Beginilah Cara Kerja Halaman Explore Instagram

Pada artikel ini akan membahas tentang cara Instagram membuat halaman explore milik kita. Halaman explore disetiap pengguna Instagram itu berbeda-beda, tetapi muncul sebuah pertanyaan yaitu “Mengapa Halaman Explore Berbeda-beda?”

Sebenarnya dari manakah asal muasal konten yang muncul di halaman explore?

 

Apa Itu Explore Pada Instagram?

Explore pada halaman di instagram merupakan kumpulan rekomendasi konten berupa foto maupun video yang relavan dengan konten yang kalian ingin lihat sesuai dengan perilaku pada akun instagram yang kemudian di olah oleh algoritma sehingga menyajikan konten yang sesuai dengan konten yang kalian minati.

 

6 Unsur Sumber Rekomendasi Halaman Explore

6 Unsur Sumber Rekomendasi Halaman Explore

FollowingLikeSavedVideo WatchedAccount InteractionInstagram Suggestion. Instagram akan selalu mencari sesuatu yang ” Relavan ” dengan minat kita. Jadi, yang saya lakukan kemudian adalah melihat satu per satu konten yang muncul.

 

Follow

Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan akun yang kalian follow. Meskipun konten ini sudah 1 minggu yang lalu!

 

LIKE

Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan post yang kalian sukai (like). Konten 4 hari yang lalu.

 

SAVED

Akun yang belum kalian follow. Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan post yang kalian simpan (saved). Konten 2 hari yang lalu.

 

WATCHED

Akun yang belum kalian follow. Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan video yang kalian tonton (watched). Konten 4 hari yang lalu.

 

INTERACT

Akun yang belum kalian follow. Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan kemiripan akun yang berinteraksi dengan kalian (interacted). Konten 3 hari lalu.

 

SUGGEST

Ada informasi, jika konten ini muncul berdasarkan rekomendasi instagram (suggest). Konten 5 hari yang lalu.

 

Cara Supaya Foto Instagram Muncul di Explore

Cara Supaya Foto Instagram Muncul di Explore

Jadi, setelah ke 6 data di atas tadi. Maka bisa di simpulkan bahwa cara supaya foto instagram bisa muncul di halaman explore instagram orang lain, beberapa poin ini saya dapatkan.

 

1. Konten Foto Viral

Terdapat beberapa konten yang dinyatakan sebagai konten umum jika konten foto atau video tersebut viral dan banyak orang share, entah itu dijadikan snapgram, berbagi konten melalui DM ataupun repost konten. Secara otomatis konten yang viral akan masuk kedalam halaman explore sebagai kategori konten hiburan.

 

2. Mendapatkan Banyak Like

Dengan mendapat banyak like seperti algoritma di atas maka bisa di tarik kesimpulan akan membuat kalian menjadi rekomendasi di halaman explore melalui “Konten LIKE” yang serupa dengan foto yang dimaksud.

 

3. Gunakan Hastag

Supaya tampil di beranda orang lain dan explore cara yang paling tepat yaitu dengan menggunakan hastag. Kebanyakan orang biasanya mengikuti hastag tertentu, jika hastag yang kalian target tepat sasaran, maka akan muncul di rekomendasi hastag seseorang. Bahkan akan masuk diberanda orang lain sesuai dengan hastag yang di ikutinya.

Menurut beberapa riset telah menunjukan bahwa konten foto di instagram yang menggunakan hastag yang relavan akan meningkat 12% engagement ketimbang konten foto yang tidak menggunakan hastag sama sekali.

 

Cara Mengatur Dan memperbaiki Explore Di Instagram

Cara Mengatur Dan memperbaiki Explore Di Instagram

Untuk mengatur halaman explore supaya terlihat benar dan tidak berantakan apalagi banyak konten dewasanya upsss….. Yang harus kalian lakukan adalah merapihkan akun kalian sendiri.

 

1.AKUN YANG KAMU FOLLOW

Following kalian harus dibenarkan dulu, jika konten pada halaman explore kalian banyak cewe-cewe cantiknya berarti rata-rata akun yang di follow juga tidak jauh-jauh dari cewe-cewe cantik.

Untuk merapihkan supaya tidak terlalu mencolok di halaman explore ada 2 cara yaitu:

 

  • Unfollow akun serupa

Kalo kalian tidak mau pusing, kalian tinggal unfollow saja akun-akun yang serupa dengan rekomendasi following di halaman explore.

 

  • Banyakin following akun dengan konten yang ingin kamu targetkan

Misalnya kalian ingin mengubah rekomendasi halaman explore menjadi konten video dan foto ceramah dakwah.

Maka kalian bisa men-follow banyak akun-akun yang memang berhubungan dengan dakwah. Dan dalam beberapa hari kedepan explore kalian akan berbeda dari sebelumnya.

 

2.KONTEN YANG KAMU LIKE

Jangan sembarangan like jika kalian tidak mau konten yang ngaco dan tidak sesuai malah tampil di halaman explore kalian.

Explore juga terbentuk dari like yang sering kalian berikan terhadap konten foto ataupun video yang lewat di timeline.

Untuk mengaturnya sebaiknya mulai sekarang kalian jangan sembarangan lagi memberikan like.

 

3.KONTEN YANG KAMU SIMPAN

Menyimpan konten juga ternyata bisa mempengaruhi halaman pada explore di instagram, untuk merapihkannya saved mempengaruhi sekitar 20% dari hasil explore di instagram.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya kalian save konten yang sesuai dengan target kalian saja, jangan yang aneh-aneh.

 

Cara Menghapus Dan Membersihkan Konten Explore Di Instagram

Terkadang rekomendasi pada explore instagram akan mengganggu Karena tidak sesuai dengan konten yang di harapkan.

Untuk menghapus rekomendasi explore pada Instagram, maka kalian bisa langsung memilih konten yang kira-kira kalian tidak inginkan lalu ketuk titik tiga pada kanan atas lalu pilih “ Not Interested in This Post ” supaya nanti konten serupa tidak muncul lagi di explore.

Ulangi terus langkah diatas sekiranya kalian ingin benar-benar merombak tampilan konten pada explore Instagram kalian. Semakin sering kalian melakukan ” Not Interested in This Post” maka Instagram akan mencarikan konten lainnya yang relevan dengan konten yang diinginkan.

Dan itulah tadi cara untuk mengubah explore Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu