Apa Fungsi Duodenum?

Usus kecil terdiri dari tiga segmen yaitu duodenum, jejunum dan ileum. Setiap segmen dari usus kecil melakukan fungsi mencerna berbeda. duodenum terlibat dalam mogok makanan dan penyerapan nutrisi.

Gambaran Duodenum

duodenum adalah organ berbentuk C- terletak di bawah perut dan kurva sekitar pankreas. duodenum adalah bagian atas dari usus kecil dan itu adalah bagian pertama dan terpendek dari usus kecil. Ini adalah panjang sekitar 25-30 cm. duodenum adalah tabung bersendi berongga yang menghubungkan lambung ke jejunum. duodenum dibagi menjadi empat bagian: superior, turun, horizontal dan menaik duodenum. lapisan dalam duodenum terbuat dari kriptus yang meningkatkan luas permukaan membran usus, membuat pencernaan lebih efisien. duodenum juga mengandung otot polos untuk mendorong produk-produk limbah ke usus besar. Terlepas dari ini, beberapa saluran terbuka ke duodenum dari pankreas, kandung empedu dan hati.

Fungsi Duodenum

Duodenum dilanjutkan dalam proses pencernaan makanan yang dimulai di perut. Fungsi utamanya adalah untuk menerima chyme (cairan lambung yang menghancurkan makanan) yang merupakan kombinasi dari asam makanan dan lambung yang sebagian tercerna. chyme dilepaskan ke dalam duodenum melalui pilorus, yang merupakan katup kecil yang terletak antara perut dan duodenum. duodenum menerima chyme dari lambung dan melanjutkan pencernaan. Hal ini dilakukan dengan bantuan enzim pencernaan dan jus usus disekresi oleh diabadikan di dinding usus. Juga, duodenum menerima empedu yang dialirkan dari hati dan kandung empedu dan air pankreas disekresikan oleh pankreas. Sekresi ini membantu dalam pencernaan makanan.

Terlepas dari mencerna makanan, duodenum mengatur laju pengosongan lambung. pengosongan lambung merupakan proses makanan bergerak dari lambung ke duodenum. duodenum juga memicu sinyal lapar. Kedua fungsi ini dilakukan dengan bantuan hormon yang diproduksi dan dirilis oleh epitel duodenum. epitel duodenum termasuk sel-sel yang mensekresi dua hormon yang dikenal sebagai sekretin dan cholecystokinin. Ketika kelebihan asam hadir dalam usus kecil atau usus dua belas jari, hormon sekretin dilepaskan. Di sisi lain, cholecystokinin dilepaskan dengan adanya asam lemak dan asam amino. Kedua sekretin dan cholecystokinin mendorong sekresi empedu yang dan air pankreas.

Akhirnya, duodenum menyerap nutrisi dan itu bahkan lebih dari bagian perut. Karena itu, pada orang gemuk, duodenum sering dilakukan operasi bypass lambung untuk menurunkan penyerapan nutrisi.

Leave a Comment