Jenis Jenis Speaker dan Fungsinya

Jenis Jenis Speaker dan Fungsinya – Speaker merupakan perangkat yang digunakan untuk membantu mengeraskan suara. Kalian bisa menemukan speaker pada mobil, perangkat komputer ataupun didalam sebuah ruangan. Speaker ini berguna sekali untuk menyetel music didalam ruangan, mobil atau perangkat elektronik pendukung lainnya.

Setiap jenis speaker itu diciptakan berbeda-beda begitupun juga dengan fungsinya. Setiap speaker mempunyai sejumlah perbedaan, dan speaker ini dibuat sesuai dengan fungsi dan kebutuhan penggunanya.

Dengan mengetahui jenis-jenis speaker akan dapat memberi kalian pengetahuan tentang perangkat suara ini. Mengetahui jenis-jenis speaker juga bisa memberi kalian pertimbangan mengenai speaker apa yang kalian butuhkan.

Pada kesempatan kali ini Teknowarta akan membagikan informasi Jenis-jenis speaker dan fungsinya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Sekilas Tentang Speaker

Perangkat keras yang bernama Speaker ini memang menjadi salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan, terutama jika dengan Komputer. Karea, speaker mempunyai peran yang sangat penting agar dapat mengeluarkan hasil dari pemrosesan suara. Dan, untuk mendukung suara yang dihasilkan semakin maksimal, maka dibutuhkan sebuah speaker ini. Speaker sendiri tak hanya bisa ditemui di komputer saja, tetapi juga pada perangkat lainnya.

Dari penjelasan diatas, bisa diketahui kalau speaker merupakan sebuah perangkas keras output yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil dari proses audio maupun suara. Speaker bisa juga disebut sebagai alat bantu untuk mengeluarkan suara yang lebih maksimal pada perangkat music maupun lainnya. Bentuk dari speaker sendiri beragam. Selain bentuk, fitur maupun ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keingingan kalian.

Baca Juga :

Jenis Jenis Speaker Beserta Fungsinya

Jenis jenis speaker perlu kalian ketahui, supaya nanti ketika kalian hendak membeli speaker, maka kalian bisa memilih speaker yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Apa sajakah jenis-jenis speaker? Berikut ini adalah jenis-jenis speaker beserta fungsinya.

  1. Subwoofer

Subwoofer adalah jenis speaker dengan frekuensi suara antara 20 Hz sampai dengan 200 Hz. Speaker ini merupakan jenis penghasil suara nada rendah. Untuk ukurannya, speaker subwoofer ini lebih besar jika dibandingkan dengan jenis speaker lain.

Speaker subwoofer ini berfungsi untuk mereproduksi dua atau tiga oktaf terendah dari pendengaran manusia yang dikenal sebagai bass atau sub-bass.

Penggunaan subwoofer akan menambah kemampuan bass dari speaker utama. Biasanya speaker subwoofer dipasang pada perangkat komputer atau sound system mobil. Subwoofer menggunakan perangkat individu pengeras suara yang biasanya berukuran diameter 8 hinga 21 inci.

  1. Woofer

Sebenarnya jenis speaker woofer dan subwoofer itu tidak jauh berbeda. Woofer, juga disebut dengan  speaker bass yang merupakan istilah untuk pengeras suara yang dapat mereproduksi suara frekuensi rendah. Speaker woofer dapat menerima frekuensi antara 40 Hz sampai dengan 1.000 Hz adapun juga yang 20 Hz sampai 2,000 Hz. Woofer mempunyai diameter yang lebih kecil, yakni mulai dari 4 inch – 12 inch saja.

Speaker jenis ini seringkali dijumpai pada speaker aktif atau sound system ruangan. Dengan beberapa sistem pengeras suara, maka jangkauan yang dicakup oleh woofer ini memanjang hingga 3000 Hz atau bahkan 5000 Hz. Speaker tersebut disebut dengan ‘mid-woofer’ dan biasanya bisa ditemukan pada sistem Home Theatre.

  1. Full range

Jenis speaker Full Range bekerja di frekuensi yang sangat lebar, yakni mulai dari 40 Hz sampai 2 kHz. Speaker ini memproduksi sebanyak mungkin rentang frekuensi yang bisa didengar, dalam batasan yang ditentukan oleh kendala fisik dari desain tertentu. Speaker full range ini bahkan dapat mengeluarkan suara rendah dan tinggi sekaligus.

Speaker ini bisa ditemukan dalam aplikasi mulai dari pengeras suara MultiMedia yang harga murah sampai dengan sistem esoteric yang lebih mahal. Penggunaan speaker ini biasanya diterapkan pada sound system luar ruangan agar dapat menghasilkan suara yang jelas dengan jarak jauh.

  1. Tweeter

Tweeter merupakan jenis speaker terkecil dan dikenal juga sebagai speaker treble. Speaker ini dirancang untuk mereproduksi batas atas rentang frekuensi yang bisa didengar. Istilah ‘tweeter’ berasal dari kata ‘tweet’ yang mewakili suara nada tinggi yang dibuat oleh beberapa burung.

Speaker ini dapat menghasilkan frekuensi suaranya pada kisaran 3.500 Hz sampai dengan 20 kHz. Diafragma tweeter modern terbuat dari sutera, film atau kain poliester, aluminium dan paduan khusus lainnya atau bahkan titanium. Spekaer tweeter ini bisa langsung dipasang, berbeda dengan speaker jenis subwoofer yang harus dipasangkan terlebih dahulu pada box speaker khusus.

  1. Mid range

Mid range adalah speaker yang dirancang untuk menghasilkan suara dari rentang frekuensi 500 Hz hingga 5.000 Hz. Jenis speaker ini dapat menciptakan suara yang terdengar lebih jelas dan terfokus. Untuk ukuran dari speaker ini berada di kisaran 4 sampai 6 inci saja.

Speaker Mid Range banyak digunakan untuk menghasilkan suara vokal. Biasanya speaker ini merupakan bagian dari speaker tipe 3 way. Tetapi, speaker mid range tidak dapat menghasilkan suara dengan nada tinggi. Kerja dari speaker mid range hanyalah untuk menyempurnakan dari kedua jenis speaker yang lainnya dalam tipe 3 way.

Speaker mid range sendiri berfungsi untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak dapat ditangkap oleh midbass dan tweeter. Dengan menggunakan midrange, maka suara vokal yang dihasilkan akan jadi lebih tebal dan jelas.

Jenis Jenis Speaker Berdasarkan Tipe

Setelah kalian mengetahui jenis-jenis speaker dan fungsinya, maka kalian perlu mengetahui juga jenis-jenis speaker berdasarkan tipe. Berikut ini adalah jenis speaker berdasarjan Tipe.

  • Speaker 2 Way

Speaker 2 Way merupakan tipe speaker yang menggunakan 2 sistem frekuensi, yakni tinggi dan rendah. Speaker 2 way ini adalah speaker yang terdiri dari 2 buah tweeter yang merupakan komponen audio yang berperan untuk menyemburkan suara dengan frekuensi tinggi. Sementara 2 midbass berperan untuk menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, dan terdiri dari dua x-over yang tugasnnya adalah memisah suara supaya tidak ada 2 suara yang saling bertindih. Speaker 2 Way meliputi woofer dan tweeter.

  • Speaker 3 Way

Sedangkan untuk 3 way speaker merupakan speaker yang terdiri dari midrange yang fungsinya untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak bisa ditangkap oleh tweeter atau midbass. Speaker 3 Way merupakan jenis speaker dengan 3 jenis frekuensi. Speaker jenis ini menggunakan frekuensi rendah, menengah dan tinggi. Speaker 3 Way dapat menghasilkan frekuensi mulai dari 20 Hz hingga 20 KHz. Speaker 3 Way meliputi speaker midrange, tweeter dan full range.

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi yang sudah Teknowarta sampaikan tentang jenis jenis speaker dan fungsinya. Kalian bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi agar kalian dapat menemukan speaker yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga membantu dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu