Cara Membuat Baju Bekas Terlihat Baru

Cara Membuat Baju Bekas Terlihat Baru

Cara Membuat Baju Bekas Terlihat Baru – Daripada kita mengeluarkan uang untuk membeli baju baru, mengapa kita tidak menyulap baju bekas kita saja agar terlihat baru? Di tengah isu lingkungan dan sampah fashion, rasanya akan lebih baik menggunakan baju yang ada daripada membeli yang baru.

Tetapi, baju bekas bisa terlihat lusuh dan bisa membuat kalian terlihat jelek atau tidak rapi. Jangan risau , berikut ini adalah cara membuat baju bekas terlihat seperti baru tanpa harus membeli mahal-mahal.

1. Bereksperimen Dengan Pewarna

Mungkin kalian mempunyai kemeja hitam favorit tetapi warnya nya sudah terlihat pudar, atau mungkin kalian sedang mencari cara untuk memperbarui kaus putih kesayangan kalian. Apa pun itu, menggunakan pewarna kain bisa membantu kalian menyegarkan beberapa pakaian lama kalian. Coba celupkan pewarna pada kemeja atau kaus lama kalian untuk membuatnya terasa seperti pakaian baru.

2. Ganti Kangcingnya

Ambil kardigan kancing lama lalu pergilah ke toko kain terdekat untuk memilih beberapa kancing yang baru. Kalian bisa memilih kancing kayu alami, kancing mutiara, ataupun kancing permata berkilau, ini adalah cara yang murah untuk membuat kardigan atau kemeja lama jadi terasa baru.

3. Cuci Terbalik

Kalian bisa membuat pakaian kalian terlihat baru lebih lama dengan mencucinya dari dalam ke luar untuk mencegah luntur. Ini sangat penting, terutama untuk jeans yang berwarna gelap dan pakaian-pakaian dengan hiasan seperti payet atau manik-manik. Untuk perlindungan tambahan, cuci barang-barang ini dengan tangan atau bisa juga menggunakan pilihan tombol lembut pada mesin cuci kalian.

4. Gunakan Aksesori

Syal atau statement necklace bisa memberikan nuansa baru pada kemeja atau sweater simpel. Dengan menggunakan aksesori yang tepat, maka pakaian yang telah kalian kenakan ratusan kali sebelumnya bisa terasa seperti baru.

5. Mix and Match

Bereksperimenlah dengan padu padan dan kombinasi baru dari busana lama untuk membuat koleksi pakaian kalian jadi terasa baru. Lapisi kaus ataupun sweter di atas gaun supaya terlihat seperti rok baru. Atau kalian bisa kenakan celana ketat di bawah celana pendek untuk menciptakan tampilan musim gugur yang baru. Cobalah untuk memadukan motif berani seperti motif bunga atau kotak-kotak dengan motif yang lebih netral misalnya garis-garis tipis.

6. Bawa ke Tukang Jahit

Jika kalian tidak bisa DIY baju lama kalian, cara paling aman yaitu dengan memodifikasinya ke tukang jahit. Kemungkinan besar, ada beberapa busana klasik di lemari pakaian kalian yang tidak pernah dipakai karena kebesaran ataupun tidak muat. Entah itu celana jeans yang terlalu panjang atau blazer yang agak longgar, mendapatkan potongan yang disesuaikan dengan bentuk kalian akan membuatnya terlihat dan terasa seperti baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.