Copy Paste di Windows 10 Error? Inilah Cara Mengatasinya

Copy Paste di Windows 10 Error? Inilah Cara Mengatasinya

Copy Paste di Windows 10 Error? Inilah Cara Mengatasinya – Setiap hari, kalian pasti menyalin dan menempelkan teks, file, ataupun folder di komputer kalian. Dengan begitu, ini adalah ketidaknyamanan yang besar saat alat salin-tempel berhenti bekerja secara tiba-tiba. Meski ini adalah salah satu fungsi paling dasar yang telah ada sejak versi Windows pertama, terkadang fungsi ini berhenti bekerja.

Jika ini terjadi pada kalian, berikan panduan kami bacaan cepat untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

 

  1. Mulai Ulang Aplikasi yang Saat Ini Kalian Kerjakan

Jika kalian tidak bisa menyalin dan menempel ketika menggunakan aplikasi tertentu, tutup dan buka kembali aplikasi dan periksa apakah ini memperbaiki masalah. Juga, periksa apakah aplikasi mempunyai  pembaruan yang tersedia karena bug perangkat lunak bisa mencegah copy dan paste bekerja. Kalian  bisa memperbarui aplikasi melalui menu pengaturan aplikasi atau Microsoft Store jika ada di sana.

 

  1. Coba Copy-Paste Dengan Mouse Bukan Keyboard

Biasanya kita akan menekan Ctrl+C dan Ctrl+V untuk copy paste karena lebih cepat. Jika kalian secara eksklusif menggunakan pintasan keyboard untuk menyalin dan menempel, maka coba gunakan mouse sebagai gantinya. Jika berhasil, coba gunakan pintasan keyboard lain di PC kalian dan lihat apakah itu berfungsi. Jika pintasan keyboard salin-tempel tidak berfungsi, itu artinya alat tersebut masih berfungsi di komputer kalian, tapi pintasan keyboard telah berhenti berfungsi.

Jika ini terjadi, maka lihat panduan kami untuk memperbaiki pintasan keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10 untuk saran lebih lanjut tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

 

  1. Restart Windows Explorer

Sebelum kalian memulai ulang Windows Explorer, simpan dulu pekerjaan kalian yang sedang berlangsung karena akan menutup semua aplikasi dan jendela yang terbuka. Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik kanan Mulai > Pengelola Tugas .
  • Di tab Proses, temukan Windows Explorer.
  • Klik kanan lalu pilih Restart .
  • Periksa apakah salin-tempel sekarang sudah berfungsi.

  1. Atur Ulang Proses Clipboard Remote Desktop

Kalian bisa memulai ulang proses clipboard desktop jarak jauh menggunakan File Explorer. Berikut ini adalah bagaimana kalian bisa melakukannya:

  • Bukalah File Explorer .
  • Buka PC Ini > Disk Lokal (C:) > Windows > Sistem 32.
  • Klik kanan rpdclip.exe lalu pilih Jalankan sebagai administrator.
  • Cari dwm.exe lalu jalankan dengan hak administrator juga.
  • Hidupkan Kembali komputer kalian.

  1. Matikan Semua Aplikasi Pengoptimalan RAM

Saat kalian menyalin gambar ataupun teks, sistem kalian menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpannya sementara. Namun sayangnya, ketika aplikasi pembersihan file atau pengoptimalan RAM mencoba menghemat ruang dan membuat komputer kalian lebih cepat, mereka mungkin juga menghapus semua data clipboard kalian. Dengan begitu, ini menghapus semua data yang kalian coba tempel, membuat fitur tidak bisa digunakan.

Untuk memperbaikinya, kalian bisa menutup paksa aplikasi atau mengonfigurasi pengaturannya sehingga tidak menyertakan papan klip komputer dalam proses pengoptimalan.

 

  1. Perbaiki Clipboard Windows 10

Setiap kali kalian menyalin teks ataupun gambar, Windows 10 akan menyimpannya di papan klip virtual. Dan saat kalian menempelkannya, kalian menempelkannya dari clipboard. Tetapi, jika clipboard berhenti berfungsi dengan benar, kalian tidak bisa menyalin dan menempel lagi. Untungnya, memperbaiki masalah ini adalah pekerjaan yang mudah.

 

Cara Memperbaiki Clipboard Windows 10 Menggunakan Command Prompt

Di Windows 10, kalian bisa menggunakan Command Prompt untuk menghapus cache clipboard Windows. Buka Command Prompt dengan hak administrator, ketik echo off | klip, dan juga tekan Enter.

 

Cara Memperbaiki Clipboard Windows 10 Menggunakan Registry Editor

Kalian bisa juga memperbaiki clipboard melalui Registry Editor. Berikut adalah bagaimana kalian bisa melakukannya:

  • Di bilah pencarian menu Mulai, cari regedit dan pilih Jalankan sebagai administrator.
  • Buka HKEY_LOCAL_MACHINE > PERANGKAT LUNAK > Microsoft > Clipboard .
  • Buka IsCloudAndHistoryFeatureAvailable .
  • Kalian setel data Nilai ke 1 dan Basis ke Heksadesimal.
  • Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan baru.
  • Nyalakan kembali komputer kalian dan uji apakah kalian sekarang bisa menyalin dan menempel.

Cara Memperbaiki Clipboard Windows 10 Menggunakan Registry Editor

Kalian bisa juga memperbaiki clipboard Windows 10 menggunakan Registry Editor. Jika kalian tidak yakin menggunakan Kebijakan Grup, maka kalian harus membuat Titik Pemulihan Sistem untuk sistem kalian jika terjadi kesalahan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengonfigurasi pengaturan clipboard Windows:

  • Pada bilah pencarian menu Start, kalian cari gpedit.msc dan pilih Best match.
  • Buka Konfigurasi Komputer > Template Administratif > Komponen Windows > Layanan Desktop Jarak Jauh > Host Sesi Desktop Jarak Jauh > Pengalihan Perangkat dan Sumber Daya.
  • Cari Jangan izinkan pengalihan Clipboard.
  • Kalian periksa apakah Tidak Dikonfigurasi atau Dinonaktifkan dipilih.

Dan Copy Paste pun Sudah Normal Kembali

Semoga saja kalian sekarang sudah bisa menyalin dan menempel di komputer Windows 10 kalian. Kadang-kadang bukanlah perintah salin dan tempel yang berhenti bekerja. Seperti yang ditunjukkan di atas, kalian mungkin harus memulai ulang aplikasi tertentu, memperbaiki pintasan keyboard, atau mengatasi kerusakan clipboard.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …