Mengenal Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word

Mengenal Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word

Teknowarta – Mengenal Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word. Jika kalian bisa membaca artikel ini, berarti kalian pasti telah mengenal komputer atau pernah mengoperasikanya. Microsoft Word, kalian pasti pernah menggunakanya kan ? ya minimal mendengarnya.

MS Word adalah sebuah software dari microsoft yang berguna sebagai pengolah data dan banyak digunakan untuk membuat dokumen, surat, laporan, label surat, dan juga tabel.

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas menu bar ms word yang sebenarnya sudah cukup jadul di tahun 2021 namun masih banyak juga orang yang menggunakanya, fitur dan menu di Ms Word juga terbilang sangat lengkap.

Kali ini mimin gak akan membahas tentang cara membuat surat lamaran, atau membuat surat laporan menggunakan microsoft word, namun mimin akan membahas tentang bagian dari microsoft word yang harus kalian ketahui.

Menu bar berisi fitur dan tools ms word yang digunakan untuk banyak kebutuhan. Menu bar juga memiliki sub menu yang lebih spesifik, seperti pada menu home yang berikan menu yang paling sering digunakan oleh pengguna.

Pada Microsoft Word 2007 menu bar berikan menu File, Edit, View, Insert dan lain sebagainya. Untuk menggunakanya kalian hanya perlu memilih fitur apa yang kalian butuhkan pada menu bar, selain itu kalian juga dapat mengaksesnya dengan tombol sortcut ALT + huruf F untuk file E untuk Edit dan seterusnya. Jika kalian tidak mengetahui huruf apa untuk membuka salah sanu menu,kalian cukup tekan tombol alt makan akn muncun di menu bar hurus yang dapat digunakan untuk shortcut.

Menu Bar Ms Word

Menu Home

Menu bar Home

Menu home dalah menu default aktif ketika kalian pertama kali membuka ms word, dan akan tampil sebagai halaman depan. Menu home berisikan fitur dan menu yang paling sering digunakan oleh pengguna, semisal editing,font,layout,clipboard, dan lain sebagainya.

Insert

Menu bar insert

Selanjutnya ada menu insert, menu ini digunakan untuk menambahkan,menyisipkan atau memasukan seperti gambar, tabel,header, footer, symbol dan lain sebagainya. Untuk menggunakanya cukup dengan klik pada “Insert” atau bisa juga dengan menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol ALT  + I.

Page Layout

Menu bar page layout

Menu bar Page layout berisikan pengaturan halaman, seperti Page setup, paragraph,arange,page background dan lain sebagainya. Tombol shortcut untuk mengaktifkan page layout adalah dengan menekan tombol ALT + P.

References

menu bar references

Reference adalah menu yang digunakan untuk mengatus preferensi data kalian seperti table of content,footnote,citation & bilbiography,caption,index dan table of authorities. Untuk mengatifkanya, kalian dapat menggunakan shortcut dengan menekan tombol ALT + S secara bersamaan.

Mailings

menu baar mailings

Mailings adalah menu yang digunakan untuk semua yang berkaitan dengan surat menyurat,mulai dari membuat amplop,label,mail merge, dan lain sebagainya. Tombol shortcut untuk membuka menu ini adalah dengan menekan tombol ALT + M secara bersamaan.

Review

menu bar reviews

Menu bar Review adalah digunakan untuk mengecek ulang hasil dari kerja kalian di ms word, seperti Proofing comments, tracking, changes, compare, tracking, language, dan lain sebagainya. Tombol sortcut yang digunakan untuk mengaktifkan menu ini adalah dengan menekan tombol ATL + R secara bersamaan.

View

menu bar view

Menu view digunakan untuk mereview hasil akhir dari pekerjaan kalian sebelum hasilnya dicetak tau disimpan. Untuk mengaktifkan menu ini dengan cepat kalian bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol ALT + W secara bersamaan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi dari menu bar ms word, semoga dapat dijadikan pembelajaran dan membantu kalian ya.