Cara Setting DNS Pribadi di Android

Cara Setting DNS Pribadi di Android – Masih banyak pengguna internet yang belum terlalu peduli dengan keamanan ketika berselancar di internet. Tanpa disadari kejahatan siber semakin marak dan dapat terjadi kepada siapa saja. Salah satu cara untuk mengamankan dan menghindari kejahatan siber adalah dengan menggunakan DNS Pribadi. Apa itu DNS Pribadi ? Simak pembahasan berikut!

Perkembangan teknologi membuat smartphone menjadi semakin banyak penggunanya di masyarakat, tak terkecuali mereka yang bisa dibilang gaptek. Berselancar di internet menggunakan smartphone tentu sangat riskan dengan ancaman kejahatan siber.

Sebenarnya ponsel android dan ios sudah dibekali dengan sistem DNS yang dapat diatur penggunanya untuk mengamankan ketika berselancar di dunia maya.

Namun ternyata masih banyak pengguna smartphone baik itu android dan iOS  yang belum mengetahui cara untuk mensetting DNS pribadi. Fitur ini biasanya bisa ditemukan di Pengaturan atau Setting. Fitur ini cukup penting, tettpi tidak semua HP android mempunyainya, DNS Pribadi hanya terdapat di Android 9 ke atas.

Untuk yang tidak mengetahui, DNS Pribadi merupakan fitur yang berfungsi sebagai pengganti koneksi DNS ponsel yang memakai DNS Publik dan mendukung DNS over HTTPS (DoH) dan DNS over TLS (DoT).

Fitur ini membuat konektifitas internet menjadi lebih aman karena koneksi akan terenkripsi antara ponsel dengan server. DNS Pribadi juga bisa dipakai untuk membuka situs yang diblokir dan memblokir iklan tanpa harus memakai VPN.

Fiturnya sangat penting, masih banyak pengguna HP android yang belum tahu cara menyeting DNS Pribadi. Karena itu pada artikel kali ini kami akan membagikan Cara Setting DNS Pribadi di Android, berikut ini.

Pengertian DNS Pribadi

Secara singkat DNS Pribadi atau Private DNS adalah sebuah fitur yang akan memastikan keamanan pengguna pada saat mengakses internet. Dengan DNS pribadi maka privasi dari pengguna akan terjaga ketika sedang berselancar di dunia maya. Ada dua protokol yang digunakan dalam DNS, yaitu :

  1. TLS atau Transport Layer Security.
  2. Kemudian yang kedua Hypertext Transfer Protocol Secure.

Kedua protokol inilah yang akan melakukan pengamanan dengan enkripsi pada kueri yang dikirim. Pengiriman dengan menggunakan protokol HTTPS biasa disebut dengan DoH, sedangkan TLS disebut DoT.

DoH dan DoT akan mengenkripsi komunikasi yang terjadi antara server DNS Pribadi dengan jaringan internet. Karena proses enkripsi yang dilakukan oleh kedua protokol tersebut yang membuat pihak ketiga tidak bisa melihat data dan keamanan anda jadi terjaga.

Fungsi DNS Pribadi

Secara sederhana, fungsi dari DNS Pribadi atau Private DNS adalah untuk mengamankan privasi pengguna ketika sedang berselancar di dunia maya. Namun masih ada banyak fungsi DNS yang lebih detail. Berikut ini adalah fungsi DNS Pribadi pada android dan iOS :

Meningkatkan Kecepatan Internet. DNS Pribadi dapat meningkatkan kecepatan dalam berselancar di internet karena DNS server dapat melayani permintaan data dengan lebih cepat. Saat ini kecepatan dalam mengakses informasi menjadi sangat penting dan dapat menambah pengalaman pengguna.

Lebih aman. Tentu saja keamanan adalah fungsi utama dan tujuan orang menggunakan DNS Pribadi. Dengan Private DNS data yang dikiramkan akan dienkripsi melalui D0H dan DoT sehingga lebih aman. Fitur protokol ini akan secar otomatis aktif pada saat sistem keamanan melemah sehingga dapat meminimalisir dari serangan siber.

Privasi Terjaga. Tanpa menggunakan DNS Pribadi, ketika sedang mengunjungi sebuah web data dan informasi kita menjadi tidak ter enkripsi. Hal ini memungkinkan pihak ketiga untuk mengintip data privasi kita.

Cara Setting DNS Pribadi di Android

Untuk mensetting DNS Pribadi di Android, kamu harus mengetahui hostname penyedia DNS Pribadi. Karena hostname ini nantinya akan dipakai untuk mengakses server DNS Pribadi.

Terdapat banyak sekali hostname yang bisa dipakai, setiap hostname juga mempunyai fungsi yang berbeda beda.

DNS Pribadi juga tidak akan membuat lemot, karena tidak akan mengubah server dan IP Address. Karena itu teknowarta lebih merekomendasikan memakai DNS Pribadi daripada VPN.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas DNS Pribagi hanya ada di android 9 keatas, dan setiap ponsel juga mempunyai pengaturan DNS Pribadi yang berbeda beda.

Biasanya pengaturan DNS Pribadi berada di menu Jaringan atau Nerwork. Jika kamu bingung kamu bisa manfaatkan pencarian yang biasanya terletak dipaling atas menu Pengaturan.

Untuk cara lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini.

  1. Memilih Hostname DNS Pribadi

Pertama kamu harus memilih hostname DNS Pribagi yang akan dipakai, terdapat banyak hostname yang tersedia. kamu tinggal memilih sesuai kemutuhan.

Kamu bisa memakai salah satu DNS Pribadi yang kami sediakan di bawah.

  • google (Bisa Membuka Situs Yang Diblokir)
  • adguard.com (Bisa Memblokir Iklan)
  • cloudflare-dns.com (Membuka Situs Internet Positif)
  • quad9.net (Bisa Meningkatkan Keamanan Akses Internet).
  1. Cara Mensetting DNS di Android

Setelah mengetahui hostname DNS Pribadi yang akan diapakai, kamu hanya tinggal memakai hostname tersebut. Untuk caranya silahkan ikuti langkah langkah dibawah.

  • Buka Pengaturan pada posel android kamu.
  • Klik Network, Jaringan atau Koneksi lain sesuai tipe smartphone kamu.
  • Carilah menu DNS Pribadi atau Private DNS.
  • Klik menu DNS Pribadi.
  • Di bagian Hostname masukan salah satu hostname penyedia DNS Pribadi di atas yang sudah kamu pilih.
  • Jika sudah klik Save untuk menyimpan.
  • Setalh itu restart ponsel atau langsung mencoba browsing untuk melihat perubahan.

Akhir Kata

Hanya itu Cara Setting DNS Pribadi di Android, sangat mudah bukan. Kami sangat yakin semua pengguna android bisa melakukannya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu