Butuhkan VPN Untuk Online Tetap Aman?

Butuhkan VPN Untuk Online Tetap Aman?

Butuhkan VPN Untuk Online Tetap Aman? – VPN sering kali disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk menghentikan orang lain melihat aktivitas online kamu. Tetapi apakah benar benar membutuhkan VPN?

Virtual Private Network atau VPN bisa efektif mengamankan jaringan kamu dan memungkinkan kamu untuk membuka blokir pembatasan geografis dengan menyembunyikan alamat IP kamu.

Butuhkan VPN Untuk Online Tetap Aman?

Tetapi apakah kamu benar benar membutuhkan VPN untuk menjaga aktivitas internet kamu? Apakah alat ini benar benar yang dibutuhkan untuk merahasiakan aktivitas penjelajahan kamu, atau apakah hal ini hanya mitos?

Pada artikel ini kami akan mencoba untuk membahas kenapa kamu membutuhkan VPN atau tidak untuk menjelajahi web dan menjaga aktivitas online kamu tetap aman.

Apakah Layanan VPN Membuat Kamu Tetap Anonim?

VPN bukanlah sebuah solusi untuk membuat kamu menjadi anonim, tetapi hanya bertujuan untuk menjaga aktivitas internet kamu tetap aman atau pribadi sampai batas ada tertentu. Terdapat beberapa mitos tentang pemakaian VPN dan ini merupakan salah satu mitos yang kurang dikenal yang tidak dijelajahi oleh banyak pengguna.

Alamat IP kamu tetap tidak jelas, dan asal negara kamu akan disembunyikan dari situs web yang kamu kunjungi. Tetapi, terdapat lebih dari yang terlihat.

Jika menyangkut aktivitas penjelajahan kamu keseluruhan, mungkin kamu akan masuk ke dalam layanan tertentu di latar belakang ketika menjelajah. Dan dengan seperti itu, ini akhirnya bisa mengaitkan alamat IP baru kembali kepada perangkat kamu.

Hanya sedikit layanan yang menawarkan opsi pembayaran untuk anonim tanpa mengharuskan kamu membagikan informasi pribadi.

Selain karena faktor faktor ini, kamu harus menyadari bahwa kamu membutuhkan alat seperti Tor Browser atau web browser yang dirancang untuk menghindari semua teknologi pelacakan.

Walaupun memungkinkan menerapkan teknik ekstrem untuk menghindari jaringan, ini sering kali bukanlah sebuah solusi yang praktis untuk banyak orang.

Karena itu, tidak seorang pun yang bisa benar benar menjadi anonim dengan bantuan VPN. Kamu masih meninggalkan jejak digital dimana mana baik dalam satu bentuk atau lainnya. VPN tidak bisa secara ajaib menghapus jejak digital kamu atau membantu kamu keluar dari jaringan.

Karena itu, penting untuk dicatat, VPN bukanlah sebuah solusi yang tepat untuk menyembunyikan identitas kami ketika sedang online. VPN hanya mencegah situs web untuk melacak IP yang kamu pakai dan lokasi asli kamu, serta mengamankan koneksi internet kamu.

Apakah Perusahaan VPN Mencatat Aktivitas Kamu?

Beberapa perusahaan VPN mengatakan bahwa mereka tidak mencatat aktivitas kamu. Tetapi jika mereka tidak mempunyai bukti untuk mendukung perkataannya, kamu hanya mempunyai kata kata mereka.

Tidak ada sistem yang 100% anti bodoh, insiden keamanan, memang terjadi pada server VPN. Misal, server NordVPN diretas di tahun 2018. Setelah ini, hacker mempunyai akses yang mudah untuk melakukan serangan man-in-the-middle. Begitu mereka melakukan hal itu, kamu bisa mencegat satu koneksi.

Penyedia layanan VPN lainnya, Windscribe VPN, juga pernah melakukan pelanggaran di tahun 2021.

Banyak penyedia layanan VPN bisa dipercaya, tetapi penting untuk memastikan mereka bisa mendukung klaim mereka bahwa mereka tidak mencatat informasi kamu. Sampai batas tertentu, kamu bisa mengandalkan audit pihak ketiga yang diberikan oleh mereka.

Kebijakan tanpa pencatatan dari VPN seharusnya memberi kamu kepercayaan, tetapi kebijakan itu tidak memberi kamu lampu hijau untuk melakukan jelajah aktivitas yang ilegal dan banyak dari penyedia layanan VPN menjelaskan bahwa kamu tidak bisa memakai layanan mereka untuk tujuan tersebut.

Kapan Kamu Membutuhkan VPN?

Penting untuk memahami kenapa dan kapan VPN itu berguna. Ini akan membantu kamu dalam memutuskan apakah kamu membutuhkan VPN.

Untuk mengetahuinya, saat kamu harus menyembunyikan alamat IP kamu dari situs web atau layanan, kamu membutuhkan VPN.

Kemampuan menyembunyikan alamat IP asli pada perangkat kamu dan terhubung lewat server negara yang berbeda memungkinkan kamu untuk membuka blokiran pada situs tertentu. Dan lebih lagi, kamu juga bisa menjaga lokasi asli kamu tetap aman dengan terlihat yang terhubung dari tempat lain. Ini akan berguna ketika kamu mencoba untuk mengakses layanan yang terbatas, atau ketika ingin memakai konten yang hanya ada di negara tertentu.

Selain itu, jika kamu merupakan pengguna yang sadar dengan privasi, VPN bisa mencegah penyedia layanan internet (ISP) kamu yang mencatat atau memata matai aktivitas kamu.

ISP kamu mungkin bisa mendeteksi bahwa kamu sedang memakai VPN. Tetapi mereka tidak bisa mengetahui apa yang kamu lakukan saat terhubung dengan mereka.

VPN juga berfingsi untuk mengatasi masalah koneksi tertentu. Misal, saat kamu tidak bisa terhubung ke situs web, mencoba untuk memakai VPN merupakan sebuah solusi untuk memeriksa apakah itu masalah pada browser atau ISP atau situs web yang kamu kunjungi.

Bisakah Kamu Tetap Pribadi Tanpa VPN?

Tanpa VPN, kamu juga bisa melakukan tugas yang sama seperti mencegah ISP memata matai aktivitas kamu dan membuka blokir situs yang dibatasi.

Yang kamu butuhkan hanyalah layanan DNS yang aman.

Misal, membuka blokir pada konten Netflix bisa kamu lakukan memakai layanan SmartDNS yang memungkinkan kamu untuk mengubah lokasi ketika tersambung ke layanan. Pada kasus lain, layanan DNS seperti NextDNS bisa membantu memblokir pelacak dan mencegah terjadinya pelacakan asli pada perangkat kamu.

Layanan DNS juga mempunyai kelebihan yaitu tidak berdampak dengan kecepatan koneksi Internet kamu sambil mempunyai berbagai opsi konfigurasi.

Dengan bantuan dari DNS lewat HTTPS, sulit membedakan kueri DNS yang terenkripsi dan koneksi web HTTPS pada biasanya. Jadi, ini membuat kueri DNS kamu menjadi pribadi dan tidak memungkinkan ISP atau pemerintah melakukan pelacakan aktivitas online kamu dengan mudah.

Mungkin sulit dalam penyiapannya jika kamu mempunyai banyak perangkat, tetapi layanan seperti NextDNS dan ControlD sudah membuatnya menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Tentu saja, DNS bisa dibandingkan dengan VPN dalam hal privasi dan keamanan. Layanan DNS mungkin tidak menyembunyikan alamat IP kamu, dan itu tentu bukanlah solusi untuk mengunduh file secara pribadi memakai torrent.

Kamu Tidak Membutuhkan VPN untuk Semuanya

Walaupun VPN bisa berfungsi dalam hal privasi dan keamanan, kamu tidak memerlukan VPN untuk semua hal.

Jika semua yang kamu butuhkan adalah untuk mencegah ISP kamu memata matai aktivitas daring kamu, layanan DNS bisa melakukan pekerjaan itu. Dan juga itu harus meningkatkan pengalaman kamu dalam melakukan jelajah dalam prosesnya.

Karena itulah, memakai layanan DNS pribadi sudah cukup untuk sebagian besar pengguna.

Tetapi, jika kamu membutuhkan layanan untuk membuka blokir yang lebih baik, terowongan koneksi yang terenkripsi, dan alamat IP yang berbeda, VPN bisa menjadi pilihan kamu.

Check Also

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows

Panduan Cara Memakai FaceTime di PC Windows – Memakai FaceTime di PC Windows mungkin terlihat …