Aplikasi dan Software yang Harus Ada di Komputer Baru

Aplikasi dan Software yang Harus Ada di Komputer Baru

Aplikasi dan Software yang Harus Ada di Komputer Baru – Kalian Punya komputer baru? Inilah software Windows penting yang harus ada di komputer baru kalian.

Bagi kalian yang baru saja membeli PC baru ataupun menginstal ulang Windows, tugas pertama yang mungkin kalian lakukan adalah menginstal aplikasi. Meski ada banyak program Windows yang luar biasa, tetapi kalian harus tahu mana software yang harus dimiliki oleh komputer kalian.

Berikut inilah aplikasi-aplikasi penting untuk Windows 10 yang harus segera kalian instal.

 

  1. Internet Browser: Google Chrome

Yang pertama adalah Google Chrome. Ini sangat cepat, termasuk sedikit kemudahan seperti membiarkan kalian langsung mencari gambar di Google, dan mempunyai perpustakaan ekstensi Chrome yang luas. Lakukan sinkronisasi lintas platform yang memungkinkan kalian untuk membuka tab desktop di ponsel dan sebaliknya, dan kalian mempunyai peramban yang fantastis untuk semua tujuan.

Tetapi, Chrome bukannya tanpa kesalahan. Banyak orang ingin menghindari pelacakan Google yang meluas di Chrome, dan itu akan memakan banyak RAM. Tapi kabar baiknya adalah kalian mempunyai banyak peramban fantastis lainnya untuk dipilih, seperti Firefox dan Opera.

Bahkan Microsoft Edge bawaan sekarang didasarkan pada Chromium, jadi kalian bisa mencobalnya jika kalian lebih suka pendekatan Microsoft daripada Google.

 

  1. Cloud Storage: Google Drive

Jika kalian hanya memilih satu layanan aplikasi cloud, maka Google Drive adalah yang harus kalian  instal. Ini menawarkan penyimpanan gratis sebesar 15GB, yang dibagikan di seluruh akun Google kalian dengan Google Foto dan Gmail juga.

Trending :  Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Komputer / Laptop Windows

Google Drive menawarkan aplikasi untuk setiap platform utama, sehingga kalian bisa membawa file kalian ke mana saja. Tak hanya menyinkronkan file yang kalian tempatkan di folder Google Drive khusus, aplikasi desktop ini juga memudahkan untuk mencadangkan folder di komputer dan perangkat eksternal kalian.

Untuk berbagi file dengan orang lain juga sangatlah mudah, ditambah layanan ini berfungsi baik dengan rangkaian produktivitas Google. Baik kalian menggunakannya sebagai bagian dari rencana pencadangan, sebagai flash drive cloud, ataupun untuk menyiapkan folder bersama dengan orang lain, Google Drive merupakan pilihan aplikasi Windows 10 yang penting.

Dipasangkan dengan OneDrive yang disertakan dalam Windows 10 atau penyedia penyimpanan cloud gratis lainnya, kalian bisa mendapatkan banyak ruang penyimpanan dan memisahkan file kalian secara logis berdasarkan layanan.

 

  1. Untuk Keperluan Keamanan: Malwarebytes Anti-Malware

Windows 10 juga menyertakan Windows Defender. Ini merupakan antivirus yang cukup baik untuk sebagian besar pengguna. Akan tetapi, sebaiknya kalian tetap menginstal program keamanan sekunder.

Untuk ini, kalian tidak bisa mengalahkan Malwarebytes. Versi gratisnya memungkinkan kalian memindai sistem kalian dari malware yang mungkin tidak ditangkap oleh antivirus kalian. Dan untuk solusi keamanan campuran yang kuat, meningkatkan ke Malwarebytes Premium sepadan dengan biayanya.

 

  1. Pemutar Media: VLC

Karena adanya keberadaan YouTube di mana-mana, kalian mungkin tidak terlalu sering menonton video lokal. Tetapi, setiap orang harus tetap menyimpan pemutar video yang solid di desktop kalian ketika kalian perlu memutar file media secara lokal. Bahkan jika itu bukanlah salah satu hal yang kalian pikirkan untuk segera diunduh di komputer baru, nantinya itu akan berguna di suatu hari nanti.

Untuk tugas ini, tidak ada yang bisa mengalahkan VLC Media Player, yang mengemas banyak fitur dan mampu untuk memutar hampir semua format video dan audio yang bisa dibayangkan. Kalian mungkin tidak sering memecahkannya, tetapi berikan VLC unduhan ketika kalian mengatur PC kalian. Kalian tidak perlu repot-repot mengotak-atik codec video atau menggunakan QuickTime, yang tidak lagi didukung untuk Windows.

Trending :  Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Komputer / Laptop Windows

 

  1. Screenshots: ShareX

Mengambil tangkapan layar di Windows berguna untuk segala hal mulai dari mengabadikan momen lucu hingga memiliki catatan informasi penting. Snipping Tool dasar dan aplikasi Snip & Sketch hanya menyediakan set fitur barebone, jadi kalian hanya membutuhkan sesuatu yang lebih baik dalam paket aplikasi Windows penting kalian.

Kalian tidak akan menemukan alat tangkapan layar gratis yang lebih kuat dibandingkan ShareX. Dengan banyak metode pengambilan, editor bawaan yang solid, kemampuan untuk menjalankan langkah otomatis setelah kalian mengambil tangkapan layar, dan alat tambahan seperti pengambil warna dan penggaris, ShareX mempunyai rangkaian fitur yang mengesankan tanpa adanya biaya.

Jika ShareX membuat kalian kewalahan, maka cobalah PicPick sebagai gantinya. Ini sedikit lebih sederhana, tetapi tidak berkompromi pada fitur.

 

  1. File Compression and Extraction: 7-Zip

Windows menyertakan dukungan asli untuk file zip yang sederhana, tapi apapun juga di luar dasar memerlukan alat yang lebih kuat. Meski ini bukanlah kategori perangkat lunak yang paling menarik, pengekstrak file masih merupakan aplikasi PC yang harus dimiliki sehingga kalian bisa bekerja dengan segala jenis file arsip yang mungkin kalian temui.

7-Zip merupakan standar emas untuk aplikasi kompresi dan ekstraksi file. Ini berukuran kecil dan mudah dipasang, mudah digunakan, dan juga tidak mengganggu kalian ketika sedang tidak digunakan. Mereka yang membutuhkan fitur-fitur canggih masih akan menemukannya di 7-Zip.

Satu-satunya kelemahan dari 7-Zip adalah penampilannya yang sudah tua. Jika kalian tidak bisa melupakannya, lihat PeaZip, yang merupakan alat serupa dengan antarmuka yang jauh lebih menarik. Either way, kalian tentu tidak perlu membayar untuk alat seperti WinRAR ini.

 

  1. Storage Management: TreeSize Free

Semua orang pasti tahu kerumitan ketika sedang kehabisan ruang penyimpanan. Itulah mengapa salah satu aplikasi lain yang harus ada di komputer kalian adalah penganalisis disk.

Trending :  Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Komputer / Laptop Windows

TreeSize Free merupakan cara yang mudah untuk mengetahui apa yang menghabiskan ruang di komputer kalian. Kalian cukup buka dan beri tahu disk mana yang akan dipindai, dan itu akan memesan semua folder di PC kalian berdasarkan seberapa besar ukurannya. Kemudian kalian bisa melihat file terbesar di komputer kalian dan mengambil tindakan untuk menghapus atau memindahkannya.

Jangan membuang-buang waktu kalian dengan menelusuri folder secara manual dan menemukan file besar, biarkanlah utilitas penting ini melakukannya untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.