WhatsApp Tidak Bisa Di Install, Ini Penyebab dan Solusinya

WhatsApp Tidak Bisa Di Install – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi whatsapp, pasalnya aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling populer di Indonesia dan dunia. WhatsApp sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan dengan orang lain tanpa menggunakan pulsa, melainkan menggunakan data Internet.

Untuk bisa menggunakanya kamu cukup download dan install melalui Google Play Store ataupun AppStore secara gratis. Tetapi terkadang ada sebagian pengguna yang mengeluhkan WhatsApp Tidak Bisa Di Install, ketika sedang menginstal selalu gagal prosesnya. Tentunya hal tersebut tidak bisa dibiarkan saja dan harus mencari solusinya.

Nah, pada kesempatan kali ini teknowarta akan membagikan informasi mengenai hal tersebut, jadi kamu tidak perlu khawatir. Tapi sebelum itu sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab WhatsApp tidak bisa di install berikut ini.

Penyebab Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Di Install

Ada banyak faktor Penyebab kenapa whatsapp tidak bisa di install, baik faktor dari file aplikasi, network yang tidak lancar, atau sering juga dikarenakan dari faktor handphone itu sendiri. Biasanya ketika gagal ketika proses menginstal whatsapp ada kode error yang ditunjukan, seperti 404,11 dan masih banyak lagi yang lain.

Kode tersebut sebenarnya juga menunjukan penyebab kenapa wa tidak bisa di install di android ataupun iPhone. Untuk setiap kode error juga biasanya membutuhkan penanganan dan solusi yang berbeda.

Penyebab lain yang membuat wa tidak bisa di instal adalah perangkat atau handphone yang tidak kompatibel dengan versi wa tersebut. Jika itu yang terjadi maka solusinya adalah kamu mengganti handphone atau menggunakan whatsapp versi mod.

Namun sebenarnya penyebab yang paling banyak ditemukan adalah memori ponsel sudah penuh. Memori handphone yang telah penuh menyebabkan file whatsapp sudah tidak mendapatkan space yang cukup, jadi solusinya kamu harus menghapus beberapa aplikasi atau file agar file instalasi wa bisa masuk.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa di install yang perlu kamu ketahui sebelum mengetahui cara mengatasinya :

1. Aplikasi Tidak Kompatibel Dengan Perangkat Android

WhatsApp Tidak Kompatibel

Pada Smartphone-Smartphone yang khususnya keluaran terbaru, sudah jarang sekali permasalah seperti ini terjadi. Tetapi tidak menutup kemungkinan permasalahan seperti ini muncul entah itu karena bug pada aplikasi WhatsApp ataukah karena Sistem Androidnya.

Selain itu versi os yang terlalu jadul juga menjadi penyebab kenapa wa tidak bisa di install di perangkat handphone kamu.

2. Kode Kesalahan / Error

Kode error whatsapp tidak bisa di install

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan adanya kode kesalahan atau Error. Kode kesalahan sendiri ada banyak yang bisa kamu temukan, dan untuk memperbaiki kode kesalahan tersebut ada caranya masing-masing dan semuanya sama untuk memperbaikinya.

3. Penyimpanan Tidak Mencukupi

memori penuh penyebab WhatsApp Tidak Bisa Di Install

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan ruang penyimpanan yang tidak mencukupi, mungkin penyebab yang satu ini adalah yang paling sering dialami oleh sebagian besar pengguna HP Android. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menghapus cache dan data Google Play Store.

Jika sudah kamu lakukan tetapi masih saja tidak bisa di install aplikasi WhatsApp nya, maka kamu bisa mencoba untuk mengosongkan ruang pada Smartphone kamu.

Rekomendasi :

4. Item Tidak Tersedia

Penyebab selanjutnya yaitu karena item tidak tersedia. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka kamu bisa meminta bantuan penyelesaian masalah dari Pusat Bantuan Google Play. Tetapi jika tidak membantu, maka kamu bisa men-download aplikasi WhatsApp sebagai file Apk dan memperbarui Aplikasi.

5. Proses install Stuck

Penyebab terakhir yaitu proses install yang tanpa ujung, maksud dari proses tanpa ujung ini yaitu pada saat pemasangan atau install WhatsApp tidak berhenti-henti prosesnya dan berjalan terus-menerus. Biasanya masalah ini disebabkan karena pengaturan opsi pembaruan Aplikasi atau bisa juga masalah koneksi internet.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Di Install

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui solusi untuk Aplikasi WhatsApp yang tidak bisa di Install. Setiap hal yang menyebabkan wa tidak bisa di install berbeda solusi dan cara penangananya.

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Solusi pertama untuk WhatsApp yang tidak bisa di install yaitu dengan mengosongkan ruang penyimpanan. Pasalnya, saat kamu mengunduh WhatsApp di Play Store, nantinya akan menyimpan aplikasi WhatsApp tersebut ke penyimpanan perangakat atau memori Internal.

Meskipun ukuran aplikasi WhatsApp tidak terlalalu besar, tetapi jika memori internal HP sudah penuh maka aplikasi tidak akan bisa di install. Sehingga, pada saat kamu mengunduh suatu aplikasi yang ada di Play Store akan ada keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat”.

Oleh karena itulah, kamu perlu untuk menghapus beberapa file maupun aplikasi yang kamu rasa tidak penting atau yang mungkin sudah tidak pernah dipakai. Sehingga, nantinya kamu bisa dengan mudah menginstall WhatsApp tanpa adanya gangguan penyimpanan penuh.

2. Gunakan Koneksi Internet yang Lancar

Solusi selanjutnya yaitu koneksi Internet yang lancar, tentunya hal ini sudah harus dipastikan sebelum mengunduh aplikasi di Google Play Store seperti WhatsApp. Karena itulah, penting sekali untuk mengecek koneksi internet sebelum mengunduh aplikasi.

Dibutuhkannya koneksi Internet yang lancar saat mengunduh Aplikasi karena untuk mencegah terjadinya stuck atau berhenti saat proses mengunduh sedang berlangsung. Masalah koneksi internet ini sebenarnya sudah sering terjadi meskipun kita mengunduh aplikasi yang berukuran kecil sekalipun.

3. Clear Data Play Store dan Cache Handphone

Solusi selanjutnya adalah clear data Play Store, masalah pada Play Store ini jarang diketahui penyebabnya. Tetapi ada salah satu cara yang ampun untuk mengatasinya, yakni dengan menghapus data atau clear data Play Store.

Hal ini bertujuan untuk mereset aplikasi Play Store, jadi jika ada suatu permasalahan nantinya akan ikut terhapus permasalahan tersebut. Jika clear data sudah kamu lakukan, cobalah kamu mengunduh kembali aplikasi WhatsApp.

Selain itu, kamu juga perlu untuk melakukan clear cache pada handphone karena cache yang menumpuk dapat menyebabkan memori telepon menjadi penuh. Sebaiknya bersihkan cache secara rutin agar kinerja handphone menjadi lebih maksimal.

4. Memperbaiki Kode Error

Solusi selanjutnya yaitu memperbaiki kode error, saat kamu mengunduh aplikasi WhatsApp di Play Store tetapi ada permasalahan. Pada saat itu, biasanya akan muncul sebuah pesan dengan ditandai kode error tertentu.

Kode error sendiri ada beberapa yang biasanya muncul saat tidak bisa mengunduh Aplikasi WhatsApp di PlayStore. Kode-kode error tersebut antara lain yaitu : 413,481,491,492,505,907,910,921,927,941 dan DF-DLA-15.

5. Download Melalui Situs Resmi

Solusi terakhir yaitu dengan download dari situs resmi whatsapp, hal ini bisa kamu lakukan jika permasalahan tidak menemui solusi seperti yang diatas. Kamu bisa langsung menuju ke situs resmi WhatsApp untuk mengunduh aplikasinya.

Cara ini banyak direkomendasikan oleh situs-situs gadget ternama, selain itu situs resminya juga merekomendasikan hal yang sama. Ini dikarenakan aplikasinya jauh lebih aman dan aplikasinya juga sama seperti yang ada di Google Play Store.

6. Perbaiki Tanggal di Ponsel

Sebenarnya ini masalah yang sangat sepele, namun sering diabakan oleh banyak orang. Tanggal sistem di handphone biasanya akan langsung update ketika jaringan internet di hidupkan, namun beberapa pengaturan waktu dan tanggal di handphone tidak di setting secara otomatis.

Pengaturan tanggal ini tidak akan menjadi masalah apabila hanya berselisih bulan saja, namun apabila handphone baru di reset biasanya tanggal akan kacau karena tidak di setting otomatis. Hal ini mengakibatkan error dan wa jadi tidak bisa di instal karena ketidak sesuaian tanggal.

Untuk itu apabila whatsapp tidak bisa di instal, cek pengaturan tanggal apakah sudah sesuai dan update. Apabila belum, kamu bisa mengaturnya dengan masuk ke menu setting – date & time – dan aktifkan pembaruan otomatis atau set secara manual.

8. Gunakan Toko Aplikasi Lain

Terakhir apabila kamu sudah melakukan semau langkah diatas namun whatsapp masih tidak bisa di install, kamu bisa mencoba untuk mendownload dari toko aplikasi selain play store. Untuk android ada banyak toko aplikasi selain play store seperti APK Mirro, APK Pure, Aptoide dan masih banyak yang lain.

Ini menjadi langkah terakhir dan biasanya di karenakan perangkat yang sudah tidak kompatibel atau terlalu jadul. Kamu bisa mendownload Whatsapp versi lama di toko aplikasi diatas agar bisa kompatibel dengan perangkat kamu. Namun jika masih tidak menemukan versi yang kompatibel kamu bisa mencoba wa mod seperti GB Whatsapp, Whatsapp aero, FM whatsapp dan masih banyak aplikasi mod yang lain.

Namun kamu juga harus berhati – hati jika menggunakan aplikasi dalam versi mod karena aplikasi ini adalah buatan pihak ketiga dan merupakan aplikasi ilegal.

Akhir Kata

Itulah penyebab kenapa whatsapp tidak bisa di install dan cara mengatasinya. Agar lebih mudah untuk mengatasi, sebaiknya memang mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan wa tidak bisa di instal agar lebih mudah dalam menganalisa dan memperbaikinya.

Leave a Comment