrial broadcasting. Dengan desain dan modelnya yang menarik maka akan bekerja sangat baik dalam Set Top Box (STB) Digital kalian. Kabel ini juga mempunyai keuntungan lain yaitu bisa bertahan terhadap diberbagai jenis cuaca.

 

  1. Kabel Antena TV Tanaka

Kabel selanjutnya dari merek perusahaan Tanaka. Kabel yang panjangnya sekitar 20 meter ini mempunyai kemampuan transmisi datanya yang sangat baik. Jadi jika kalian menggunakan kabel ini, maka kalian sudah tidak membutuhkan bantuan dari booster untuk memperkuat sinyal. Dengan terbuat dari tembaga murni yang resistansi nya rendah, maka membuat kabel ini mampu menghasilkan gambar jernih yang bebas dari gangguan.

Untuk plug kuningannya telah dilapisi dengan bahan chrome yang tidak mudah karatan, jadi bisa menjaga plug tetap prima meskipun sering digunakan berulang kali. Keuntungan lain yang bisa  ditemukan dengan menggunakan kabel ini yaitu bisa untuk menangkap siaran komunikasi radio, ccTV, dan juga parabola.

 

  1. Kabel Antena TV Kitani 5C-2V

Kabel antena TV yang bermerek Kitani ini mempunyai kualitas terbaik yang sudah terkenal dengan kabel antena kualitas premium nya. Dengan dilengkapi bahan tembaga murni berserabut tembaga dan pelapis ganda, maka akan sangat memungkinkan untuk menerima sinyal yang lebih kuat.

Kalian tidak perlu lagi mencari konektor tambahan karena Kitani 5C sudah dilengkapi dengan konektor professional plug yang kuat. Kalian bisa menemukan keuntungan lain dari kabel ini yaitu kabel mampu menerima sinyal TV digital dan analog lebih bagus meskipun tanpa booster sekalipun. Sementara impedansinya sekitar 75 ohm, mempunyai selubung aluminium foil dan tentunya cocok sekali digunakan untuk semua jenis antena.

 

  1. Kabel Antena TV Maxtron

Kabel antena Maxtron ini mempunyai kualitas bahan yang tinggi. Dengan panjang 20 meter dan terbuat dari tembaga murni dan pelapis ganda yang berkualitas. Maka jenis kabel ini bisa digunakan untuk berbagai jenis TV, seperti TV LCD, TV Plasma, smart TV hingga TV tabung.

Tak hanya itu saja, kabel ini juga bisa diguanakn untuk perangkat CCTV dan receiver parabola. Karena sudah dilengkapi dengan konektor professional plug yang bisa disambungkan ke TV, maka kalian tidak perlu lagi mencari konektor tambahan. Untuk impedansinya sama seperti kabel antena berkualitas tinggi lainnya yaitu sebesar 75 ohm.

 

  1. Kabel Antena Belden RG 6

Jika dibandingkan dengan kabel antena yang lain, Belden RG 6 ini mempunyai kandungan tembaga yang lebih tinggi. Dengan kandungan tembaga yang tinggi, maka pengiriman video untuk jarak jauh akan sangat baik. Kabel antena Belden RG 6 juga bisa digunakan untuk transmisi video pada jarak yang sedang.

Insulasi aluminium foil dan PVC Jacket disematkan dalam kabel ini sehingga pada saat transmisi data tidak terganggu oleh Noise yang disebabkan oleh peralatan listrik dan kabel-kabel lainnya. Karena itulah  Belden RG 6 menjadi pilihan yang tepat dalam mendukung kejernihan gambar TV kalian.

Lapisan terluar dari kabel ini juga tahan terhadap segala cuaca jadi bisa dijamin akan tahan lama bisa mencapai 10 tahun. Sementara untuk inti tembaga diameternya sekitar 1mm dengan serabut luar yang banyak yang tujuan nya untuk mencegah sinyal mengalami kebocoran.

 

  1. Kabel Antena TV Shinhwa

Kali ini, rekomendasi kabel antena TV dari merk Shinhwa yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan terbuat dari bahan tembaga yang murni, berserabut tembaga dan juga pelapis gAnda,  menjadikan kabel jenis yang satu ini dapat menerima sinyal dengan bagus tanpa bantuan dari booster.

Denagn bahannya yang kuat, serta bisa bertahan lama meskipun berada di outdoor maupun indoor sekalipun. Coaxial cable juga merupakan material yang digunakan sehingga lebih lentur dan flexible. Selain itu kalian juga sudah tidak perlu mencari kokektor lagi karena konektornya sudah profesional.

 

  1. Kabel Antena TV Intracom

Kabel yang terakhir adalah kabel antena Intracom. Kabel ini cocok sekali digunakan karena kualitasnya yang tinggi dan tentunya terbuat dari bahan tembaga murni. Dan untuk serabut kabelnya terbuat dari bahan tembaga yang sudah pasti berpelapis gAnda.

Kalian tidak perlu khawatir lagi karena, kabel ini telah dilengkapi dengan konektor professional plug. Kabel intracom mempunyai impedansi 75 ohm yang sama saja dengan kabel antena berkualitas lainnya. Dan kabel intracom ini sudah pasti tahan lama, dan tidak gampang rusak meskipun di outdoor maupun indoor.

 

Cara Memasang Kabel Antena TV

Jika kalian sudah menemukan kabel yang sesuai dengan kebutuhan kalian, maka kalian juga harus tahu cara untuk memasangnya. Berikut adalah cara memasang kabel antena TV yang benar.

  • Pertama-tama kupaslah kulit kabel menggunakan pisau atau apapun sampai kedalaman kurang lebih 1.5 cm. Pastikan isolatornya sudah terkelupas tanpa ada sisa.
  • Jika sudah mulai kelihatan bagian serabutnya, maka satukan seluruh serabut kabel antena dengan cara di pelintir. Setelah itu kendurkan baut pada port jacknya supaya pemasangannya jadi lebih mudah.
  • Kemudian kalian masukkan kabel tengah inti tembaga dengan isolatornya yang berwarna putih. Untuk bagian serabutnya, cukup kalian lilitkan saja ke bagian luar dan solder, Pastikan juga bahwa serabut dan kabel inti tembaga tidak saling bersentuhan.
  • Selanjutnya hubungkan setiap konektor dengan tepat sesuai. Perhatikan jarak gulungan antara antena dan booster berkisar 1,5 meter supaya transmisinya bisa berjalan dengan kuat dan lancar.
  • Dan jangan lupa untuk memasang antena yang tidak lebih dari 15 meter.

Sedikit tambahan informasi, kalian bisa menggunakan sinyal booster jika stasiun pemancar TV nya jauh dari lokasi kalian tinggal. Sinyal booster menggunakan kabel penghubung, jadi akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus dan jelas. Kalian harus tahu bahwa penerimaan TV tidak akan maksimal jika menabrak sebuah gedung. Tapi jangan khawatir, kalian bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan tiang penyangga antena yang tingginya melebihi gedung tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.