Cara Mengatasi HP Kembali Sendiri Ke Menu Home

Cara Mengatasi HP Kembali Sendiri Ke Menu Home. Mungkin banyak dari pengguna Smartphone pernah mengalami masalah dimana Smartphone kita tiba-tiba sering kembali dengan sendirinya. Tentunya hal ini bisa kita pastikan bahwa ada beberapa masalah yang terjadi pada smartphone kita, sehingga sering kembali dengan sendirinya.

Untuk bisa mengatasinya, maka alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebab mengapa HP ketika sedang digunakan sering kembali ke menu utama sendiri. Untuk lebih jelas lagi mengenai penyebab aplikasi keluar sendiri dan kembali ke menu utama, kalian bisa langsung menyimak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi X8 Speeder Tidak Berfungsi

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Install Aplikasi [SOLVED]

Penyebab HP Sering Kembali Ke Menu Utama Sendiri

Ada banyak faktor penyebab hp Kembali sendiri, bisa disebabkan oleh sistem yang error atau bisa juga karena faktor yang disebabkan dari luar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab hp gerak sendiri.

  1. RAM Penuh

Random Access Memory atau yang lebih sering disebut dengan RAM adalah salah satu penyebab HP sering kembali sendiri. Jika RAM pada ponsel sudah penuh, maka bisa menyebabkan HP sering kembali sendiri. RAM yang penuh ini bisa disebabkan karena terlalu banyak membuka aplikasi, selain itu membuka banyak aplikasi juga bisa membuat Smartphone jadi lag sehingga akan kembali sendiri.

  1. Cache Aplikasi Menumpuk

Penyebab selanjutnya yaitu bisa dikarenakan cache yang menumpuk. Pada saat kita membuat aplikasi pertama kali, maka akan membutuhkan loading yang cukup lama.

Hal tersebut karena sistem akan membuat file aplikasi dan saat aplikasinya dibuka untuk kedua kali dan seterusnya maka prosesnya tidak akan membutuhkan waktu lama, sehingga aplikasi akan terbuka dengan cepat.

  1. Spesifikasi HP Android

Tak hanya terlalu banyak menjalankan aplikasi, adapun penyebab lainnya mengapa HP sering kembali sendiri yaitu karena spesifikasi HP Android nya sendiri yang dibawah standart. Jika spesifikasi HP Android kalian terbilang rendah, maka sebaiknya kalian menggunakan aplikasi yang seperlunya saja.

  1. Masalah pada touchscreen

Penyebab Hp sering Kembali ke menu utama sendiri tidak hanya dikarenakan oleh sistem atau aplikasi yang error. Seringkali touchscreen yang error juga menjadi biang masalah ini. Biasanya dikarenakan hp yang sering jatuh, atau sering terkena air pada bagian layer.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android

Baca Juga : Cara Mengatasi Nomor Hp di Hack

Cara Mengatasi HP Sering Kembali Sendiri

Jika sudah mengetahui beberapa penyebabnya diatas tadi, maka selanjutnya adalah mengetahui cara untuk mengatasi HP yang sering kembali sendiri, berikut caranya :

  1. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cara pertama yaitu dengan menghapus data dan cache beberapa aplikasi supaya penyimpanan pada HP jadi lega. Cara yang satu ini lebih efektif karena bisa untuk mengatasi HP yang sering kembali sendiri. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Petama-tama kalian masuk ke menu Setting.
  • Kemudian kalian pilih aplikasi atau manajer aplikasi.
  • Setelah itu, kalian tinggal pilih aplikasi yang akan kalian hapus atau aplikasi yang sudah tidak digunakan.
  • Dan terakhir kalian pilih Hapus Cache dan Data.
  1. Restart HP Ke Pengaturan Pabrik

Cara selanjutnya yaitu dengan restart HP ke pengaturan pabrik, cara ini bisa kalian lakukan jika cara pertama tidak berhasil. Cara untuk merestartnya yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan kalian masuk ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Kemudian kalian scroll ke bawah lalu cari opsi BackUp dan Reset.
  • Setelah itu, kalian klik Factory Data Reset.
  • Centang yang kalian anggap benar.
  • Kemudian silahkan untuk klik Reset Device.
  • Jika sudah, tunggulah sampai proses selesai kurang lebih 3 – 10 menit.
  • Dan setelah prosesnya selesai, maka HP akan restart dengan sendirinya.
  1. Gunakan Launcher / Tema Yang Ringan

Untuk mengatasi penyebab HP yang sering kembali yaitu bisa dengan memilih Launcher yang ringan. Tak hanya itu, Launcher juga seringkali mengalami error sehingga dapat membuat kinerja Smartphone kita jadi tidak stabil. Selain itu, Smartphone kita juga akan sering mengalami kembali sendiri.

  1. Cek Touchscreen atau bawa ke Tempat Service Handphone

Kemudian jika hp sering Kembali ke menu utama sendiri atau hp gerak sendiri dikarenakan touchscreen yang Sudah error, sebaiknya ganti dengan yang baru atau bawa ke tempat service handphone terpercaya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo

Baca Juga : Cara Cek HP Infinix Ada Kerusakan Atau Tidak

Akhir Kata

Itulah beberapa cara singkat dan mudah untuk mengatasi Hp yang sering keluar ke menu utama sendiri atau layar bergerak sendiri. Jika setelah melakukan semua Langkah diatas masih error, bawa hanphone ke tempat service terpercaya.