Inilah 6 Penyebab Ponsel Cepat Panas

Inilah 6 Penyebab Ponsel Cepat Panas

Penyebab Ponsel Cepat Panas – Kini, keberadaan ponsel sudah seperti sebuah hal yang wajib. Terlebih lagi perkembangan teknologi yang sudah semakin maju. Dizaman yang sudah maju ini, ponsel bisa menjadi partner manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan bentuknya yang simple dan mempunyai beragam fungsi menjadikan gadget yang satu ini banyak digemari.

Tetapi, mau secanggih apapun teknologi, pasti ada batasnya. Begitu juga dengan ponsel ini. Meskipun merupakan benda yang praktis digunakan, ponsel akan menjadi panas jika digunakan secara terus menerus. Jika ponsel sudah panas, maka kinerja dari ponsel akan semakin melambat.

Penyebab ponsel panas itu ada bermacam-macam. Penggunaan yang berlebihan, baterai, atau kondisi software pada ponsel menjadi penyebab yang paling umum. Sebagai pengguna, seharunya kita bisa memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik dan sebijak mungkin. Jadi, jangan terlalu memaksakan penggunaan hp, karena dapat berdampak buruk untuk gadget kita.

Berikut ini adalah beberapa penyebab ponsel cepat panas yang harus kalian ketahui.

Penyebab Ponsel Cepat Panas

  1. Bermain Game untuk Waktu yang Lama

Yang pertama adalah penggunaan ponsel untuk bermain game dalam waktu yang lama. Bermain game dengan jangka waktu yang lama dapat membuat ponsel panas dan membuat baterai ponsel cepat habis. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para pengguna ponsel, mengingat akhir-akhir ini banyak game sedang naik daun.

Meskipun game dapat menjadi hiburan dan pengusir rasa bosan, tetapi kita tidak seharusnya bermain game selama berjam-jam. Aplikasi game mempunyai intensitas yang tinggi dan inti pemrosesan pusat pada ponsel kalian, selain unit pemrosesan grafis, bisa membuat ponsel menjadi cepat panas.

  1. Konten Streaming 

Penyebab selanjutnya yaitu penggunaan hp untuk menonton konten streaming. Mungkin kalian jarang atau bahkan tidak bermain game di gadget kalian. Akan tetapi jika kalian menonton YouTube atau aplikasi yang serupa selama berjam-jam, maka tidak ada bedanya dengan bermain game.

Trending :  3 HP Oppo Dengan Kapasitas Baterai 5.000 mAH

Konten streaming yang kalian tonton itu akan membuat ponsel kalian harus memuat data video dan menjaga tampilan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama. Dan upaya dari hp ini bisa membuatnya menjadi cepat panas.

  1. Pengaturan yang Tidak Optimal

Selanjutnya adalah setelan pada ponsel kalian. Ternyata, setelan ponsel juga bisa mempengaruhi jumlah energi yang digunakan. Contohnya seperti tingkat kecerahan layar atau penggunaan wallpaper animasi ini dapat mempengaruhi daya baterai hp.

Jadi, cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar pada ponsel kalian. Atur lagi pengaturan ponsel kalian untuk meringankan beban pada CPU ponsel.

  1. Faktor Lingkungan Penyebab Ponsel Cepat Panas

Penyebab selanjutnya yaitu karena faktor lingkungan. Paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab paling umum kenapa ponsel menjadi panas. Selain itu kebiasaan meletakkan ponsel didalam mobil pada hari yang terik juga bisa membuat ponsel cepat panas. Jadi, mulai sekarang kalian harus perhatikan di mana letak ponsel kalian. Jangan sampai ponsel kalian kepanasan karena kecerobohan.

  1. Aplikasi yang Butuh Pembaruan

Penyebab selanjutnya yaitu karena aplikasi yang tidak diperbarui. Mungkin kalian pernah mengalami bug pada salah satu aplikasi di ponsel kalian. Selain menjengkelkan, ternyata kondisi ini juga bisa membuat ponsel menjadi panas. Bug atau masalah pada aplikasi ini bisa membuat ponsel menjadi panas karena terlalu banyak menggunakan prosesor.

Oleh karena itulah pembaruan pada aplikasi sangatlah penting untuk memperbaiki bug. Pembaruan aplikasi juga akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik.

  1. Pembaruan Software Penyebab Ponsel Cepat panas

Penyebab ponsel cepat panas yang terakhir yaitu karena software yang belum diperbarui. Tak hanya aplikasi saja, software pada ponsel juga membutuhkan pembaruan.

Trending :  Realme GT Neo 2 Rilis di Indonesia,Spesifikasi dan Harga

Ponsel bisa terlalu panas selama atau tepat setelah pembaruan. Hal ini dapat terjadi karena terdapat sebuah bug pada OS yang harus diperbaiki melalui pembaruan, yang mungkin membutuhkan peningkatan daya pada saat itu.

Dan itulah tadi 6 penyebab ponsel cepat panas menurut Teknowarta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.