Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan – Sebenarnya di pasar sendiri atau disekitar masyarakat sudah ada banyak jenis-jenis obat untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya seperti kambing yang tidak mau makan karena nafsu makannya tidak bagus. Tergantung bagaimana obat nafsu makan kambing yang diberikan.

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Biasanya kambing yang tidak mau makan dikarenakan kurang nutrisi. Hal ini juga berkaitan dengan kambing kurus. Perlu kalian ketahui, kambing merupakan salah satu hewan ternak produksi.

Produksi kambing yang diambil sebagai hasil usaha yaitu daging dan juga susunya untuk jenis kambing etawa dan kambing peranakan etawa.

Kambing dikelompokan dalam hewan ruminansia atau hewan memamah biak. Tetapi, kambing masuk dalam kategori hewan ruminansia yang kecil. Jadi, kambing ini mempunyai lambung majemuk.

Kambing ini sangat dibutuhkan masyarakat, baik itu untuk aqiqah maupun buruan saat hari raya Idul Adha sewaktu qurban. Di Indonesia harga hewan qurban beraneka ragam, begitu juga dengan harga hewan qurban kambing, tentunya gemuk kurusnya juga sebagai salah satu syarat untuk berqurban.

Tapi persoalannya saat ini adalah kambing yang kurus dan kambing yang tidak mau makan, lalu bagaimana cara untuk mengobatinya?

Pertama, yang bisa kalian lakukan yaitu memperbaiki kebutuhan makan si kambing terlebih dahulu. Harus kalian ketahui, bahwa kebutuhan kambing sebagai hewan ruminan, makanan utamanya adalah berupa serat atau hijau-hijauan, baik sejenis rumput, dedaunan, kacan-kacangan yang kaya akan sumber protein.

Dan yang selanjutnya juga dibutuhkan makanan tambahan yang kaya akan sumber nitrogen atau protein bagi tumbuh kembang si kambing. Karena kambing yang kurus dan tidak nafsu makan, biasanya akibat gangguan dari pertumbuhan kambing yang kekurangan nutrisi dalam pakan.

Baik jumlah gizi dalam pakan yang rendah yang selama ini kerap diberikan kepada ternak kambing. Selain itu, bisa juga akibat dari gangguan pertumbuhan kambing itu seperti gangguan penyerapan nutrisi oleh si kambing yang dipacu oleh beberapa hal, seperti infestasi cacing (kecacingan), infestasi kutu, dan lain-lainnya.

Dan bahkan, kekurangan beberapa vitamin dan mineral esensial juga bisa menghambat pertumbuhan dari kambing. Jadi, kebutuhan-kebutuhan nutrisi dan vitamin itu harus bisa tercukupi dengan baik.

Contohnya, pada saat kasus perkawinan sedarah atau incest atau inbreeding yang memungkinkan untuk munculnya keturunan dengan kualitas yang tidak baik, jadi terkadang hewan akan terlahir cacat, lambat tumbuh, kerdil, dan lain sebagainya.

Jadi solusi-solusi di atas seharusnya bisa kalian laksanakan, dari ketersediaan pakan yang bernutrisi baik, vitamin dan juga mineral yang tercukupi, serta terakhir rajin-rajin konsultasikan ke dokter hewan atau siapa saja yang dianggap bisa menangani persoalan ternak kambingnya.

 

Kata Kuncikambing tidak mau makan -

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …