Speaker Aktif Tidak Ada Suara? Begini Cara Memperbaikinya!

Speaker Aktif Tidak Ada Suara? Begini Cara Memperbaikinya!

Speaker Aktif Tidak Ada Suara Speaker merupakan sebuah perangkat yang bisa memproduksi suara-suara ataupun music yang kemampuanya telah didesain sedemikian rupa, agar bisa sesuai dengan ambang batas kemampuan pendengaran manusia.

Speaker aktif sendiri terdiri dari beberapa speaker yang suaranya bisa diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. Jangkauan frekuensi dari speaker aktif berada pada kisaran 20Hz sampai 20.000 Hz (frekuensi yang masih bisa didengar oleh telinga manusia).

Fungsi dari speaker yakni sebagai mesin pengubah terakhir sehingga sinyal elektrik dapat diubah menjadi vibrasi-vibrasi fisik yang nantinya akan menghasilkan gelombang suara tertentu.

Sistem speaker merupakan kunci dari kualitas suara yang dihasilkan dan kualitas suara juga bisa dipengaruhi oleh desain speaker.

 

Apa itu Speaker Aktif?

Speaker aktif adalah perangkat untuk memproduksi suara-suara atau music. Kemampuan dari speaker aktif telah didesain dengan sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan batas kemampuan pendengaran manusia.

Dengan terdiri dari beberapa speaker, karena itulah speaker aktif ini bisa kalian atur suaranya sesuai dengan keinginan kalian. Untuk jangkauan frekuensinya berada pada kisaran 20Hz sampai dengan  20.000 Hz (frekuensi yang masih bisa didengar oleh telinga manusia).

 

Bagaimana Cara Kerja Speaker Aktif?

Sebenarnya fungsi dari speaker aktif ini sebagai mesin pengubah terakhir. Speaker bisa merubah sinyal elektrik menjadi vibrasi-vibrasi fisik yang nantinya dapat menghasilkan gelombang-gelombang suara tertentu.

Sistem speaker adalah kunci dari kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker aktif. File rekaman mungkin bagus, tetapi jika didengarkan menggunakan speaker aktif yang jelek, maka hasil suaranya akan jelek juga. Untuk desain speaker juga harus kalian perhatikan ya, karena desain bisa mempengaruhi kualitas suara nya.

Trending :  Merk Speaker Bass Terbaik di Indonesia 2021

 

Pembahasan Cara Memperbaiki Speaker Aktif Tidak Ada Suara

Meskipun kalian mempunyai file rekaman yang bagus, tetapi kalian mendengarkannya menggunakan system speaker yang jelek, maka otomatis suara yang dihasilkan akan jelek juga.

Tapi terkadang ada beberapa speaker aktif yang tidak ada suaranya. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti error, kerusakan dan lain-lainya.

Kalian bisa memperbaiki sendiri speaker yang tidak ada suaranya asalkan kerusakannya yang terjadi tidak terlalu parah supaya tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak.

Dengan mengetahui cara kerja dari speaker aktif beserta fungsinya yang sudah disampaikan diatas, maka untuk memperbaikinya tentu akan jadi lebih mudah.

Agar lebih jelas, maka kalian bisa menyimak ulasan berikut ini tentang cara untuk memperbaiki speaker aktif tidak ada suaranya.

 

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Tidak Ada Suara

Untuk memperbaiki speaker aktif yang tidak ada suaranya kalian bisa menggunakan cara-cara dibawah ini. Cara untuk memperbaiki speaker aktif yang tidak ada suaranya yakni sebagai berikut:

 

  1. Cara Memperbaiki Speaker Aktif yang Tidak Ada Suara dengan Mengetahui Beberapa Komponen Speaker 

Supaya proses memperbaiki speaker aktif jadi lebih mudah, ada beberapa komponen di dalam speaker aktif yang harus kalian ketahui.

Berikut ini Teknowarta akan menjelaskan cara untuk memperbaiki speaker aktif tidak ada suara dengan mengetahui beberapa komponen speaker.

  • Midrange, komponen ini fungsi nya untuk mereproduksi nada-nada pertengahan seperti suara penyanyi dan gendang.
  • Tweeter, komponen yang gunanya untuk memproduksi nada-nada tinggi misalnya biola atau simbal.
  • Woofer, komponen yang memproduksi nada-nada rendah seperti suara bass dan drum.
  • Tune Kontrol yang terdiri dari Kontrol Mic 1, 2 da 3, Kontrol Volume, Bass, Treble dan juga Echo yang fungsinya untuk mengatur gelombang sehingga bisa menghasilkan suara tertentu sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya.
  • Terminal Mic, komponen ini gunanya untuk menghubungkan perangkat Mic dengan sistem speaker.
  • Sakelar Power ON/OFF yang gunanya untuk menghubungkan dan memutus aliran listrik ke sistem speaker.
  • Indikator Power, komponen yang berfungsi dalam mengisyaratkan apakah speaker dalam kondisi aktif ON atau OFF.
  • Kabel Power, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan sinyal-sinyal elektrik.
  • Terminal Speaker L/R, fungsi komponen ini untuk menghubungkan perangkat speaker yang kanan/kiri.
  • Terminal Line IN/OUT, komponen ini gunanya untuk mengirim serta menerima sinyal dari perangkat audio seperti gitar, keyboard dan juga bass.
  • Ampifilier, fungsi komponen ini untuk menguatkan atau memperbesar sinyal keluaran dari speaker.
  • Kotak Speaker Aktif yang gunanya sebagai wadah pelindung dari sistem speaker aktif.
Trending :  Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron

 

  1. Cara Memperbaiki Speaker Aktif Tidak Ada Suara

Adapun cara untuk memperbaiki speaker aktif tidak ada suara, yakni sebagai berikut:

  • Silahkan kalian cek lampu indikatornya. Kalian harus memeriksa kabel yang menuju stop kontak, power dan trafo jika lampunya tidak menyala.
  • Lalu kalian periksa komponen power supply.
  • Selanjutnya, kalian buka Fuse dan periksa sikring dibagian belakang menggunakan AVO meter.
  • Kemudian, kalian buka tutup box belakang lalu kalian periksa sikring di papan PCB menggunakan AVO meter.
  • Cara untuk menggunakan AVO meter yakni dengan mengarahkan AVO meter ke RX1 lalu tinggal colokkan kabel berwarna hitam dan merah di sisi sikring. Kalian harus tahu sikring dengan yang baru jika jarum AVO tidak bergerak karena sudah rusak.
  • Setelah itu kalian periksa konektor yang ke power supply dengan cara dilepas dan setelah selesai diperiksa silahkan kalian pasangkan kembali.
  • Jika sudah, lanjutkan ke amplifier dan segeralah ganti dengan yang baru jika kalian menemukan ada komponen yang rusak.
  • Kabel output amplifier yang menuju speaker juga harus kalian periksa termasuk tweeter, midrange dan woofer. Kalian periksa baik-baik satu persatu rangkaian speaker tersebut.

Jika kalian tidak menemukan masalah saat speaker aktif dinyalakan tapi tidak ada suara, maka komponen mesin PCB lah yang kemungkinan bermasalah.

Oleh karena itu, kalian periksa komponen PCB satu persatu dan segera kalian ganti dengan yang baru jika kalian menemukan ada komponen yang rusak.

 

Cara Merawat Speaker Aktif

Kalian harus menyayangi dan menghargai barang-barang kalian termasuk speaker aktif yang kalian punya. Setelah cara memperbaiki speaker aktif tidak ada suara, sekarang Teknowarta akan memberi tahukan cara untuk merawat speaker aktif supaya performanya tetap prima. Silahkan kalian simak cara merawat speaker aktif berikut:

  • Tempatkanlah speaker aktif yang bebas dari jangkauan anak-anak kecil. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya anak-anak tidak memukul-mukul speaker atau bahkan membantingnya.
  • Tempatkanlah di ruangan yang bersih, datar, dan juga kering.
  • Harap lepaskan stop kontak jika speaker aktif sudah tidak kalian gunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Amankan juga sambungan kabel supaya nantinya tidak mengganggu perangkat yang lainnya.
Trending :  Macam Macam Kerusakan Di Speaker Aktif Polytron

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi tentang speaker aktif mulai dari pengertian, fungsi, cara memperbaiki, dan juga cara merawat speaker aktif yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga dengan adanya informasi yang telah disampaikan tadi bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian, khususnya yang sedang mengalami masalah speaker aktif tidak ada suara.

Check Also

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola – Antena parabola merupakan satu set perangkat antena yang terdiri dari beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.