Perbedaan Antara Arachnida dan Crustacea

Perbedaan Antara Arachnida dan Crustacea

Perbedaan Antara Arachnida dan Crustacea – Arakhnida dan Crustacea adalah dua kelompok utama invertebrata yang ditemukan di Filum Arthropoda yang memiliki beberapa fitur unik yang sama untuk kedua, arakhnida dan krustasea, dan membuat sulit untuk melihat perbedaan antara kedua kelompok makhluk.

Fitur-fitur unik dari arthropoda ini adalah adanya pelengkap bersendi, exoskeleton chitinous, trakea atau buku insang, mata majemuk dan sistem endokrin. Pada artikel ini, kita akan membahas fitur anatomi arakhnida dan krustasea, studi yang cermat yang penting dalam membedakan perbedaan antara arakhnida dan krustasea. Filum Arthropoda terdiri dari lima kelompok utama; yaitu Arachnida, Crustacea, Chilipoda, Diplopoda, dan Hexapoda (Insecta)

Apa Arakhnida?

Arakhnida termasuk terutama kalajengking, laba-laba, tungau dan kutu. Tubuh mereka memiliki dua bagian yang menonjol; prosoma (cephalothorax) dan opisthosoma (perut) dengan enam pasang pelengkap tersegmentasi. Pelengkap ini terhubung ke prosoma. Pasangan pertama pelengkap disebut chelicerae, yang digunakan untuk memanipulasi dan lulus makanan ke dalam mulut. Kedua pasangan ini disebut pedipalp, yang digunakan untuk menangkap makanan. Empat pasang terakhir bertindak sebagai kaki. Arakhnida tidak memiliki rahang dan antena seperti arthropoda lain seperti serangga. Kebanyakan arakhnida yang terestrial, dan hanya sedikit yang sekunder air. Paru-paru buku atau trakea digunakan sebagai organ pernapasan.[

Perbedaan Antara Arachnida dan Crustacea

Apa Crustacea?

Crustacea adalah arthropoda dengan divisi dua tubuh, yang disebut cephalothorax dan abdomen. Ada karapas seperti perisai untuk melampirkan cephalothorax, maka disebut krustasea. Crustacea memiliki pelengkap biramous dimana segmen bercabang, dan masing-masing cabang terdiri dari serangkaian segmen. Pelengkap ditemukan di semua segmen tubuh. Cephalothorax berisi dua pasang antena, sepasang rahang, dan dua pasang maksila. Semua krustasea secara eksklusif air dan ditemukan di kedua habitat air tawar dan air asin. Contoh-contoh umum untuk krustasea termasuk udang, lobster, udang, teritip, dan kepiting.

Trending :  Pengertian Metamorfosis

Perbedaan Antara Arakhnida dan Crustacea

Apa perbedaan antara Arakhnida dan Crustacea?

• Arakhnida memiliki prosoma (cephalothorax) dan opisthosoma (perut) dengan enam pasang pelengkap tersegmentasi, sedangkan krustasea memiliki cephalothorax dan perut. Pelengkap dari krustasea ditemukan di setiap segmen.

• Tidak seperti krustasea, arakhnida tidak memiliki antena dan rahang.

• Kebanyakan arakhnida yang terestrial, dan hanya sedikit yang sekunder air, sedangkan krustasea secara eksklusif air.

• Contoh untuk arakhnida termasuk kalajengking, laba-laba, tungau, dan kutu. Contoh krustasea udang, lobster, udang, teritip, dan kepiting.

• Organ pernapasan arakhnida adalah paru-paru buku atau trakea, sedangkan dari krustasea insang.

• Tidak seperti arakhnida, krustasea memiliki lanjutan mengintai mata majemuk.

• Crustacea memiliki karapas, tapi arakhnida tidak.

Check Also

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Pembuluh Darah dan Limfatik dari Kaki dan Sendi

Sendi dan otot harus dipelihara dengan baik. Darah dibawa ke pergelangan kaki dan kaki melalui …

Leave a Reply

Your email address will not be published.