Cara Pemasangan LNB Parabola Yang Benar

Cara Pemasangan LNB Parabola Yang Benar – Sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan siaran TV satelit. Untuk mendapatkan siaran TV satelit kita juga membutuhkan antena parabola. Nah salah satu bagian dari antena parabola yaitu lnb.

LNB merupakan perangkat yang fungsinya sebagai penerima sinyal dari satelit, dan dalam penerimaanya juga dibantu oleh dish parabola. Dish parabola fungsinya adalah sebagai reflektor atau penampung sinyal yang tertangkap dan kemudian dipantulkan lagi ke LNB.

Pemasangan atau perakit LNB parabola juga merupakan salah satu kunci berhasil atau tidaknya pencarian sinyal memakai 2 LNB atau lebih. Jadi jika pemasangan atau perakitan LNB tidak benar maka sinyal akan saling tarik menarik antara satelit dengan satelit, tentu itu merupakan sebuah masalah. Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika memakai 1 LNB saja.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam pemasangan LNB yaitu jenis dari LNB dan jenis parabola yang akan dipasang. Karena kadang terdapat beberapa orang salah dalam pemasangan parabola, contohnya antena parabola jaring untuk C Band, LNB yang dipakai malah LNB untuk Ku Band. Hal ini sebenarnya bisa saja, tetapi harus paham dengan tata letaknya, karena jenis frekuensi C Band jelas berbeda dengan frekuensi Ku Band.

Untuk itu pada artikel kali ini teknowarta akan membagiakan informasi tentang Cara Pemasangan LNB Parabola Yang Benar. Jadi untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang pemasangan LNB, baik yang mengunakan 1 LNB atau lebih, silahkan simak ulasannya supaya lebih jelas.

Cara Pemasangan LNB Parabola Yang Benar

Yang harus diperhatikan dalam pemasangan LNB yakni posisi dari LNB pada titik fokus dish parabola. Memposisikan LNB pada titik fokus sebenarnya susah sudah gampang, yang susahnya yaitu LNB sudah terpasang tetapi sinyal satelit yang diterima tidak makasimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

Memasang LNB Parabola Memakai 2 LNB

Biasanya pemasangan 2 LNB di antena parabola bertujuan untuk menangkap 2 sinyal satelit yakni Palapa dan Telkom. Cara pemasangan 2 LNB yakni seperti berikut ini:

  1. Posisikan angka 0 (bisa dilihat dibagian atas LNB) harus lurus atau sejajar antara LNB 1 dan LNB 2. Posisi LNB 1 dipakai untuk satelit palapa, dimana LNB menakai 2 konektor dan ditempatkan disebelah barat, dan LNB 2 dipakai untuk menangkat sinyal satelit Telkom dan LNB memakai 1 konektor serta ditempatkan disebelah timur.
  2. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan LNB yaitu harus menyesuaikan jarak antara LNB 1 dengan LNB 2 (dekat dan renggangnya). Jarak keduanya biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya lingkaran dish. Misalnya dish yang dipakai berunkuran 6 feet, jarak antara LNB 1 dan LNB 2 bisa diatur lebih dekat, dan pada dish yang berukuran 8 feet bisa diatur lebih renggang LNB nya. Yang pasti sesuaikan saja jaraknya supaya mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal, jadi jika diukur dari ujung posisi titik penempatan LNB di dish yang ukurannya 6 feet kira-kira jaraknya antara 0,5 sampai 1,5 cm dan pada dish yang ukuran 8 feet antara 1,5 sampai 2,5 cm.
  3. Berikutnya sesuaikan posisi dari LNB tinggi atau rendahnya, atur posisinya 38 sampai 40. Selanjutnya setelah dish dan LNB selesai dirakit, selanjutnya pasangkan antena ke tiang penyangga. Setelah antena terpasang, kencangkan baut tetapi jangan terlalu kencang untuk keperluan tracking sinyal.

Pemasangan LNB Parabola Memakai 1 LNB

  • Cara pemasangan LNB Parabola yang memakai 1 LNB pada titik fokus pakai bracket LNB. Bracket nantinya akan dipasang pada tiang penyangga agar posisinya berada ditengah (posisi titik fokusnya). Pada setiap LNB ada petunjuk untuk arah pemasangan dibagian atas LNB, dimana fungsi untuk mengarahkan LNB ke titik 0 (biasanya ke arah barat atau timur).
  • Sedangkan bagian bawah terdapat petunjuk yang menjelaskan tentang kedalaman pemasangan LNB di bracket, fungsinya untuk menyesuaikan titik pantulan dari dish. Kedalaman pemasangan LNB bisa diatur sesuai dengan besar kecilnya sinyal yang masuk. Tetapi pada LNB KU Band hal diatas tidak berlaku, khususnya bagi arah timur atau barat. Yang mana posisi yang benar yaitu mengarahkan konektor ke arah utara.
  • Selanjutnya memasang kabel coax, kabel ini memerlukan perhatian khusus ketika di pemasang. Terutama ketika memasang konektor untuk dipasangkan ke LNB atau ke receiver. Pastikan serabut kabel tidak terhubung kabel inti, hal ini karena tidak ada kontak antara kabel inti dengan konektor dalam proses pemasangan konektor ke kabel coax.

Begitulah cara pemasangan LNB Parabola, baik yang memakai 2 LNB atau 1 LNB. Setelah semua perangkat terpasang, selanjutnya adalah melakukan tracking satelit.

Cara Melakukan Tracking Satelit

Untuk melakukan tracking satelit yang pertama yaitu mengatur atur receiver pada salah satu channel yang mempunyai sinyal yang kuat, selanjutnya tekan tombol info pada remot atau cari layanan info di menu. Lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berikut langkah-langkah melakukan tracking satelit:

  1. Aturlah posisi dari dish yaitu tegak lurus keatas. Kemudian miringkan sedikit demi sedikit kearah selatan (untuk mencari satelit palapa terlebih dahulu). Pilih 1 channel info pada receiver di saluran satelit palapa, contohnya channel RCTI.
  2. Kemudian geser secara perlahan kearah timur dan barat sambil memperhatikan kualitas sinyal yang ditangkap pada layar TV. Atur mounting sedikit demi sedikit (jangan langsung semuanya) arah kemiringan ke arah utara, atur juga kemiringan pada jalur timur ke barat (posisi tepatnya yaitu satelit palapa agak sedikit kearah ketimur). Ini adalah tahap awal untuk mencari sinyal palapa terlebih dahulu, untuk fokus ke satelit Telkom setelah mendapatkan sinyal terkuat. Dan lakukan juga pergeseran dish secara menyamping putaran mounting dan tinggi rendahnya LNB.
  3. Setelah mendapat sinyal yang bagus, lanjutkan dengan melakukan tracking ke satelit Telkom. Pada tahap ini tidak perlu menggeser lagi antena, tinggal sesuaikan sedikit lagi saja. Jika menseimbangkan titik fokus antara satelit Palapa dan Telkom terlalu susah, coba periksa settingan 22K receiver. Program settingan 22K pada Palapa ke opsi mati atau off dan pada satelit Telkom settingan 22K pilih opsi NO atau hidupkan.
  4. Setelah semua selesai dan mendapatkan sinyal yang maksimal, gambar tidak macet-macet, kencangkan semua baut pengunci supaya tidak bergeser jika terterpa angin.

Kata Penutup

Demikian sedikit informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Pemasangan LNB Parabola Yang Benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.