Fungsi Usus Kecil dalam Pencernaan

Fungsi Usus Kecil dalam Pencernaan

Usus halus adalah tabung panjang yang kira-kira 18 meter (6 meter). Usus halus disebut kecil karena diameter atau lebar tabung jauh lebih kecil dari usus besar. Bagian-bagian dari usus kecil termasuk duodenum, jejunum dan ileum.

Duodenum adalah segmen usus antara perut dan jejunum yang sangat aktif dalam pencernaan di mana banyak enzim yang berbeda campuran dari lambung, hati, kandung empedu, dan pankreas. Usus halus adalah lokasi di tubuh di mana sebagian besar nutrisi dari makanan yang dicerna diserap. Sedangkan perut bertanggung jawab adalah pengorbanan dan kerusakan mekanis makanan, usus kecil sangat penting untuk penyerapan. Makanan dicerna melewati dinding usus ke dalam pembuluh darah yang kemudian mendistribusikan nutrisi pertama ke hati dan kemudian melalui seluruh tubuh.

Jejunum

Jejunum adalah bagian kedua dari usus kecil; itu adalah sekitar 3 sampai 6 kaki (rata-rata 1,5 meter) panjangnya dan terletak di antara duodenum dan ileum. Tidak ada demarkasi yang jelas antara jejunum ke ileum; Namun, perubahan dari duodenum ke jejunum jelas ditandai karena ligamen Treitz. Selaput lendir pada permukaan bagian dalam dari jejunum ditutupi dengan rambut seperti proyeksi disebut vili. Ini adalah berperan dalam penyerapan nutrisi seperti protein, karbohidrat, asam amino, gula, partikel asam lemak, vitamin, mineral, elektrolit dan air. Sangat menarik untuk dicatat bahwa vili di jejunum lebih panjang daripada di duodenum dan ileum. Permukaan adalah dari jejunum juga meningkat karena lipatan melingkar besar yang disebut circulares plicae hadir dalam submukosa.

Bagian usus yg paling bawah

Ileum adalah bagian akhir dari usus kecil. Ini membuka ke dalam usus besar melalui katup ileocecal. Ileum didahului oleh jejunum. Bagian dari usus kecil adalah sekitar 6 sampai 12 kaki (3,5 meter).[

Trending :  Struktur Otak Manusia

Ileum menyerap terutama vitamin B12, vitamin yang larut dalam air lainnya, garam empedu, dan nutrisi yang tidak diserap dalam jejunum. Lebih khusus, penyerapan vitamin berlangsung di ileum terminal – bagian terakhir dari ileum.

Penghapusan ini bagian dari ileum akan memerlukan dosis vitamin B12 tambahan untuk sisa hidup. Luas permukaan ileum sangat besar untuk memfasilitasi proses adsorpsi dan penyerapan. Permukaan terdiri dari banyak segmen jari-seperti kecil yang menonjol ke luar. Ini disebut vili dan ditutupi dengan sel epitel.

Kapiler di vili asam amino transportasi ke hati melalui pembuluh darah portal. Produk pencernaan lemak, yaitu asam lemak dan gliserol diserap oleh lakteal. Ini adalah pembuluh getah bening kecil. Makanan dicerna didorong sepanjang ileum dengan cara kontraksi otot peristaltik. Makanan yang tidak tercerna dan air bergerak ke dalam usus besar.

 

Fungsi Usus Kecil dalam Pencernaan

Tidak ada gunanya ditandai di mana jejunum berakhir dan ileum dimulai; namun ada perbedaan tertentu antara dua daerah saluran usus. Ada lebih banyak lemak di dalam membran transparan mesenterika di ileum dibandingkan dengan jejunum. Juga, ileum adalah warna pucat dan memiliki lubang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.