Dijamin Aman! Begini Cara Masuk ke Google Com SG (Singapura)

Cara Masuk ke Google Com SG (Singapura) – Tentunya hampir semua orang tahu bahwa Google merupakan mesin pencari terbaik yang dapat membantu kita mencari apapun di Internet dengan mudah dan cepat. Di internet, pengguna hanya perlu mengetikkan apa saja yang mereka inginkan pada kolom pencarian.

Setelah itu, Google akan menyaring jutaan kueri dan akan menampilkan sejumlah kueri yang paling relevan dengan kata kunci yang dimasukan tadi.

Biasanya, kueri akan ditampilkan sesuai dengan lokasi negara dan wilayah pengguna. Dan Google juga telah berusaha mengikuti aturan-aturan dari setiap negara.

Jadi, jika suatu negara ingin membatasi sejumlah konten negatif, maka Google harus mengikuti aturan tersebut. Dikarenakan kita hidup di Indonesia yang mempunyai aturan berinternet cukup ketat, maka kueri yang bermuatan negatif tentunya tidak akan bisa ditampilkan.

Dikarenakan adanya pembatasan kueri tersebut, maka tidak heran jika sejumlah warganet Indonesia lebih memilih untuk mengakses Google com sg untuk mencari apapun yang mereka inginkan di Internet.

Google sg sendiri merupakan alamat domain Google yang dikhususkan untuk warga negara Singapura. Tetapi domain ini tidaklah terbatas, dan bisa digunakan oleh warganet negara lainnya seperti Indonesia.

Dikarenakan Google com sg cenderung lebih bebas dan tidak terlalu membatasi kata kunci, maka tidak heran mengapa warga Indonesia lebih suka mengakses Google com sg.

Cara Mudah Masuk Google Com SG

Dikarenakan pembatasan kueri, maka tidak sedikit warganet Indonesia yang ingin mengakses Google com sg dengan aman dan cepat. Jika kalian ingin mengetahui cara masuk Google com sg dengan mudah, silahkan simak caranya berikut ini!

1. Mengubah Menu Pengaturan Pencarian Google

Pertama-tama kalian bisa pergi ke setelan penelusuran akun Google kalian untuk mengatur wilayah atau region Singapura. Dengan merubah Setelan Penelusuran tersebut, maka kalian sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk mengunjungi Google com sg setiap kalian ingin mencari sesuatu di Internet.

Kalian bisa melakukan cara ini di perangkat Android, iPhone, iPad dan Komputer. Untuk caranya, kalian simak saja dibawah ini.

Mengubah Pengaturan Dari Laptop atau Komputer

Langkah Pertama: Silahkan kalian buka Google Chrome di PC atau laptop kalian. Kemudian kalian bisa membuka link berikut: https://www.google.com/preferences untuk membuka setelan penelusuran akun Google kalian.

Setting ke google singapore

  • Pastikan kalian login dengan menggunakan akun Google kalian.
  • Jika kalian belum mempunyai akun Google, silahkan kalian buat terlebih dahulu.

Langkah kedua: Selanjutnya kalian scroll kebawah, lalu kalian ubah Region Settings yang sebelumnya Indonesia menjadi Singapore. Jika sudah, klik saja “Save” untuk menyimpannya.

  • Sekarang, kalian sudah berhasil untuk mengganti region penelusuran ke Google com sg.
  • Coba kalian tambahkan tab baru lalu ketikkan kata kunci apapun, secara otomatis kalian telah menggunakan Google com sg secara langsung.

Melalui Android, iOS (iPhone)

  • Pertama-tama kalian buka Google Chrome di perangkat kalian.
  • Disebelah kiri atas, kalian tekan Menu dengan ikon tiga garis » Setelan.
  • Kemudian kalian scroll kebawah, lalu ganti bagian Wilayah untuk Hasil Penelusuran yang sebelumnya Indonesia menjadi Singapura.
  • Jika sudah, klik saja “Simpan”.

Setelah menyimpan setelan baru dengan akun Google kalian, maka setelan tersebut akan tetap sama di setiap browser yang kalian gunakan untuk login, baik itu pada PC, Laptop, maupun HP.

2. Cara Masuk ke Google Singapura denan Mengubah Setelan Homepage

Cara selanjutnya kalian bisa mengakses Google com sg dengan cara mengganti Homepage browser kalian ke domain Google.com.sg. Apabila kalian tidak mau setelan default wilayah diubah ke negara Singapura seperti yang sudah dijelaskan tadi pada cara pertama, maka opsi ini mungkin bisa kalian jadikan pilihan.

Sehingga, dengan mengubah alamat Homepage ke domain Google.com.sg, maka kalian pun dapat mengakses Homepage jika memang dibutuhkan. Kalian bisa melakukan cara ini di perangkat Android, iPhone, iPad dan Komputer.

Melalui PC, Laptop

Langkah pertama:  silahkan kalian buka menu Settings di Google Chrome PC atau laptop kalian. Kemudian klik ikon Menu ikon tiga titik yang berada dipojok kanan atas, lalu pilih Settings.

Langkah kedua: Jika sudah masuk menu Settings, silahkan kalian pilih Appearance. Kemudian aktifkan tombol Home dengan mengklik toggle Show Home Button. Lalu kalian isi kolom URL dengan link berikut: https://google.com.sg/

Melalui Android, iOS (iPhone)

  • Pertama-tama kalian buka Google Chrome di perangkat kalian.
  • Lalu klik menu ikon tiga titik pada bagian atas » pilih Setelan.
  • Scroll kebawah dan pilihlah Beranda atau Homepage.
  • Jika fitur tersebut belum aktif, silahkan kalian aktifkan terlebih dahulu.
  • Jika sudah, kalian tinggal isi kolom URL dengan link berikut: https://google.com.sg/

3. Menggunakan Kata Kunci di Google

Tak hanya mengubah wilayah ataupun Homepage saja, kalian juga bisa mengakses Google com sg secara mudah hanya dengan memasukan kata kunci pada kolom pencarian. Dengan begini, maka kalian tidak perlu lagi repot-repot mengganti setelan preferensi akun Google kalian. Untuk langkah-langkahnya kalian bisa simak ulasan berikut.

  • Pertama-tama kalian buka aplikasi browser dan akses halaman pencarian Google di PC, laptop, atau HP kalian.
  • Kemudian pada kolom pencarian Google, silakan kalian ketikkan “Google sg”, “Google com sg” atau “Google Singapore”.
  • Lalu Google akan menampilkan sejumlah kueri yang paling relevan, dan domain Google.com.sg tentunya berada diurutan yang paling atas.
  • Setelah itu kalian tingga masuk ke Google sg, dengan cara klik domain tersebut, lalu kalian akan dialihkan ke mesin pencari Google untuk region Singapura.
  • Jika sudah, maka sekarang kalian sudah bisa mengetikkan kata kunci, domain, maupun URL apa pun di domain Google com sg. Nantinya, Google com sg akan menampilkan kueri yang paling relevan secara cepat tanpa dibatasi aturan.

Selain pada kolom pencarian Google, kalian bisa juga mengetikkan kata kunci “Google sg” pada mesin pencari lain seperti Yandex, Bing, DuckDuckGo, Baidu, atau mesin pencari lainnya.

4. Masuk Ke Situs Google Com SG Secara Langsung

Selanjutnya, kalian juga bisa masuk ke situs Google sg secara langsung dengan cara mengakses URL Google sg. Kalian akan lebih cepat dan mudah dengan menggunakan cara ini karena bisa langsung masuk ke pencarian google sg hanya dengan sekali klik. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini :

  • Pertama-tama pastikan bahwa kalian sudah membuka aplikasi browser di PC, Laptop, atau HP kalian.
  • Kemudian untuk masuk situs Google sg, langsung saja klik link berikut: https://www.google.com.sg atau juga bisa dengan mengetikannya pada kolom pencarian, lalu tekan Enter.
  • Jika sudah, kalian telah masuk ke Google com sg. Lalu kalian sudah bisa mengetikan kata kunci apapun pada kolom pencarian Google Singapura.

5. Menggunakan VPN

Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan VPN ini fungsinya menyembunyikan identitas alamat IP pengguna melalui enkripsi pada lalu lintas penjelajahan Internet. Teknologi VPN umumnya digunakan agar dapat mengakses situs-situs luar negeri yang telah di blokir di Indonesia.

Selain itu, VPN juga bisa kalian gunakan untuk mengakses Google sg secara cepat dan aman. Supaya mendapatkan koneksi VPN yang cepat, maka pastikan bahwa aplikasi VPN yang kalian gunakan menyediakan server IP negara Singapura. Untuk mengakses Google sg menggunakan VPN. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama kalian cari terlebih dahulu aplikasi VPN terbaik yang ingin kalian install di perangkat PC, laptop, atau HP kalian.
  • Jika kalian ingin mencari aplikasi VPN yang gratis, maka kalian bisa browsing tentang aplikasi VPN Singapore gratis.
  • Setelah menemukan VPN yang cocok, silahkan kalian unduh dan install aplikasi VPN tersebut.
  • Lalu kalian buka aplikasi VPN yang sudah kalian install tadi, dan coba sambungkan ke server IP Singapura.
  • Jika sudah terhubung, maka kalian sudah bisa mengakses Google sg dengan koneksi VPN tersebut secara langsung.

6. Mengganti DNS Public di PC, HP Anda

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. DNS adalah sebuah server yang berfungsi dalam menerjemahkan domain situs web ke IP address dan sebaliknya.

Jadi, dengan adanya DNS ini, maka pengguna tidak harus tahu alamat IP server dari situs web, cukup dengan mengetikkan nama domain, maka website sudah bisa diakses. Secara default, perangkat PC atau HP kalian itu menggunakan DNS ISP (Internet Service Provider) atau penyedia Internet yang kalian gunakan.

Akan tetapi, DNS ISP terkadang masih kurang optimal atau slow responding. Sehingga website yang ingin diakses terasa lambat, bahkan beberapa situs web tidak dapat diakses dama sekali.

Terlebih lagi untuk situs web luar negeri, biasanya banyak juga yang di blokir oleh ISP, sehingga kalian pun tidak dapat mengaksesnya. Jadi untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa menggunakan DNS Alternatif, seperti DNS Google, OpenDNS, atau CloudFlare.

Alternatif DNS yang Dapat Digunakan

Berikut ini adalah beberapa penyedia DNS Alternatif yang bisa kalian gunakan:

Google

  • Primary – 8.8.8.8
  • Secondary – 8.8.4.4

OpenDNS

  • Primary – 208.67.222.222
  • Secondary – 208.67.220.220

CloudFlare

  • Primary – 1.1.1.1
  • Secondary – 1.0.0.1

Lalu untuk cara settingnya, kalian bisa mengikuti cara berikut.

Melalui PC, Laptop

Langkah Pertama: Silahkan kalian klik ikon WiFi di taskbar PC/laptop Windows kalian. Setelah itu kalian  klik kanan pada jaringan yang terhubung di laptop kalian, lalu klik Properties.

Langkah Kedua: Jika sudah masuk di halaman Properties jaringan, maka kalian klik “Edit” di bagian DNS server assignment.

Langkah Ketiga: Kemudian kalian ganti setelan Edit network DNS settings yang sebelumnya Automatic (DHCP) menjadi Manual. Jika sudah, kalian aktifkan IPv4 lalu masukkan DNS alternatif di bagian Preferred DNS dan Alternatif DNS berikut ini:

  • Preferred DNS – 8.8.8.8
  • Alternatif DNS – 8.8.4.4
  • Klik Save untuk menyimpan.

Melalui Android, iOS (iPhone)

  • Pertama-tama kalian buka Google Chrome di HP atau tablet kalian.
  • Kemudian kalian klik menu ikon titik tiga yang berada di bagian atas » pilih Setelan.
  • Setelah itu, scroll ke bawah, pilih Privasi dan keamanan » Gunakan DNS aman.
  • Jika sudah, kalian ganti DNS yang sebelumnya dari penyedia layanan ke penyedia lain » sesuaikan dengan memilih Google (Public DNS).

Jika sudah mengganti alamat DNS pada perangkat PC maupun ponsel kalian, maka sekarang kalian sudah bisa browsing secara lebih cepat, stabil, dan juga mudah. Biasanya, apapun kata kunci yang kalian ketik di Google akan muncul dan tidak ada pembatasan apa pun dan juga bisa untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh ISP.

Akhir Kata

Itulah tadi cara masuk ke Google com sg dengan cepat dan mudah. Semoga informasi yang sudah kami bagikan dapat membantu dan bermanfaat.