Tombol Power HP Rusak? Begini Cara Mengatasinya

Terjadinya kerusakan pada Smartphone itu sudah sering dan umum terjadi. Biasanya, kerusakan yang terjadi yaitu tombol Power pada HP rusak, entah itu karena menekannya terlalu keras atau memang dari casing HP yang bermasalah. Lantas bagaimanakah cara untuk menghidupkan HP tanpa tombol Power?

Kamu tidak perlu khawatir karena teknowarta telah menyiapkan cara untuk mengatasi masalah tombol tersebut. Caranya juga sudah pasti mudah, dan kamu tidak perlu merogohh kocek untuk mengatasi masalah tombol Power tersebut.

Jika kamu penasaran dengan informasi lengkap tentang caranya, maka kamu bisa langsung menyimak ulasan cara mengatasi tombol power HP rusak yang ada dibawah ini.

Baca Juga : 

Penyebab Tombol Hp Rusak

Penyebab Tombol Power hp rusak

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki tombol hp yang rusak, sebaiknya pahami terlebih dulu faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada tombol hp. Ada beberapa penyebab utama tombol ponsel rusak, berikut diantaranya :

Guncangan atau benturan yang kuat : Tombol ponsel dapat rusak jika ponsel terjatuh atau terkena benturan yang kuat. Benturan atau hp terjatuh pada posisi yang tidak tepat dapat menyebabkan komponen bergeser, lepas, dan rusak. Benturan tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan pada tombol hp saja, bahkan lebih parah bisa menyebabkan hp mati total.

Kerusakan akibat air : Tombol ponsel dapat rusak jika ponsel terendam dalam air atau terkena air banyak. Kita tau bahwa air adalah musuh dari komponen elektronik. Komponen elektronik yang terkena air dan tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan korosi dan jamur sehingga bisa menghambat kinerja pada komponen.

Penggunaan yang berlebihan : Tombol ponsel dapat rusak jika terlalu sering dipencet atau digunakan dengan kuat. Biasanya ini juga sejalan dengan umur pemakaian, semakin sering tombol dipencet biasanya akan mengakibatkat keytone yang ada didalam tombol menjadi aus sehingga lama kelamaan tombol menjadi tidak bisa dipencet lagi.

Kegagalan elektronik : Tombol ponsel dapat rusak karena masalah elektronik di dalam ponsel, seperti masalah dengan komponen internal atau konektor. Kerusakan komponen ini tentu saja sangat erat kaitanya dengan penyebab lainya seperti terkena air ataupun terjatuh yang dapat menyebabkan komponen lepas atau bergeser.

Keausan atau kelelahan : Tombol ponsel juga dapat rusak dengan sendirinya seiring waktu, terutama jika digunakan secara terus-menerus.

Bila kamu mengalami masalah dengan tombol ponsel, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Pertama, Anda dapat mencoba membersihkan tombol dengan memakai kuas kecil atau bahan pembersih yang lembut.

Jika masalah terus berlanjut, Anda mungkin perlu menghubungi layanan purna jual atau toko perbaikan ponsel untuk memperbaikinya.

Sebelum kamu memutuskan membawa hp ke tempat service, kamu bisa mencoba langkah ringan ini untuk memperbaiki tombol Hp.

Baca Juga : Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo

Baca Juga : Cara Flash HP Advan 100% Sukses Untuk Semua Tipe

Cara Mengatasi Tombol Power HP Rusak

Memperbaiki tombol power hp rusak

Untuk mengatasi tombol power HP yang rusak, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang ada dibawah ini.

  1. Menggunakan SIM Ejector atau Tusuk Gigi

Kasus tombol power yang rusak itu biasanya karena bagian luar atau cover tombol nya sudah hilang, sehingga hanya menyisakan bagian karet didalamnya saja.

Jika demikian, maka kamu bisa menggunakan benda khusus seperti SIM ejector, tusuk gigi ataupun benda sejenisnya untuk menekan bagian tombol power didalamnya.

Untuk melakukannya, pastikan kamu tidak menggunakan benda yang tajam. Misalkan jika kamu menggunakan tusuk gigi, maka pastikan ujungnya sudah tumpul.

Jika memang tombol powernya masih berfungsi, maka seharusnya bisa diatasi dengan cara ini.

  1. Dengan Menyambungkan Charger atau Powerbank

Cara selanjutnya ini cocok sekali bagi kamu yang tidak mau ribet, karena cara ini hanya perlu mengisi daya Smartphone kamu sesaat saja. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan adapter charger ataupun menggunakan Powerbank.

Dengan menyambungkan charger ke HP, maka akan membuat layar HP menyala secara otomatis. Kemudian tinggal kamu buka layar saja dan HP sudah bisa kamu gunakan.

  1. Menggunakan Tombol Lain Untuk Menyalakan Layar

Cara selanjutnya yaitu dengan mengubah fungsi tombol lain agar berfungsi sebagai tombol power, contohnya menggunakan tombol volume up maupun down.

Tapi sebelum itu, pastikan bahwa kamu membuka layar menggunakan metode pada poin 1 dan 2. Setelah itu, barulah kamu ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama-tama kamu Download dan Install aplikasi Power Button to Volume Button di Play Store.
  • Kemudian kamu tekan Enable/Disable Volume Power hingga icon Gear berubah warna.
  • Setelah itu kamu aktifkan Boot dan Screen Off dengan tombol volume sebagai pengganti power.
  • Jika sudah, silahkan kamu Restart Smartphone kamu.
  • Selanjutnya gunakan tombol volume up atau down sebagai pengganti tombol Power.
  • Tekan Turn Off Screen untuk mematikan layar.
  1. Mengaktifkan Fitur Double Tap to Wake

Selanjutnya kamu bisa juga menggunakan fitur Double Tap to Wake untuk menyalakan HP kamu. Umumnya, fitur ini sudah tersedia di semua HP Android keluaran terbaru.

Dengan cara ini, kamu hanya cukup mengetuk layar dua kali saat layar HP dalam keadaan mati untuk menyalakan layar.

Tapi sayangnya, pada HP Android seri lama fitur ini masih belum tersedia. Tetapi jangan khawatir karena terdapat aplikasi untuk mengatasinya, simak caranya berikut.

  • Pertama-tama silahkan Download dan Install aplikasi Double Tap Screen On and Off di Play Store.
  • Kemudian kamu aktifkan opsi Double tap to Screen On. Tekan OK.
  • Setelah itu aktifkan terlebih dahulu izin Device Administrator-nya.
  • Jika sudah, tekan aplikasi Screen Off untuk mematikan layar.

Catatan: Metode dengan menggunakan aplikasi tersebut tidak berlaku untuk semua tipe HP Android. Jadi, jika tidak berhasil sebaiknya kamu gunakan metode lainnya.

  1. Memanfaatkan Sensor Biometrik

Pada Smartphone Android keluaran terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship, umumnya saat ini telah dilengkpi dengan sensor Biometrik.

Salah satu contoh sensor Biometrik yang paling umum ditemui yaitu sensor Fingerprint/sidik jari. Selain itu, ada juga sensor lainnya seperti Face Unlock hingga Irish Scanner yang juga pernah digunakan.

Di semua merk HP seperti ASUS, Samsung hingga Oppo, semua bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghidupkan HP tanpa tombol Power.

Catatan: Sebagai contoh jika menggunakan HP Xiaomi Redmi 4X yang telah dilengkapi dengan sensor Fingerprint fisik.

  • Pertama-tama kamu buka Settings pada Smartphone kamu.
  • Kemudian kamu pilih opsi Lock Screen & Password.
  • Selanjutnya kamu tekan opsi Add fingerprint. Pilih jenis kunci layar.
  • Silahkan kamu atur PIN/kunci layar. Lalu kamu tekan Got It pada jendela pop-up.
  • Setelah itu ikutilah proses penambahan sidik jari sesuai dengan instruksi.
  • Jika sudah selesai, tinggal kamu tekan saja tombol Done.

Akhir Kata

Faktanya kebanyakan kerusakan pada tombol hp disebabkan oleh kelalaian dari pengguna, untuk itu selalu berhati – hati saat menggunakan ponsel. Apabila kerusakan masih belum teratasi setelah menerapkan cara mengatasi tombol hp rusak diatas, sebaiknya bawa ke service center terdekat untuk mendapatkan penanganan dari yang lebih ahli.

Tombol hp rusak dapat terjadi pada hampir semua tipe dan merk hp seperti samsung, vivo, oppo, xiaomi, infinix, dan bahkan ponsel premium seperti iphone. Nah itulah sedikit pembahsan dari  teknowarta.com, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait