Baterai 50 Persen Langsung Mati, Begini Cara Mengatasinya!

Baterai 50 Persen Langsung Mati – Smartphone merupakan salah satu perangkat yang mudah mengalami kerusakan jika penggunaannya secara terus menerus. Kerusakannya sendiri ada berbagai macam, salah satunya kerusakan pada baterainya. Salah satu masalah pada baterai Smartphone adalah baterai HP 50 langsung mati.

Masalah ini memang sudah sering dialami oleh para pengguna Smartphone dan tentunya akan membuat pengguna merasa kesal. Terlebih lagi, jika kerusakan tersebut terjadi pada saat-saat penting seperti sedang digunakan untuk bekerja atau digunakan untuk belajar.

Lalu, apakah ada cara untuk mengatasinya? Tentu saja ada, kalian tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini admin akan membagikan cara mengatasi HP baterai 50 langsung mati. Untuk lebih jelasnya lagi, kalian bisa menyimak ulasan selengkapnya dari teknowarta dibawah ini.

Penyebab Baterai HP 50 persen Langsung Mati

Sebelum membahas cara untuk mengatasi baterai HP 50 persen langsung mati, alangkah baiknya jika kalian mengetahui penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa penyebab baterai HP 50 persen langsung mati antara lain adalah.

  1. Baterai Rusak

Cara Mengatasi batterai 50 persen langsung mati

Penyebab yang pertama adalah yang paling umum, yakni baterai yang bermasalah atau baterai pada HP sudah drop. Untuk mendeteksi apakah baterai benar bermasalah atau tidak itu sebenarnya cukup mudah, yakni dengan mencoba menggunakan baterai yang lain.

Kalian bisa menggunakan baterai HP milik orang lain entah itu teman atau saudara, disarankan untuk jangan membeli baterai yang baru terlebih dahulu. Saat baterai normal dipasangkan pada HP kalian dan tidak terjadi masalah tersebut, itu artinya masalah nya ada pada baterai kalian.

  1. Sistem OS Bermasalah

Batterai 50 langsung mati karena sistem os bermasalah

Penyabab Selanjutnya yaitu sistem bermasalah, biasanya sudah corrupt atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang sering dilakukan yaitu dengan factory reset atau mereset ulang sistem.

  1. Ada Kerusakan Pada Hardware

batterai 50 karena ada kerusakan hardware

Penyebab selanjutnya yaitu terjadinya masalah pada Hardware. Dalam permasalahan ini, kita harus membawa Smartphone kita ke Service Center atau tukang servis.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Baterai HP 50 Persen Langsung Mati

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui cara untuk mengatasinya. Cara mengatasinya antara lain sebagai berikut.

  1. Mengganti Baterai HP

Cara pertama untuk mengatasi baterai HP 50 persen langsung mati yaitu dengan mengganti baterai HP. Sebelum menggantinya, pastikan kalian mengecek kondisi baterai tersebut terlebih dahulu dengan cara menggunakan baterai milik orang lain terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

  1. Perbaiki Sistem HP

Cara selanjutnya adalah memperbaiki sistem HP, sistem yang dimaksud adalah ROM yang ada pada Setiap HP. Masalah ini biasanya terjadi pada ponsel-ponsel keluaran lama diatas tiga tahun pemakaian. Untuk penyebabnya sendiri bisa dikarenakan sistem yang tidak stabil, terlalu banyak aplikasi, memori internal penuh dan ada bug pada sistem. Untuk mengatasinya yaitu dengan Update Sistem, rollback sistem dan factory reset.

  1. Memperbaiki Komponen yang Rusak di Tukang Servis

Cara selanjutnya adalah memperbaiki komponen yang rusak di tukang servis. Jika penyebabnya ada pada bagian hardware nya seperti IC, maka hanya yang sudah berpengalaman sajalah yang bisa mengeceknya, seperti tukang servis.

Jika kalian tidak paham dengan komponen-komponen HP, jangan coba-coba untuk membongkarnya sendiri. Karena, hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang terjadi semakin parah, karena untuk melakukan pengecekan itu membutuhkan peralatan khusus, jadi tidak boleh sembarangan.

  1. Memperbaiki Status Baterai

Cara yang terakhir yaitu dengan memperbaiki status baterainya, yakni dengan cara kalibrasi baterai secara manual ataupun dengan bantuan aplikasi tambahan. Sebenarnya permasalah ini memang jarang terjadi, namun terkadang muncul dalam keadaan tertentu seiring lamanya pemakaian HP. Biasanya disebabkan karena setelah update sistem, efek root, memasang custom ROM dan juga penyebab lainnya.

Akhir Kata

Ada banyak penyebab yang membuat Baterai 50 Persen Langsung Mati. Tidak hanya dari faktor hardware saja seperti baterai yang sudah berumur sehingga harus diganti, namun terkadang disebabkan oleh sistem OS yang sudah banyak mengalami corupt. Solusi terbaik adalah membawa handphone ke service center terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Comment