Cara Gampang Mencari Sinyal Nex Parabola

Cara Gampang Mencari Sinyal Nex Parabola – Nex parabola adalah salah satu provider penyedia layanan TV parabola berbayar yang masih baru di Indonesia. Tidak herab masih jarang teknisi atau pengguna baru TV parabola yang kebingungan untuk mencari sinyal Nex Parabola. Selain masih sedikitnya informasi tentang frekuensi nex parabola, juga disebabakan karena provider ini sudah memakai satelit telkom 4 bukan di Palapa D lagi.

Karena ini pelanggan Nex Parabola yang tadinya antena mengarah ke satelit Palapa D mengalami masalah yaitu tidak mendapatkan sinyal. Karena siaran Nex Parabola hilang di satelit Palapa D sudah berpindah ke Telkom 4.

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola

Terus gimana cara untuk mengembalikan sinyal Nex Parabola yang menghilang supaya muncul lagi? Pada artikel kali ini teknowarta akan menjelaskan kepada kamu tentang Cara Mencari Sinyal Nex Parabola. Sehingga kamu bisa menyaksikan kembali sidaran dari Nex Parabola hilang.

Penyebab Siaran Nex parabola hilang

Tidak jarang ditemukan masalah oleh pengguna TV parabola yang memakai provider parabola Nex Parabola siarannya tiba tiba hilang. Ini tentu membuat bingung pengguna karena tiba tiba tidak bisa menikmati layanan dari Nex Parabola.

Untuk kamu pengguna parabola Nex Parabola yang mengalami hilang sinyal, sebenarnya terdapat 2 penyebab yang mungkin bisa terjadi:

  • Masih memakai satelit Palapa D.
  • Adanya kerusakan pada antena parabola.

Jika sekarang kamu masih memakai parabola pada transponder Cband dan masih memakai satelit Palapa D untuk menangkap sinyal siaran Nex Parabola, maka kamu harus mengubah arah antena parabola. Sebab pada awal Agustus 2020 provider parabola sudah memindah siaran yang awalnya ke Palapa D sekarang berpindah ke satelit Telkom 4. Jika kamu belum mengubah arah antena maka kamu tidak akan bisa menangkap sinyal siaran Nek Parabola.

Jika kamu memakai antena parabola mini untuk mendapatkan siaran Nex Parabola dan mengalami gangguan berupa tidak mendapatkan sinyal, kemungkinan penyebabnya yaitu terdapat kerusakan pada perangkat antena parabola. Kerusakan ini bisa saja terjadi karena konektor, kabel, lnb parabola, dan arah parabola mini sudah bergeser.

Bagi pengguna yang sudah lama memakai Nex Parabola dan mendapatkan masalah berupa hilangnya sinyal, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi masalahnya. Dan untuk pengguna Nex Parabola yang masih baru dan sedang mencari cara untuk mencari sinyal siaran Nex Parabola, kami akan berikan langkah langkahnya, berikut ulasannya:

Tips Mencari Sinyal Parabola

Perlu diketahui, siaran Nex Parabola bisa ditangkap lewat 2 satelit yaitu Satelit Ses 9 yang memakai frekuensi Kuband dan satelit Telkom 4 yang memakai frekuensi Cband. Kedua satelit ini menyiarkan siaran Nex Parabola berada di posisi yang berdekatan. Yaitu pada garis bujur di sekitar 108° E. Arahnya sedikit ke barat dari sudut vertikal.

Bagi siaran Cband seperti Telkom 4, sinyal satelit bisa ditangkap memakai antena parabola jaring atau antena parabola yang besar dengan diameter sekitar 6 feet. Sedangkan bagi frekuensi Kuband bisa mudah ditangkap memakai antena parabola mini.

Perbedaan ini akan berpengaruh pada pengaturan frekuensi LNB yang diatur pada pengaturan antena di perangkat receiver. Karena itu perlu memperhatikan jenis antena parabola yang dipakai. Jika memakai antena parabola mini frekuensi ke Ku band, dan pada antena parabola besar frekuensi ke C band.

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola

Mencari sinyal provider Nex Parabola sebenarnya bisa dicari oleh siapa saja termasuk penguna Nex Parabola yang masih pemula. Khususnya untuk kamu yang memakai antena parabola mini dan memakai frekuensi Ku Band yang berkekuatan tinggi.

1) Pasang Terlebih Dahulu Antena Parabola

Tentukan lokasi untuk memasang antena yang tidak terhalang oleh apapu seperti pohon atau dinding. Rakitlah antena parabola dengan benar memakai kunci pas, kamu bisa melihat gambarnya dibuku petunjuk.

Pasanglah tiang penyangganya tegak lurus dan pastikan tiang cukup kokoh menopang antena parabola. Sambungkan kabel antena ke perangkat LNB dan kencangkan semua baut kecuali baut pengunci pada bagian untuk memutar perangkat.

2) Melakukan Program STB Nex Parabola

Pemrograman STB Nex Parabola menjadi hal utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya pencarian sinyal. Kesalahan dalam memasukan data secara otomatis akan menyebabkan kegagalan ketika menghubungkan dengan satelit.

  • Pastikan kabel parabola sudah tersambung dengan decoder.
  • Nyalakan TV dan STB.
  • Kemudan masuk ke pengaturan STB Nex Parabola dengan menekan tombol menu yang ada di remot.
  • Kemudian pilih menu instalasi dan tekan pengaturan antena.
  • Tambahkan transporder yaitu satelit Ku Band.
  • Masukan koordinat dari satelit, frekuensi Nex parabola, polaritas dan simbol ratenya.

Memasukan data ke STB Nex Parabola tergantung dengan frekuensi satelit yang akan pakai. Berikut frekuensi dari Nex Parabola yang terbaru:

  1. Nex Parabola Ku Band
UnitTransporder 1
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11861
PolaritasH
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini

 

UnitTransporder 2
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11861
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini

 

UnitTransporder 3
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini

 

  1. Nex Parabola C Band
UnitTransporder 1
ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi3900
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
AntenaParabola Besar

 

UnitTransporder 2
ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
AntenaParabola Besar

 

3) Putar Antena Parabola

Dibutuhkan aplikasi pada smarphone untuk membantu menemukan posisi satelit dengan mudah dan akuran yaitu memakai aplikasi bernama “Satfinder”. Jika sudah terinstal pada smartphone kamu buka aplikasi dan masukan nama satelit Ses9 dari Nex Parabola, dan kamu akan melihat posisi arah dari satelit dengan jelas.

Mintalah bantuan orang lain untuk memperhatikan peningkatan sinyal di TV, dan kamu harus memutar antena parabola secara perlahan untuk menetukan arah yang tepat. Pastikan, ketika sedang melakukan tracking intensitas sinyal yang didapat minimal 65%.

Kesimpulan

Sebenarnya, cara untuk mencari sinyal Nex Parabola sangatlah mudah jika kamu memakai antena parabola mini. Proses pemasangan perangkat juga terbilang cepat dan mudah, bahkan untuk pemula tidak akan kesulitan untuk menemukan arah satelit yang dituju.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang cara gampang mencari sinyal Nex Parabola yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu