Rekomendasi Antena Digital TV LED Indoor Terbaik

Rekomendasi Antena Digital TV LED Indoor Terbaik – TV sekarang ini, sudah menjadi barang elektronik yang bisa kamu temukan di setiap rumah. Untuk menikmati siaran TV, pengguna diperlukan untuk memasang layanan TV kabel, parabola, atau memakai antena TV. Di pasaran, terdapat banyak antena TV yang bagus, mau itu antena TV indoor atau outdoor. Nah pasti kita sebagai pengguna pasti bingung memilih antena TV mana yang bagus.

Pada kesempatan kali ini, teknowarta akan memberikan sedikit informasi tentang Rekomendasi Antena Digital TV LED Indoor Terbaik. Untuk lebih jelas silahkan simak ulasan berikut ini.

Keunggulan antena TV indoor

Berdasarkan peletakannya, antena TV dibagi atas menjadi 2 jenis, yakni antena TV indoor dan outdoor. Sekarang, banyak orang yang memilih untuk memakai antena TV indoor karena pemasangannya yang lebih praktis. Pemasangan antena TV indoor itu sangat mudah. Pengguna bisa menggantung antena di tembok atau diletakkan di atas meja atau TV.

Selain karena pemasangan yang mudah, terdapat beberapa keunggulan dari antena TV indoor diantaranya sebagai berikut ini.

  • Mempunyai bentuk yang tidak besar.
  • Terhindar dari konsleting ketika terjadi cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan hujan deras.
  • Jika gambar tidak jernih atau kurang jernih karena sinyalny yang melemah, penguna bisa dengan mudah memperbaiki posisi antena.
  • Mudahnya proses perbaikan ketika terjadi kerusakan, begitu juga jika pengguna ingin membersihkan anten yang kotor.

Cara menentukan antena TV indoor

Jika kamu sudah mengetahui keunggulan dari antena TV indoor, sekarang lanjut dengan tips menentukan antena TV indoor terbaik. Supaya kamu tidak salah ketikan memilih antena TV indoor, berikut penjelasan lengkapnya.

Sesuaikan dengan jenis TV yang dipakai

Jenis TV akan sangat menentukan ukuran antena TV indoor yang akan dipakai. Jika kamu memakai TV layar tabung, menggunakan antena TV indoor yang berukuran kecil tidak akan bermasalah. Ini karena TV layar tabung cenderung gampang menangkap sinyal dengan lebih baik. Tetapi, jika kamu memakai TV LED atau LCD, gunakan antena TV indoor yang ukurannya lebih besar.

Jika dilihat berdasarkan ukurannya, antena TV indoor yang sekarang beredar di pasaran mempunyai bentuk yang cukup simpel. Contoh, antena TV digital indoor dari Oase yang mempunyai ukuran 21 cm x 12 cm. Tetapi, bukan berarti jika semakin besar ukuran antena, akan semakin bagus sinyal yang di dapat. Kualitas antena TV indoor tentu juga di pengaruhi oleh komponen dan fitur yang ditanamkan.

Memperhatikan jenis dan rentang frekuensi antena

Ketika sedang membeli antena TV, kamu mungkin akan menemukan kode VHF dan UHF di kemasan antena. VHF atau Very High Frequency dan UHF atau Ultra High Frequency adalah pita frekuensi yang dipakai sebagai transmisi sinyal TV.

Perbedaan VHF dan UHF terdapat di ukurannya. Inilah yang akan menentukan jumlah saluran TV yang di dapat. Untuk memudahkan dalam membedakan antara keduanya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

  • VHF : 30 – 300 MHz, memperoleh 2 sampai 13 saluran TV
  • UHF : 300 – 3.000 MHz, memperoleh lebih 14 saluran TV

Mempertimbangkan anten TV dengan kabel coaxial 75 Ω

Kamu pasti pernah melihat TV yang mengalami masalah gambar bersemut. Selain diakibatkan karena cuaca buruk. Masalah ini juga bisa muncul karena daya tangkap sinyal dan saluran listrik yang berjalan dengan tidak benar. Untuk mengatasi masalah tersebut, pertimbangkan untuk memilih antena TV indoor yang memakai kabel coaxial.

Kabel coaxial adalah salah satu jenis kabel yang sering di pakai pada antena TV. Keunggulan dari kabel Coaxial yaitu mampu menyalurkan sinyal listrik dengan lebih besar jika dibanding dengan kabel kawat biasa. Sebelum membeli antena TV indoor, sebaiknya periksa spesifikasi dari kabelnya.

Salah satu jenis kabel antena TV indoor yang bagus yaitu kabel Coaxial yang mempunyai nilai 75 Ω (Ohm). Terdapat jenis kabel yang mempunyai nilai impedansi listrik 75 Ω, yakni RG 6, RG 7, dan RG 11. Secara teknis, kabel ini di desain untuk transmisi sinyal video sehingga sinyal yang ditangkap lebih bagus dibanding dengan yang lainnya.

Periksa nilai gain atau kemampuan antena TV menangkap sinyal

Kemampuan antena TV untuk menangkap sinyal bisa disebut gain. Terdapat satuan gain di antena yang ditandai dengan kode dBi atau desibel. Jika angka semakain makin besar, antena TV akan semakin baik dalam memfokuskan energi ke suatu arah. Karena itu, periksa secara seksama nilai gainnya pada kemasan antena yang akan kamu pakai. Contohnya, antena TV dengan nilai gain 20 dBi tentu lebih baik jika dibanding dengan antena yang mempunyai nilai gain 10 dBi.

Pilih antena yang disertai dengan booster

Kekuatan sinyal antena TV sangat dipengaruhi dengan teknologi yang ditanamkan didalam antena dan kondisi tempat tinggal kamu. Inilah yang menjadi penyebab adanya perbedaan kualitas gambar pada TV yang berada di tempat pesisir, pegunungan, dan perkotaan. Terus, apakah penguat sinyal di antena TV indoor bisa membuat kualitas gambar menjadi lebih jelas.

Supaya meningkatkan jangkauan dan daya tangkapan sinyal, terdapat beberapa merk antena TV indoor sudah disertai dengan amplifier dan slot koneksi booster. Dengan adanya booster, sinyal yang ditangkap akan lebih stabil sehingga kualitas gambar yang di hasilkan lebih jelas.

Dan, booster juga tidak hanya untuk daerah yang sinyalnya sulit. Booster juga menjadi solusi untuk orang yang memakai 2 TV, hanya dengan memakai 1 antena TV indoor.

Rekomendasi antena TV indoor terbaik

Berikut beberapa Rekomendasi Antena Digital TV indoor terbaik yang bisa kamu beli di toko elektronik baik offline atau online.

Toyosaki Indoor TV Antenna TYS-468SC

Jika kamu lebih mengutamakan fleksibilitas ketika mencari sinyal yang bagus, pilih antena TV indoor Toyosaki. Selain karena mudah diatur dan bisa di putar sampai 90 derajat untuk mendapat gambar yang jernih, antena ini sudah di lengkapi dengan lampu indikator. Di tambah lagi dengan adanya booster, antena ini semakain fungsional untuk dipakai.

Krisbow Antena TV Indoor HD-300

Dengan bentuk yang mirip seperti sound bar, antena TV indoor dari Krisbow ini bisa menjadi sebuah pilihan yang pas untuk home theater yang kamu punya. Bentuknya yang persegi panjang ini, bisa membuat produk ini tidak akan estetika ruangan. Dari kualitas, antena TV Krisbow HD-300 ini bisa menangkap sinyal digital ataupun analog. Sehingga kamu tidak akan tertinggal menyaksikan siaran TV favorit.

Arashi Digital Antenna ADA 1003

Jika kamu mencari antena TV indoor yang tahan dengan gangguan cuaca ekstrem. Antena TV dengan merk Arashi bisa menjadi pilihan yang bagus. Salah satu keunggulan yang di tawarkan produk ini yaitu adanya built-in amplifier yang kekuatan bisa sampai 28 dBi.

Adanya built-in amplifier di antena TV ini bisa menghasilkan daya tangkap sinyal yang bagus. Hujan deras dan angin kencang tidak akan menjadi masalah. Dan kamu masih bisa menikmati siaran TV favorit tanpa terganggu.

PX Digital TV In/Outdoor Antenna HDA-5600

Memilih antena TV indoor yang bagus bukan hal yang sulit. Tetapi, jika kamu tinggal di apartemen yang sinyalnya susah sampai ke dalam. Solusinya kamu bisa memilih antena TV indoor ini.

Dengan adanya teknologi booster Ultra Low Noise pada antena ini akan membuat sinyal yang tertangkap menjadi lebih kuat. Bukan itu saja, produk ini juga mempunyai sensitivitas yang tinggi Plus Advanced Radio Frequency Technology. Yang membuat, antena TV indoor PX HDA-5600 ini bisa menghasilkan gambar yang kualitasnya bagus.

Oase Antena TV Digital Indoor IT-A1

Pemasangan antena ini bisa dibilang mudah, karena hanya perlu menempelkan antena di dinding mengunakan perekat di belakang antena. Serta, ketika kamu memasang antena ini, secara otomatis akan mendapat 33 siaran TV yang berkualitas HD secara gratis. Untuk kamu yang menggunakan TV digital yang mempunyai kualitas gambar HD, pertimbangkan untuk memilih produk ini untuk mendapatkan siaran yang maksimal.

Taffware Antena TV Digital DVB-T2 TFL-D139

Antena TV indoor dari Taffware ini mempunyai bentuk yang tipis, yaitu hanya 0,5 cm. Walau begitu, kualitas gambar yang dihasilkan antena TV ini sangat bagus. Keunggulan dari antena TV ini yaitu bisa menjangkau sinyal TV digital sasmpai jarak 80,4 km. Dan juga, mempunyai harga juga yang masib terbilang ramah di kantong.

Aoki Antenna TV Digital AT3000

Antena TV dari Aoki ini bisa di jadikan sebagai antena TV indoor atau outdoor. Penempatannya, bisa ditenempel di dinding, tiang, atau bahkan di berdiri di meja memakai stand. Antena TV ini juga bisa menangkap siaran TV digital atau analog. Desainnya yang futuristik, juga bisa kamu jadikan sebagai hiasan didalam ruangan.

Kata Penutup

Demikian sedikit informasi dari teknowarta tentang Rekomendasi Antena Digital TV LED Indoor Terbaik. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Comment