Can’t Connect to this Network, Begini Cara Mengatasinya [100% Sukses]

Can’t Connect to this Network – Saat ini, Internet merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak dapat tergantikan. Entah itu pengguna Smartphone, Komputer, Laptop atau perangkat sejenisnya, semuanya membutuhkan koneksi Internet.

Tapi bagi pengguna PC/laptop, mereka terkadang mengalami masalah dimana mereka tidak dapat menghubungkan laptop mereka ke jaringan WiFi maupun Hotspot.

Saat masalah tersebut terjadi, akan muncul sebuah pesan error Can’t connect to this Network. Dengan demikian, maka pengguna pun tidak dapat terhubung dengan jaringan WiFi.

Munculnya masalah error tersebut bisa disebabkan karena beberapa alasan, seperti kesalahan pada konfigurasi, masalah driver atau bisa juga karena terbatasnya akses ke WiFi yang bersangkutan.

Masalah error ini memang seringkali ditemukan pada Windows 10, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa masalah ini juga bisa terjadi pada Windows 7 atau 8. Untuk lebih jelasnya mengenai masalah Can’t connect to this Network pada PC/laptop, kalian bisa simak penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Getting Windows Ready, don’t turn off your Computer

Penyebab Can’t connect to this Network

Masalah Can’t connect to this Network bisa disebabkan karena beberapa alasan. Agar lebih jelas, silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

  1. Koneksi WiFi / Hotspot dibatasi

Dalam kondisi tertentu, masalah ini bisa saja muncul karena pihak penyedia WiFi/Hotspot yang telah membatasi koneksi antar perangkat. Pasalnya, tidak semua WiFi dapat digunakan oleh masyarakat umum atau publik.

  1. Adapter WiFi dalam keadaan disable

Adapter WiFi yang msaih dalam keadaan disable juga bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Karena itulah, pastikan untuk mengecek fitur Network Connections.

  1. Driver Network tidak terinstall, hilang, atau error

Jika Driver Network pada laptop kalian bermasalah, maka jangan heran jika nantinya kalian akan menemukan masalah saat mengakses jaringan WiFi. Jadi untuk memastikannya kalian bisa mengeceknya melalui Device Manager.

  1. ISP mengalami gangguan / bermasalah

Permasalahan pada WiFi memang tidak hanya disebabkan oleh kegagalan perangkat komputer/laptop saja, melainkan kalian juga bisa dikarenakan ISP yang sedang bermasalah/gangguan. Jika demikian, maka kalian bisa menghubungi provider bersangkutan.

  1. Kesalahan Pengaturan Jaringan

Saat salah dalam mengatur jaringan seperti pengaturan Proxy, Alamat IP (Internet Protocol) dan sejenisnya juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut. Atau, bisa juga dikarenakan ada beberapa pengaturan default yang kalian ubah sehingga WiFi pun jadi tidak terhubung.

Baca Juga : Begini Cara Menjalankan CHKDSK Pada Windows 10

Cara Mengatasi “can’t connect to this network”  Wifi Windows

Jika kalian mengalami masalah tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Restart PC / laptop

Restart laptop atau PC

Saat mengalami masalah tidak bisa connect ini, sebaiknya kalian jangan terlalu gegabah dalam merubah setelan jaringan komputer. Karena, masalah ini bisa terjadi karena service sistem yang tidak berjalan dengan baik atau sedang bertabrakan. Metode ini memang hanya bersifat sederhana. Tetapi dalam beberapa kasus tertentu melakukan restart dapat memperbaiki masalah tidak bisa connect WiFi.

  1. Pastikan Penyedia WiFi Tidak Membatasi Perangkat

Cara selanjutnya yaitu memastikan bahwa sang penyedia jaringan WiFi/Hotspot tidak membatasi perangkat. Karena, munculnya pesan error tersebut disebabkan karena sang penyedia jaringan membatasi koneksi antar perangkat.

Hal ini bertujuan agar perangkat yang terkoneksi tidak terlalu banyak, sehingga dapat meminimalisir koneksi internet jadi lambat/lemot.

Tetapi kondisi seperti ini biasanya sangat jarang terjadi, kecuali jika ditempat seperti café, kantor, mall atau mungkin pemilik Hotspot memang telah mengatur agar jaringan WiFi tersebut hanya bisa digunakan untuk beberapa pengguna saja. Contohnya hanya untuk karyawan kantor, pegawai café atau yang lainnya.

  1. Cek Status ISP yang Digunakan

Cara berikutnya yaitu dengan mengecek apakah provider internet yang kalian gunakan sedang gangguan atau tidak. Karena masalah ini tidak hanya disebabkan karena perangkat PC/laptop yang bermasalah.

Melainkan bisa juga disebabkan karena provider internet yang sedang gangguan.

Untuk memastikan apakah provider sedang bermasalah atau tidak itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Contohnya seperti mengeceknya dengan perangkat lain (Smartphone/tablet), bertanya kepada pengguna yang menggunakan provider sama atau menghubungi secara langsung pihak provider yang bersangkutan.

  1. Cek Power Saver Pada WiFi

Cek Power Saver Pada WiFi

Jika mengalami masalah tidak bisa connect WiFi, maka pastikan bahwa pengaturan Power Saver pada adapter WiFi kalian dalam keadaan nonaktif. Itu karena, fitur Power Saver pada WiFi tersebut berfungsi untuk mematikan WiFi saat kondisi baterai laptop melemah. Sehingga dapat mengakibatkan kegagalan ketika menghubungkan WiFi. Untuk menonaktifkannya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama kalian cari dan buka Control Panel pada Windows Search lalu pilih Network and Internet.
  • Kemudian klik Network and Sharing Center lalu klik Change adapter settings.
  • Setelah itu, kalian klik kanan pada Adapter WiFi dan pilih Properties lalu klik Configure.
  • Jika sudah, silahkan klik tab Power Management dan hilangkan centang pada keterangan “Allow the computer to turn off this Service to save power” lalu klik OK.
  • Sekarang kalian tinggal restart perangkat untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : Copy Paste di Windows 10 Error? Inilah Cara Mengatasinya

  1. Restart WiFi Adapter

disable wifi

Selanjutnya yaitu dengan melakukan restart WiFi Adapter. Dengan metode ini, maka kemungkinan masalah tidak bisa connect WiFi bisa teratasi. Karena itu, untuk mengatasinya kalian ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama silahkan cari dan buka Control Panel pada Windows Search lalu pilihlah Network and Internet.
  • Kemudian klik Network and Sharing Center lalu klik Change adapter settings.
  • Setelah itu kalian klik kanan pada Adapter WiFi lalu pilih Disable.
  • Jika sudah, tunggulah beberapa saat dan kemudian klik kanan Adapter WiFi kembali lalu klik Enable.
  • Terakhir, coba kalian hubungkan kembali ke jaringan WiFi yang kalian inginkan.
  1. Coba re-connect Jaringan WiFi  

reconect wifi

Jika dengan cara sebelumnya masih belum berhasil, maka cara selanjutnya yaitu dengan re-connect jaringan WiFi. Cara melakukan metode ini yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat hingga beberapa saat, lalu mematikannya kembali. Lalu dilanjutkan dengan melupakan jaringan yang disambungkan, ini bertujuan untuk memperbarui preferensi jaringan WiFi.

Baca Juga : Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Komputer / Laptop Windows

Aktifkan Mode Pesawat

  • Pertama, silahkan kalian klik ikon jaringan WiFi pada Taskbar.
  • Kemudian kalian klik Mode Pesawat dan biarkan selama beberapa saat.
  • Jika sudah, matikan kembali Mode Pesawat tersebut.

Lupakan Jaringan WiFi

  • Setelah itu, silahkan klik ikon jaringan pada Taskbar laptop kalian.
  • Selanjutnya kalian klik kanan pada jaringan WiFi lalu pilih Forget.
  • Jika sudah, maka coba kalian sambungkan kembali jaringan WiFi tersebut.

Catatan: Dalam kondisi seperti ini, pastikan juga bahwa tombol WiFi di laptop kalian telah diaktifkan.

  1. Reset Network Settings

Jika memang diperlukan, maka kalian bisa juga melakukan Reset Network. Dengan demikian, maka kalian akan menghapus semua preferensi jaringan yang sebelumnya telah diatur dan memasang ulang komponen adapter jaringan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama klik ikon Start menu pada Taskbar laptop kalian.zzz
  • kemudian klik Settings dan pilih Network & Internet lalu klik Status.
  • Setelah itu, silahkan scroll kebawah dan klik Network Reset lalu klik Reset Now.
  • Selanjutnya klik Yes, untuk mengkonfirmasi Network reset.
  • Jika sudah, kalian restart komputer/laptop kalian.
  1. Jalankan Network Troubleshooter

Metode selanjutnya yang bisa kalian gunakan yaitu dengan Network Troubleshooter. Fitur ini berfungsi untuk menjalankan diagnose dan perbaikan jika terdapat masalah jaringan pada komputer/laptop kalian.

Setelah proses perbaikan selesai, biasanya kalian dapat melihat letak permasalahan jaringan WiFi. Walaupun tidak menjamin berhasil, tapi apa salahnya jika kalian mencobanya.

  • Pertama-tama silahkan kalian klik ikon Start menu pada Taskbar laptop kalian.
  • Kemudian kalian klik Settings dan pilih Network & Internet lalu klik Status.
  • Selanjutnya pada bagian Advanced Network settings, kalian klik Network troubleshooter.
  • Jika sudah, maka akan tampil dialog Network Adapter, dan silahkan pilih WiFi lalu klik Next.
  • Tunggulah beberapa saat proses diagnosa dan perbaikan.
  • Setelah itu, kalian bisa coba hubungkan kembali ke jaringan WiFi.
  1. Atur Ulang Konfigurasi Jaringan

Masalah tidak bisa connect ini juga terkadang disebabkan karena kesalahan konfigurasi jaringan yang secara tidak sadar kita tidak mengetahui keberadaannya.

Untuk memperbaiki kesalahan jaringan tersebut, adapun metode yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mengatur ulang jaringan secara menyeluruh melalui Command Prompt, untuk caranya yakni sebagai berikut.

netsh winsock reset
netsh int ip reset
ipconfig /release
ipconfig /renew
ipconfig /flushdns

Baca Juga : Dijamin Aman! Begini Cara Masuk ke Google Com SG (Singapura)

  • Pertama-tama kalian klik ikon Start menu pada Taskbar.
  • Kemudian kalian ketikkan command pada Windows Search, lalu klik kanan Command Prompt dari hasil pencarian dan pilihlah Run as administrator.
  • Jika sudah, ketikkan perintah di atas satu per satu dan diakhiri dengan menekan Enter.

Jika kalian ingin mengetahui barisan perintah dalam CMD tersebut, maka kalian bisa simak tabel dibawah ini.

Perintah Keterangan
netsh winsock reset Mengembalikan konfigurasi Windows soket menjadi default
netsh int ip reset Reset konfigurasi TCP/IP dan mengubahnya ke dalam kondisi default
ipconfig /release Menghapus konfigurasi IP sekarang
ipconfig /renew Membuat konfigurasi IP baru
ipconfig /flushdns Membersihkan DNS cache

 

  1. Update Driver Network

update driver wireless

Penyebab munculnya masalah tersebut ternyata juga bisa dikarenakan driver yang sudah rusak, usang atau tidak terinstall. Jadi, pastikan terlebih dahulu driver netword pada laptop kalian.

Jika driver sedang bermasalah, maka akan terlihat tanda seru berwarna kuning. Jika tidak mengalaminya, maka kalian hanya perlu memperbarui driver Network Laptop kalian saja dengan cara mengikuti cara berikut.

  • Langkah pertama, silahkan kalian klik kanan pada Start menu lalu pilih Device Manager.
  • Kemudian kalian lihat bagian Network Adapter.
  • Selanjutnya klik kanan pada driver yang perlu di update atau uninstall.
  • Jika kalian ingin update driver, maka pilihlah Search automatically for drivers.
  • Setelah itu, komputer nantinya akan melakukan proses pencarian dan instalasi driver.
  • Jika sudah, kalian bisa klik Close.
  • Terakhir, coba kalian sambungkan laptop kalian ke jaringan WiFi.

Supaya bisa lebih mudah, kalian bisa memindai driver Windows dengan software atau program pihak ketiga seperti Intel Driver & Support Assistant. Dengan software tersebut, maka nantinya semua driver akan terdeteksi, apakah perlu di update atau tidak

  1. Restart Router / Modem

Tak hanya melakukan pengecekan Adapter dan setelan WiFi laptop, sebaiknya kalian juga mengecek modem atau router yang kalian miliki. Jika WiFi adalah milik kalian sendiri, maka kalian bisa melakukan tips ini.

Tetapi untuk memastikan apakah router kalian bermasalah atau tidak, kalian bisa cek pada perangkat lain yang terhubung juga ke WiFi. Apakah mereka juga mengalami masalah yang sama atau tidak.

Jika ternyata mengalami hal yang sama, maka dapat dipastikan bahwa router bermasalah. Jadi, kalian harus melakukan restartpada router dengan cara mencabut stop kontak.

  • Silahkan coba matikan router dengan cara mencabut stop kontak.
  • Kemudian kalian diamkan selama beberapa saat lalu colokkan kembali.
  • Jika sudah, coba sambungkan kembali ke komputer/laptop kalian.
  • Semoga saja bisa terhubung dengan baik dan bisa kalian gunakan untuk mengakses internet.

Akhir Kata

Dan itulah tadi cara mengatasi masalah Can’t connect to this Network. Semoga membantu.