Arah Antena TV Digital Yang Benar

Arah Antena TV Digital Yang Benar – Sekarang masyarakat Indonesia sedang ramai bermigrasi dari sebelumnya memakai siaran TV Analog dan ke TV Digital. Sesuai dengan rencana dari pemerintah yang akan mewajibkan masyarakat Indonesia untuk memakai teknologi TV Digital. Sebab TV Analog akan dimatikan sehingga tidak bisa di pakai lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna TV Analog harus membeli alat baru supaya TV tetapi bisa di pakai untuk bisa menerima siaran TV digital. Dan juga, arah antena perlu di perhatikan supaya sinyal digital bisa di tangkap secara maksimal.

Nah di artikel kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Arah Antena TV Digital Yang Benar. Untuk lebih jelas silahkan simak ulasan berikut ini

Cara Menentukan Arah Antena TV Digital Yang Benar

Meski TV Analog akan di matikan, tetapi antena UHF masih bisa di pakai. Karena antena UHF masih bisa berfungsi untuk menangkap sinyal TV digital dari pemancar sinyal. Dan kemudian diubah menjadi gambar dengan alat bernama Set Top Box, Set Top Box di pakai untuk TV tabung.

Tetapi, jika TV sudah mendukung dengan siaran TV digital tidak membutuhkan perangkat Set Top Box lagi. Sama seperti antena parabola, arah dari antena sangat berpengaruh dengan kualitas sinyal yang didapat. Jika arah antena di arahkan benar, maka gambar dan suara akan terlihat jernih.

Nah, untuk kamu pengguna TV Digital yang bingung tentang arah antena TV digita dengan benar.

Berikut langkah langkah untuk mengarahkan antena TV digital dengan benar:

1) Unduh Aplikasi Pencari Sinyal TV Digital Dan Instal

Pertama kamu harus memeriksa lokasi pemancar sinyal terdekat dan sinyal yang paling kuat kuat memakai aplikasi bernama SinyalTVDigital. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store bagi pengguna smartphone Android.

Jika sudah aplikasi sudah terunduh, kemudian intsall aplikasi tersebut. Kemudian buka SinyalTVDigital.

2) Aktifkan GPS Ponsel

Setelah membuka aplikasi Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS pada ponsel.

3) Masukkan Lokasi

Jika GPS pada perangkat kamu kurang merespon masukkan saja detail dari lokasi kamu.

4) Lihat Hasil Pencarian Di Aplikasi

Kemudian akan terlihat arah dari pemancar yang paling dekat tempat kamu. Tinggal kamu arahkan saja antena ke arah pemancar tersebut yang terlihat di aplikasi.

Untuk mengetahui kualitas atau kekuatan sinya kamu bisa melihat warna yang terlihat pada peta Merah dan Oren berarti sinyal kuat, Hijau tua Hijau mudan dan Kuning menandakan sinyal berada di level sedang.

Jika kamu mengklik menu di bawah yang paling kiri kamu akan melihat MUX atau Multipleksing siaran digital. Kedepanya, jangkauan atau kesiapan MUX akan terus berkembang dengan berjalannya waktu.

Rekomendasi :

Faktor Keberhasilan Menentukan Arah Antena TV Digital

Berikut beberapa faktor keberhasilan menentukan arah antena TV digital supaya mendapatkan siaran TV digital.

1) Gunakan Perangkat Set Top Box

Jika kamu yang ingin mendapatkan TV digital tetapi kamu masih menggunakan TV lama. Jangan khawatir kamu masih bisa mendapatkan siaran TV digital, caranya dengan menambahkan perangkat Set Top Box. Perangkat ini bisa di pakai untuk menangkap siaran TV digital dan tidak perlu mengganti antena.

Membelinya bisa ditoko elektronik baik offline atau online harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli TV digital yang harganya mahal.

2) Mengatur Posisi Antena

Untuk mendapatkan siaran TV digital seperti yang sudah disebutkan diatas antena harus mengarah ke pemancar sinyal yang paling dekat. Hal ini supaya antena bisa menangkap sinyal yang dipancarkan dari pemancar.

3) Pakai kabel antena yang berkualitas

Bagi yang tinggal di daerah yang sinyal siaran TV digital sangat kuat. Memakai kabel antena apapun tidak akan mempengaruhi kualitas sinyal yang didapatkan. Tetapi bagi yang tempat tinggalnya jauh dari pemancar sinyal TV digital. Memilih kabel antena TV yang berkualitas bisa menjadi faktor supaya mendapatkan siaran TV digital yang bagus.

Pemakaian kabel antena yang berkualitas dengan nilai hambatan yang benar supaya bisa menyalurkan sinyal yang ditangkap antena ke TV secara maksimal. Biasanya nilai hambatan pada kabel antena yang baik yaitu 50 sampai 75 Ohm.

Selain itu, perhatikan juga pemasangan kabel antena TV supaya tidak terjadi korslet atau kendur. Karena tentu akan mempengaruhi daya hantar dari sinyal ke TV.

4) Jangan gunakan antena indoor

Memakai antena indoor biasanya diperuntukkan untuk pengguna yang tinggal dekat dengan pancaran sinyal TV. Sementara untuk pengguna yang tinggal jauh dari jangkauan pancaran, memakai antena berjenis indoor tidak akan mendapatkan siaran TV yang bagus.

Karena itu, pertimbangkan untuk memakai antena outdoor supaya siaran TV bisa ditenerima dengan baik.

Penyebaba Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal

Berikut beberapa penyebab siaran TV digital tidak adan sinyal:

1) Cuaca Sedang Buruk

Cuaca buruk yang terjadi di wilayah tertentu adalah hal biasa yang mengakibatkan siaran TV Digital menjadi hilang. Karena cuaca buruk siaran TV Digital bisa terputus atau patah patah. Tidak jarang siaran TV digital juga bisa menghilang.

2) Berubahnya Arah atau Posisi Antena

Selain cuaca buruk, posisi antena TV yang berubah juga menyebabkan siaran TV digital menghilang.

Perubahan arah antena biasanya terjadi karena terpaan angin yang kencang atau karena tiang antena yang kurang kokoh.

3) Sinyal Yang Terhalang atau Adanya Gangguan

Penerimaan sinyal TV Digital juga bisa terganggu karena beberapa hal, seperti karena ada bangunan atau gedung yang mempunyai dinding tebal, berada di daerah lembah atau terhalang bukit, atau juga karena berada di zona netralisir sinyal seperti area bandara, area khusus pemerintahan tertentu dan lain sebagainya.

4) Jarak Pemancar Siaran Terlalu Jauh

Saat ini siaran TV Digital masih terus berkembang dan pastinya pemancar TV hanya akan ditempatkan pada beberapa wilayah saja.

Untuk wilayah yang posisinya jauh dengan relay siaran TV Digital tersebut tentu saja ini akan menjadi permasalahan yang menjadikan sinyal TV Digital menjadi lemah bahkan hilang sama sekali.

5) Posisi Antena Kurang Tinggi

Tinggi dan rendahnya posisi antena juga berpengaruh dengan kuantitas sinyal TV Digital. Terutama wilayah pedalaman atau pedesaan yang jaraknya jauh dari pemancar TV. Kebanyakan kasus, posisi antena TV yang rendah bisa membuat sulitan tertangkapnya sinyal siaran TV.

6) Kabel Antena Mengalami Kerusak atau Terputus

Hilangnya sinyal TV Digital juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada perangkat yang dipakai, seperti contohnya kabel. Kabel yang sudah lama dipakai akan mengalami kerapuhan atau terputus juga bisa membuat sinyal hilang dan gambar menjadi buram.

7) Jack Antena TV atau STB Mengalami Kerusakkan

Jack Coaxial adalah konektor yang dipakai pada kabel antena. Jika jack ini mengalami kerusakkan, tentu sinyal TV tidak akan optimal.

8) Antena Mempunyai Kualitas Yang Kurang Bagus

Mungkin orang orang tidak menyadari, tetapi kualitas antena yang menerima sinyal juga sangat penting supaya siaran TV Digital bisa diterima secara maksimal.

Antena TV yang memamaki teknologi lama tentu tidak tentu mendukung dengan penerima siaran TV Digital.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Arah Antena TV Digital Yang Benar. semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Leave a Comment