Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo

Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo

Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo – Pada sebuah Smartphone, speaker merupakan salah satu komponen yang penting. Dimana dengan adanya speaker ini kita bisa mendengarkan suara baik itu music, telepon, video, alarm dan lain-lainnya. Sebenarnya letak speaker ini berada didalam namun ada lubang dibagian luarnya. Nah, pada lubang speaker inilah yang sering kotor karena kemasukan debu atau kotoran lainnya.

Selain speaker sebenarnya masih ada beberapa komponen lain seperti lubang charger yang sebenarnya bisa juga kemasukan kotoran atau debu. Tetapi pada lubang charger ini tidak secara langsung masuk karena ada penutupnya, sedangkan untuk lubang speaker hanya terdiri dari penutup jaring kecil didalam. Jadi, jika kemasukan air, kotaran atau debu maka suara bisa saja terganggu.

Jika komponen yang satu ini sudah bermasalah, tentunya perlu untuk diganti, tetapi sebelum hal ini terjadi sebaiknya kalian mencegahnya yakni dengan rajin-rajin membersihkannya agar tetap bagus suaranya dan tidak ada gangguan. Untuk cara membersihkannya sendiri terbilang mudah, daripada penasaran, lebih baik langsung kalian simak saja penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Membersihkan Speaker Pada HP Vivo

Bagi kalian yang ingin untuk membersihkan speaker pada HP Vivo agar suaranya tetap bagus dan tidak terganggu. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan speaker pada HP Vivo yang bisa kalian lakukan.

  1. Menggunakan Cotton Buds

Cara pertama yaitu membersihkan dengan Cotton Buds. Alat berbentuk kecil yang biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran pada telinga ini bisa juga digunakan untuk membersihkan speaker HP yang kotor.

Trending :  Cara Mengecek Penggunaan Data di HP Vivo Semua Tipe

Untuk caranya sangatlah mudah, kalian cukup mengoreknya saja secara perlahan-lahan. Cotton Buds ini juga bisa kalian gunakan untuk membersihkan bagian speaker tertentu dan untuk mengambil kotoran yang ada didalamnya.

Cara ini bisa kalian gunakan untuk HP Vivo tipe-tipe lama atau yang jenis baterainnya bukan jenis baterai tanam. Karena, lubang speakernya cukup besar, berbeda dengan jenis baterai tanam yang lubangnya lebih kecil.

  1. Menggunakan Selotip atau Lakban

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan selotip atau lakban. Cara ini terbilang mudah dan paling banyak digunakan karena peralatan dan bahannya yang simpel.

Untuk caranya kalian tinggal mengambil beberapa selotip yang sudah disiapkan, kemudian tempelkan pada speaker. Lalu tekan dan tunggulah hingga beberapa menit untuk kemudian kalian cabut, setelah dicabut maka kotoran akan sedikit demi sedikit terbawa oleh selotip.

Lakukanlah cara tersebut secara terus menerus, yang terpenting kalian harus teliti dan berhati-hati dalam melakukannya sampai benar-benar bersih. Jika kalian menggunakan lakban, maka cara untuk menggunakannya juga kurang lebih sama saja dengan menggunakan selotip.

  1. Menggunakan Kain Lembut

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan kain lembut atau kain yang mempunyai serat dan permukaan yang halus dan tidak kasar. Cara yang satu ini mungkin akan terdengar sedikit aneh, karena jika dipikir-pikir akan kurang maksimal untuk membersihkan speaker HP.

Tetapi dengan menggunakan kain lembut ini akan membantu kalian untuk membersihkan bagian-bagian lubang didalam chasingnya. Agar lebih leluasa dalam membersihkannya, kalian bukalah terlebih dahulu chasingnya.

  1. Menggunakan Magnet

Selanjutnya yaitu cara membersihkan dengan magnet. Cara ini tak hanya bisa digunakan pada HP Vivo saja, melainkan pada HP Android lainnya juga bisa. Perlu kalian perhatikan bahwa pada kasus ini hanya mengambil sebagian kotoran saja, karena magnet akan berlawanan dengan magnet speaker.

Trending :  Cara Membuat Tema & Font Berbayar VIVO Menjadi Gratis

Namun cara ini perlu kalian coba karena jika kalian menggunakan magnet yang besar maka daya tariknya juga akan lebih besar. Sehingga, kalian bisa menarik kotoran pada speaker HP Vivo kalian dengan baik dan semua kotorannya terbawa.

  1. Menggunakan Jarum

Cara selanjutnya atau cara yang terakhir yaitu menggunakan jarum untuk membersihkan speaker. Sebagian orang pasti sudah tahu kalau jarum ini bisa digunakan untuk membersihkan speaker pada HP Vivo dan HP Android yang lainnya.

Meski terbilang mudah, tetapi resiko yang ditimbulkan juga cukup besar. Jadi, untuk membersihkan speaker dengan jarum ini perlu kehati-hatian. Agar lebih baik lagi, sebaiknya kalian gunakanlah jarum yang sudah dalam keadaan tumpul agar tidak merusak bagian dalam speaker HP kalian.

Jika kalian ingin hasil yang lebih optimal, maka kalian bisa menggunakan kain pada ujung jarum tersebut dan lakukanlah secara terus-menerus dengan seksama dan jangan lupa untuk berhati-hati agar hasilnya maksimal.

Akhir Kata

Cara membersihkan speaker pada hp diatas juga bisa digunakan untuk merk hp lain seperti oppo, samsung, dan hampir semua merk hp bisa. Perlu diingat, membersihkan speaker harus dengan perlahan, karena apabila tida berhati – hati dapat membuat sobek lapisan speaker. Selamat mencoba !!

 

Check Also

Cara Download Video Di Wetv

Cara Download Video Di Wetv

Cara Download Video Di Wetv – Pesatnya perkembangan dunia perfilm di Indonesia menjadi dongkrak untuk munculnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.